Kijang Kencana, Kijang Bertanduk Emas Yang Melegenda

Ilustrasi : Kijang Kencana
Pulau Bawean dengan rusa/kijang ibaratkan dua sisi mata uang tidak bisa dipisahkan  satu sama lain, bahkan dimata wisatawan rusa sudah menjadi icon dari pulau Bawean sendiri, memang Pulau Bawean mempunyai rusa khusus yang hanya terdapat dipulau Bawean yang dikenal dengan nama "Rusa Bawean" (Axis Kuhli).

Jika dibandingkan dengan rusa rusa lain asli asal Indonesia, rusa Bawean adalah rusa yang paling cantik, Rusa Bawean merupakan salah satu rusa paling langka di dunia. sehingga banyak sekali mengundang peneliti peneliti dari Indonesia sendiri bahkan dari mancanegara, seperti Jerman, Autralia, Jepang, Perancis dan berbagai negara lainnya.

Ada cerita tentang rusa yang melegenda dikalangan masyarakat Pulau Bawean, yaitu adanya rusa dengan selempang putih dengan tanduk yang menyerupai mas yang kadang kadang menunjukkan diri kepada masyarakat yang dikehendaki. bapak Zulfa Usman (Alm,) menyebutnya dengan Kijang Kencana.

Masyarakat Bawean sampai saat ini masih mempercai legenda tentang adanya kijang kencana ini sampai saat ini, apalagi masyarakat desa Gelam, kijang kencana ini pernah menunjukkan diri kepada salah satu warga Gelam di lereng gunung Pataonan yang terletak di utara desa Gelam. bahkan warga yang melihat pernah berusaha menangkapnya bersama warga lainnya dengan membawa anjing pemburu, konon anjing pemburu warga ini tidak menyalak sama sekali. tapi sayang rusa ini hilang seperti ditelan bumi.

Banyak masyarakat Bawean yang menginginkan kijang kencana ini, terutama masyarakat yang percaya dengan hal hal mistis, mereka percaya kijang kencana ini sebagai penunggu pulau Bawean yang mempunyai kesaktian luar biasa.

Terkait benar dan tidaknya tentang legenda makhluk cantik ini, paling tidak Pulau Bawean punya cerita yang luar biasa yang membuat masyarakat Bawean bangga akan tanah kelahirannya.

Related

Editor's Pick 7317637835810785311

Post a Comment

emo-but-icon

item