Bawean Balinya Jatim, Masa’ Iya ??

Bawean Jadi Balinya Jatim
Kotornya pantai Bawean
Wacana Bawean akan di jadikan Balinya Provinsi Jawa Timur yang di gulirkan oleh Gubernur jawa timur Soekarwo pada waktu peresmian bandara harun thohir bukanlah pertama kali terdengar ditelinga, sebenarnya wacana ini sudah muncul lama sekali, wajar jika wacana seperti ini muncul karena mempesonanya pulau tercinta kita ini, puluhan destinasi wisata terhampar di pulau ini, mulai pantai, danau, air terjun, pegunungan, bahari, dll. namun sampai saat ini belum ada yang mau bangun dari mimpi panjang ini, baik dari provinsi sendiri, kabupaten gresik selaku induk pulau bawean, kecamatan, desa, dusun dan masyarakatnya.

Sampai saat ini belum ada satupun dari sekian banyaknya destinasi wisata yang tersentuh, semua terbengkalai tanpa tuan, sampah berserakan dimana mana, berantakan dan tidak beraturan. Itulah kenapa pertanyaan masa’ iya?? muncul, alasan sebenarnya bukan psimistis bawean bisa seperti bali, tapi rasa gelilah yang memunculkan pertanyaan itu , ketika melihat Pulau Bawean yang belum apa apa ini akan di samakan dengan bali yang sudah mendunia, bahkan orang luar lebih mengenal Bali dari pada Indonesia.

Bisakah Pulau Bawean Jadi seperti Bali?

Jawabnya sangat bisa!, Sebenarnya pulau Bawean sudah punya modal untuk dijadikan seperti Bali,yaitu sama sama daerah kepulauan, sama sama memiliki destinasi wisata yang sangat mempesona, sama sama memiliki budaya dan kearifan lokal. Hanya pertanyaannya adalah maukah?? Seluruh komponen yang ada baik pemerintah maupun masyarakat untuk bergandengan tangan, siap melangkah memajukan dunia parawisata pulau Bawean dengan bali sebagai kiblat. jika sudah ada kemauan seluruh komponen yang ada modal kedua untuk meniru bali sudah ada,dan ini sudah 70-80 persen keinginan untuk menjadikan Pulau seperti bali akan terwujud.

Langkah selanjutnya adalah  tinggal mengupas apa yang di lakukan pemerintah terutama masyarakat Bali dalam memajukan pariwisata disana, mari kita bedah satu persatu dari segi apa saja Bali dapat terkenal di berbagai belahan dunia.

1.    Dari Segi Agama dan Kebudayaan

Kalau anda yang pernah berkunjung ke Bali atau hanya melihat dari telivisi di dalam benak anda pasti akan mengakui akan ketaatan masyarakat Bali dalam menjalankan tuntunan agamanya. Sangat menghormati leluhurnya, mengkeramatkan tempat-tempat tertentu dengan memberikan sesajen ,membalut pohon keramat dengan selendang kotak kotak dan sebagainya, sehingga banyak sekali acara keagamaan dan adat istiadat yang masih konsisten dilakukan dan tidak mengubahnya walau jaman sudah modern.

Tempat tempat peribadatan di poles dengan begitu indah dan megah hanya untuk kepentingan kerohanian mereka semata. Di mata wisatawan Keaslian klasik seperti ini sangatlah unik, di tengah zaman canggih serba modern seperti ini masih ada sajian klasik jaman dulu, sehingga banyak wisatawan yang rela mengeruk kocek hanya untuk menonton hal unik ini. Jauh jauh mereka datang hanya untuk melihat bagaimana orang bali menari, berdoa, melakukan pemujaan, menyediakan sesajen dan sebagainya. Orang Bali tidak pernah bermimpi untuk menyulap bali dengan pembangunan infrastruktur yang megah, orang Bali hanya berfikir bagaimana menjaga budaya dan kearifan lokal yang ada dengan sebenar benarnya. Tapi lihat hasilnya sungguh menakjubkan.

2.   Dari Segi Sumber Penghasilan

Sebagai masyarakat kepulauan sumber penghasilan masyarakat bali sama dengan masyarakat Bawean yaitu nelayan dan sebagiannya lagi adalah petani. Tapi bagaimana bali bisa begitu menawan? Jawabannya sama dengan poin satu, di benak orang bali tak pernah tersirat bali akan seperti ini, menginginkan banyak orang mengunjungi Bali, tapi pola pikir sederhana dan mudah yang membuat bali mempesona. Mereka benar benar menjaga keseimbangan alam, bagi masyarakat Bali merusak alam sama saja menentang Dewa, demikian sebaliknya jika menjaga alam maka akan mendatangkan kasih sayang Dewa. Sehingga mereka mendapatkan bonus dari semua itu.

Jika Pulau Bawean Ingin Seperti Bali, Ini Yang Harus  Dilakukan.

Sebenarnya pulau bali tidaklah lebih indah dibandingkan dengan ribuan pulau yang ada di Indonesia termasuk Bawean. namun yang membuat Bali seperti saat ini adalah karena mereka kuat dalam menjaga budaya, agama dan kepercayaan mereka, tidak tergerus dengan kemajuan zaman dan terpengaruh dengan budaya pendatang. Jika Pulau Bawean ingin seperti Bali mari tumbuhkan kembali kearifan lokal khas Bawean, budaya budaya yang perlahan lahan mulai hilang dihidupkan kembali,menjaga sejarah dan peninggalan leluhur yang ada, Laksanakan syariat Islam dengan sebenar - sebenarnya, jaga keseimbangan alam, jaga kebersihan lingkungan. Insya Allah dalam waktu singkat Pulau Bawean akan menjelma menjadi ikon wisata Jawa Timur, jadi Balinya jatim dan ini bukanlah mimpi lagi.

Related

Wisata 4753326695021401776

Post a Comment

emo-but-icon

item