Tips Mencari Sekolah Yang Terbaik Biar Gak Menyesal Dikemudian Hari


Beritabawean.com - Sebentar lagi tahun ajaran baru akan segera di mulai, bagi yang akan berpindah kepada sekolah ke jenjang yang lebih tinggi tentunya masih sibuk dan pusing memilih sekolah yang terbaik. Saat ini banyak sekolah yang menawarkan berbagai macam iming iming gratis ini dan itu, Fasilitas ini dan itu, Namun kita tidak mesti harus tergiur dengan tawaran tersebut, memilih sekolah harus di pertimbangkan dari berbagai sisi agar nantinya kita tidak menyesal di kemudian hari.

Ini ada beberapa tips buat pembaca BB dalam memilih Sekolah agar nantinya tidak menyesal dikemudian hari.

Pertama, Cari Tau Tentang Reputasi Sekolah

Poin ini adalah sangat penting, hal pertama yang harus menjadi pertimbangan kita dalam memilih tempat kita belajar adalah reputasinya. Saat ini kita bisa dengan mudah bisa melihat kualitas sekolah hanya dengan melihat nilai Akreditasi dari lembaga tersebut, apakah Nilai Akreditasinya A, B atau C, atau belum akreditasi. 


Mengapa harus melihat nilai dari Akreditasinya? ya akreditasi adalah program pemerintah sebagai regulator pendidikan untuk mengawal mutu kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. pemerintah menilai kelayakan sebuah lembaga lewat program ini, ada 8 standar yang dinilai dalam akreditasi, dari mulai sarana prasarana, guru, pengelolaan lembaga, keuangan dan sebagainya, jika lembaga tersebut dapat memenuhi standar tersebut dan mendapatkan nilai akreditasi  A bisa dipastikan lembaga tersebut adalah lembaga yang berkualitas. 

Namun jika kita masih ragu dengan nilai akreditasinya, kita bisa bertanya tanya kepada berbagai pihak yang mengerti dan paham dengan kondisi lembaga tersebut, atau bisa cek secara langsung dengan datang ke lembaga tersebut. dari mulai bagaimana pengajarnya, kurikulum yang diterapkan, berbagai fasilitasnya dan sebagainya.

Kedua, Bagaimana Sekolah Memperhatikan  Anak Didiknya

Sekolah yang besar tidak selalu menjamin akan memperhatikan semua anak didiknya dengan baik. Kadangkala karena terlalu banyak siswanya, banyak siswa yang tidak mendapatkan perhatian, kenakalan kenakalan yang dilakukan anak didiknya dibiarkannya begitu saja. biasanya sekolah seperti ini tidak mempunyai aturan yang tegas, walaupun ada tapi tidak dijalankan dengan baik, sehingga banyak anak yang keliaran diluar sekolah, nongkrong dipinggir jalan saat jam pelajaran, pulang belum waktunya dan sebagainya

Nah, jika kita mau memilih lembaga, penting bagi kita memilih sekolah yang selain reputasinya baik juga memperhatikan anak didiknya, memantau bagaimana tindak tanduk anak didiknya, menerapkan aturan yang tegas, menfasilitasi berbagai kegiatan siswa dan sebagainya.

Ketiga, Melihat Dari Lulusannya


Fungsi sekolah adalah bagaimana mendidik anak dari tidak tahu menjadi tahu, dari prilaku yang buruk menjadi baik, artinya bagaimana hasil dari pendidikan dilembaga tersebut juga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah lembaga tempat kita belajar nantinya, apakah lulusan dari lembaga tersebut berkulitas atau justru banyak yang jadi sampah masyarakat. 

Menurut Nanang Hartono, Dalam Buku Sekolah Publik dan Sekolah Privat, " Kalau ada sekolah yang inputnya jelek tapi lulusannya mereka bagus banget, Sekolah itu adalah sekolah yang luar biasa" 

Lulusan yang baik dan berkualitas dihasilkan dari dari sekolah yang menjadikan proses pembelajaran sebagai indikator yang utama dalam mengelolah sebuah pendidikan, jadi bisa dipastikan lulusan yang berkualitas dihasilkan dari kurikulum yang baik dan guru yang professional.

Ya mungkin inilah tips yang bisa kami berikan berdasarkan pengamatan yang BB lakukan selama ini, jadi sudah tidak perlu bingung lagi dalam memilih sekolah, jika ketiga indikator sudah sesuai apa yang disampaikan diatas dijamin itu adalah sekolah terbaik, namun kita juga harus mengimbangi dengan lembaga tersebut dengan belajar yang giat dan tekun, jangan sampai bertepuk sebelah tangan, sekolahnya getol mendidik kita malah kitanya yang justru bermalas malasan, ya percuma juga hasilnya juga tidak akan maximal.

Related

Pendidikan 6774078109735614245

Post a Comment

emo-but-icon

item