Mengenal Babi Kutil, Babi Endemik Asli Pulau Bawean

Di Indonesia banyak sekali jenis babi, salah satunya adalah babi kutil (Sus Varrevecosus)  babi liar yang hanya ada di pulau Jawa dan Bawean. Namun yang hidup di alam Bawean adalah jenis anakan dari Sus Varrecosus dengan S. scrofa (Babi Celeng) yaitu S.v. blouchi Groves .

Masyarakat Bawean mengenal babi kutil ini denga babi hutan atau celeng. babi kutil di Bawean ini salah satu spisies langka yang terancam punah keberadaannya. Menurut Nationalgeographic babi kutil di alam liar pulau Bawean hanya ada kurang lebih 250 ekor saja.

Ketika siang babi ini sulit ditemui karena biasanya mereka masuk ke hutan, namun kalau malam hari babi ini keluar mencari makan. kadang babi ini ditemui di ladang warga dan bahkan masuk keperkampungan.

Walaupun babi ini merupakan jenis babi yang langka di Dunia, namun keberadaannya tidak disukai warga karena kerap merusak tanaman diperkebunan warga. Bahkan warga melakukan pemburuan dengan membawa anjing pemburu dan juga ada yang membuat perangkap, ketika sudah tertangkap lalu warga membunuhnya.

Inilah beberapa gambar babi kutil  pulau Bawean (S.v. blouchi Groves ) yang di ambil dari situs Nationalgeographic :







Related

Wisata 1040139043582292602

Post a Comment

emo-but-icon

item