Buah Merah, Buah Surga Yang Kian Langka

Buah merah khas pulau Bawean Foto : Mohammad Nurcholis
Beritabawean.com - Selain mempunyai hewan langka Rusa dan Babi Kutil pulau Bawean juga memiliki buah yang langka, di Indonesia buah merah hanya bisa tumbuh di pulau Bawean, buah ini dijuluki dengan buah surga karena harum yang sangat semerbak. “Bahasa latinnya dyospiros blancoi atau orang inggris bilang velvet apple. Bahasa lokalnya di bawean buah merah. Buah yang terancam punah padahal buah ini lezat sekali sesuai dengan wanginya, di juluki juga sebagai buah surga “ ujar Mohammad Nurcholis mahasiswa pasca sarjana Brawijaya asal pulau Bawean.

Menurutnya, buah merah yang ada di pulau Bawean memiliki kemiripan dan satu genus dengan buah mentega yang ada di Pasuruan “Kyaknya yang di budidayakan Lipi Purwodadi itu yang buah mentega (dyospiros discolor willd) seperti yg ditemukan di Magetan satu genus dengan ini  Dyospiros blancoi ” jelasnya lebih lanjut.

Banyak wisatawan yang datang kepulau Bawean ingin menikmati enaknya buah merah ini, seperti yang disampaikan Yuk asal Gresik, menurutnya “ di Bawean ini ada buah unik buah merah, rasanya enak “. Ucapnya

Dulu buah merah mudah sekali didapat hampir merata diseluruh kampung, namun seiring dengan perkembangan zaman buah merah ini semakin sulit di dapat di pulau Bawean, hal ini sebabkan karena buah ini tidak mempunyai nilai harga jika dijual jadi masyarakat enggan untuk merawatnya. (gfr)


Related

Wisata 2765245914636827933

Post a Comment

emo-but-icon

item