Koplak Koplak, Barong Ala Bawean

Beritabawean.com - Kebudayaan yang dimiliki berbagai wilayah sangatlah beragam, pulau dewata Bali memiliki kesenian yang terkenal yaitu Barong, di Ponorogo terkenal dengan reognya. sebenarnya pulau Bawean memiliki budaya kesenian yang mirip dengan keduanya yang dikenal dengan Koplak Koplak.



Informasi tentang budaya ini didapat beritabawean.com dari pembina teater Lamor Muhammad Wasni disela sela penampilan Koplak Koplak saat Pengenalan Lingkungan Madrasah (PLM) MA Hasan Jufri.

( Baca Juga : "Ngojur" Tradisi Unik Mengemis Ikan Pulau Bawean )

Menurutnya,  Koplak Koplak ini adalah budaya asli pulau Bawean yang mirip dengan Barong di pulau Bali. Dinamakan Koplak Koplak karena suaranya yang " Plak Plak " saat menutup dan membuka mulutnya.

"Sebenarnya kita punya budaya asli yang mirip dengan Barong Bali lo, namanya Koplak Koplak", Ungkapnya semangat.

Biasanya Koplak Koplak ini ditampilkan saat ada pengantin "Mole" ataupun pengantin "Amaen". seseorang yang memerankan Koplak Koplak ini akan mengejar rombongan pengantin untuk menakut nakuti terutama ibu ibu dan anak anak.

" Dulu waktu masih kecil, Koplak Koplak itu ada saat pengantin, yang di takut takuti ibu ibu atau anak anak, kadang ada yang nangis karena takut", Imbuhnya.

Namun dia menyayangkan budaya seni ini sudah tidak pernah di temui, Dia berharap dengan perkenalan budaya ini, anak didiknya mengetahui kalau pulau Bawean punya tradisi yang mirip dengan Barong maupun Reog.


Related

Khazanah 6562504577610027837

Post a Comment

emo-but-icon

Berita Lainnya

item