Bayi Cegukan, Begini Cara Yang Benar Dan Aman Mengatasinya

Beritabawean.com - Bayi cegukan sebenarnya suatu hal yang biasa dan alami, cegukan tidak hanya terjadi kepada kepada bayi saja, namun orang dewasapun bisa mengalaminya. Tidak diperlukan tindakan berlebihan untuk mengatasi cegukan ini, karena biasanya cegukan ini akan segera hilang dengan sendirinya.

Bagi orang tua yang baru memiliki bayi terkadang cegukan bisa saja membuatnya cemas. takut terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Memang ada beberapa kondisi cegukan yang perlu perhatian lebih dan perlu waspadai. namun secara umum cegukan pada bayi adalah hal yang biasa dan lumrah terjadi.

Bayi Cegukan, Begini Cara Yang Benar Dan Aman Mengatasinya

Bagaimana Bisa Terjadi Cegukan ?


Secara medis cegukan disebut dengan Singultus. Cegukan terjadi karena reasksi dari diagfragma yang berada diantara rongga dada dan perut yang berfungsi untuk mengendalikan pernafasan pada manusia. reaksi tersebut kemudian menyebabkan diagfragma mengencang secara tiba tiba dan menutup pita suara yang berada di kerongkongan, lalu keluarlah bunyi yang khas yang berasal dari bagian atas tenggorokan.

( Baca Juga : 6 Cara Alami Tumbuhkan Rambut Si Kecil Dengan Aman )

Ada beberapa penyebab mengapa bayi cegukan, Sebenarnya tidak ada kepastian apa penyebab bayi cegukan, bisa saja secara tiba tiba bayi mengalai cegukan,  namun secara umum ada beberapa pendapat medis yang menyataka bayi cegukan terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan, atau banyaknya udara yang masuk saat bayi menyusu maupun sedang mengunyang makanan. ada juga yang mengatakan cegukan bisa terjadi saat bayi merasakan tegang.

Cara Yang Benar Mengatasinya


Perlu diingatkan kembali bahwa cegukan bayi adalah hal yang biasa terjadi, janganlah melakukan tindakan tindakan yang berlebihan yang justru bisa berbahaya. Ada beberapa cara yang benar dan aman mengatasinya yang telah dirangkum dari beberapa pendapat medis.


1 | Berikan ASI 

Ketiga cegukan terjadi pada bayi anda segeralah berikan ASI, Saat menyusui bayi merasa lebih rilex dan nyaman sehingga diagfragma lebih rilex dan bisa meredakan cegukan, namun jika bayi cegukan saat menyusui berilah jedah sejenak sambil menengkankannya.

2 | Biarkan Bayi Bersendawa

Jika masuknya udara yang menjadi penyebab bayi cegukan, cara ini bisa anda lakukan, letakkan bayi dalam posisi duduk tegak tepuklah punggung sebelah kiri dengan perlahan hingga bayi bersendawa. biasanya bayi yang baru lahir beumur 4-5 bulan akan sering mengalami cegukan saat selesai menyusu bahkan muntah, namun itu hal yang wajar karena reaksi refluks, yaitu ASI kembali ke kerongkongan karena katup pada Esofagus yang belum sempurna. Membuatnya bersendawa bisa membuat ASI masuk sempurna kedalam lambungnya.

3 | Gantilah Posisinya 

Cobalah ganti posisi bayi anda saat bayi mengalami cegukan, dengan merubah posisinnya bayi bisa bersendawa, dan ketika bersendawa biasanya cegukan akan perlahan hilang

4 | Buat Bayi Anda Senyaman Mungkin

Jika bayi sering cegukan saat di beri makan cobalah memberinya saat dia merasakan tenang dan nyaman, namun jangan terlalu lama menundanya bisa jadi akan menyebkannya rewel.

5 | Berikan Sesuatu Yang Bisa Dihisap

Salah satu cara yang bisa menghilangkan bayi cegukan adalah dengan memberinya sesuatu yang bisa dihisap seperti dot misalnya atau sesuatu yang lainnya, namun pastikan sesuatu yang dihisapnya aman.

Itulah Cara yang benar dan aman mengatasi bayi cegukan, hindarilah melakukan sesuatu untuk mengatasinya yang tidak tidak direkomendasikan oleh medis, seperti membuatkan kaget menarik lidahnya atau beberapa tindakan yang berbahaya lainnya.

Jika terdapat indikasi lain yang sekiranya cegukannya tidak normal seperti cegukan yang tidak berhenti berhenti, bayi sulit bernafas, atau bayi memerah saat cegukan segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter .

Related

Kesehatan 3192852587054692903

Post a Comment

emo-but-icon

Berita Lainnya

item