Padi Sudah Menguning, Sebentar Lagi Pulau Bawean Gelar Panen Raya

Tinggal menghitung hari pulau Bawean akan segera gelar panen raya secara serentak di semua desa di pulau Bawean, karena melihat hamparan padi sudah pada menguning di berbagai desa, diperkirakan panen raya akan digelar 15 hari sampai satu bulan menadatang

"Insya Allah gak sampai satu bulan lagi semuanya akan panen" kata bapak Jumahat salah petani di Pulau Bawean.

Namun dalam pelaksanaanya biasanya menunggu surat edaran panen serempak dari kepala desa masing masing, ini dilakukan agar hama belalang dan hama lainnya tidak hinggap di tanaman padi yang belum di panen. biasanya kalau sudah ditentukan oleh lurah jarak panen antar petani di Pulau Bawean biasanya tidak jauh, kisaran 1-3 harian, jadi hama bisa diminimalisir.

"Kita nunggu surat edaran, kita akan panen sesuai dengan perintah lurah, biar sama sama" lanjutnya.

Melihat tanaman padi saat ini para petani di pulau Bawean yakin hasil panen tahun ini akan melimpah seperti tahun kemaren "jika tetep seperti ini, insya Allah hasil panen akan melimpah seperti tahun kemaren" imbuhnya.

Namun ada beberapa tanaman padi yang diperkirakan hasilnya tidak maksimal dikarenakan banjir seperti di dusun Lebak hektaran tanaman padi rata dengan tanah, dan seperti yang terjadi dirujing sebagian tanaman padi warga yang siap panen daunnya menghitam karena di serang hama werreng.


Related

Ekonomi 380602326156162031

Post a Comment

emo-but-icon

item