4 Orang Terkenal Ini Ternyata Keturunan Bawean, Pengakuannya Bikin Heboh !


Beritabawean.com - Orang orang Bawean terkenal dengan perantau ulung dari laut jawa, tradisi ini sudah dilakukan oleh orang Bawean sejak berabad abad silam. Perantauan yang dilakukan tidak hanya dilakukan di dalam negeri saja tapi merambah ke berbagai negara, sehingga tidaklah heran jika disejumlah negara ada perkampungan yang mayoritas penduduknya adalah orang Bawean, seperti di Malaysia, Singapora dan Vietnam serta Australia.

Dari tradisi inilah orang orang Bawean secara turun temurun banyak yang menetap di negara tersebut, hidup berpuluh puluh tahun, jarang pulang kekampung halamannya, bahkan ada diantara keturunan mereka yang sudah tidak mengenal silsilah keluarganya yang ada di Bawean.

Ada beberapa cerita masyarakat yang mengatakan bahwa ada sejumlah orang yang datang ke pulau Bawean hanya untuk mencari keluarganya, ada yang berjumpa namun ada pula yang pulang ke negaranya dengan tangan hampa. Ironi memang, namun inilah dampak negatif  dari tradisi merantau ini. oleh karena itu perlu untuk sesekali pulang ke kampung halaman agar silaturrahim tetap terjalin. dan tidak lupa dengan pulau yang mungil nan indah ini.

Beberapa kali masyarakat Bawean di kagetkan pengakuan beberapa orang terkenal yang mengaku bahwa mereka keturunan orang Bawean. namun kalau merujuk dengan tradisi perantauan ini tidaklah mengherankan. karena banyak juga masyarakat Bawean yang menjadi orang penting terkenal yang berlanjut hingga keturunannya, Nah inilah beberapa orang terkenal yang ternyata keturunan orang Bawean yang pengakuannya sempat hebohkan pulau Bawean yang sempat dirangkum oleh Berita Bawean.

#1 | Kak Rose ( Rosalina Musa )


Pulau Bawean sempat di hebohkan dengan pengakuan kak Rose di sela sela menjadi juri D'Academy Asia. Ketika menjadi juri di ajang pencarian bakat itu, Artis asal Singapura ini tak canggung berbahasa Bawean bahkan dia juga sempat menyanyikan lagu Bawean " La Aobe " lagu yang pernah populer di Singapura tahun 60-an.

Tak lama setelah itu, ada kabar yang mengejutkan lewat sebuah video kak Rose menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke kampung halamannya pulau Bawean Maret 2016, Namun perempuan yang fasih berbahasa Bawean ini baru bisa mewujudkan keinginannya di di akhir bulan April 2016. Kedatangan Kak Rose sempat hebohkan seatreo pulau Bawean. Antusiasme masyarakat menyambut kedatangnnya sangat luar biasa. konsernya pun yang di gelar di alun alun Sangkapura di padati ribuan penonton. Menurut info yang beredar bahwa kak Rose keturunan Bawean asal Pateken dan suaminya asal Gunung Durin.



#2 | Hamis Daud


Hamish Daud pernah berkunjung ke pulau Bawean dalam acara shooting program acara televisi swasta My Trip My Adventure episode pulau Bawean, saat inilah Hamish Daud mengatakan kalau dia keturunan orang Bawean dan menyampaikan keinginannya untuk mencari jejak keluarganya yang ada di pulau Bawean, namun karena padatnya jadwal shooting dia tidak sempat bertemu dengan kelurganya. menurut beberapa informasi bahwa keluarganya orang Kelompang Gubuk/Pekalongan Sokaoneng.



#3 | Nor Alam Shah


Jika anda penggemar sepak bola pasti kenal dengan sosok ini, ya inilah Nor Alam Syah pemain Timnas Singapura, Dia Terkenal saat tampil di ajang AFF 2004 dan 2007, Striker dengan naluri gol yang tajam ini adalah keturunan orang Bawean dari kakek ibunya.

Pria yang akrab dengan Along terkenal dengan pemain yang tempramental, namun banyak yang mengakui kepiawaannya dalam mengelola si kulit bundar hal ini terbukti dengan pencapaiannya selama berkarier sebagai pemain sepak bola, Ia sukses membawa Tampines Rovers jadi juara Liga Singapura sebanyak tiga kali pada musim 2004, 2005, dan 2012. Dia juga pernah memenangi ISL 2010 bersama Arema lalu pernah jadi pencetak gol terbanyak Piala AFF 2007. Bersama Singapura, ia dua kali memenangi Piala AFF, edisi 2004 dan 2007.

#4 |   Mahalli Bin Jazuli


Nama Mahalli Bin Jazuli mencuat saat piala AFF 2010, dimana pada saat itu terjadi persaingan antara Indonesia dengan Malaysia dalam merebut juara. Kepada media Mahalli secara terang terangan mengaku kalau bapak ibunya keturunan Indonesia pulau Bawean tepatnya kampung Gelam,

Kepiawaannya dalam bermain bola membuat Raja selangor merekomendasikannya masuk tim Harimau B yang mengantarkannya menjadi pemain kunci timnas Malaysia. Mahalli Bin Jazuli termasuk salah satu pemain timnas Malaysia yang menyumbang satu gol saat Malaysia mencukur Indonesia di leg pertama final AFF 2010 3-0.

Related

Khazanah 4346349896427875559

Post a Comment

emo-but-icon

item