6 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Yang Membandel

Beritabawean.com - Masalah ketombe ini memang sangat memusingkan kepala, bagaimana tidak? dengan munculnya ketombe di kulit kepala kita sangat membuat kita tidak nyaman, kepala kita akan terasa gatal dan tingkah kita akan sedikit memalukan karena kita akan sering garuk – garuk kepala. Ketombe tidak hanya muncul di daerah kepala saja, namun beberapa bagian lainnya yang di tumbuhi rambut  seperti alis, jenggot, area dada dan lainnya ketombe juga bisa muncul. Jika ketombe yang ada bada tubuh kita bisa jadi Ketombe yang menjadi membandel dan susah banget dihilangkan.



Tidak hanya itu saja masalah yang ditimbulkan ketombe, penampilan kita juga bisa terganggu terutama bagi wanita yang tidak menggunakan jilbab. Bisa jadi kita akan menghindari pakean warna gelap karena hawatir ketombe anda jatuh bertebaran di area baju kita dan ini bisa membuat kita semakin tidak percaya diri.

Penyebab Timbulnya Ketombe


Ketombe itu sendiri disebabkan karena adanya pengelupasan kulit sel – sel mati dikepala secara berlebihan, sehingga muncullah sel – sel kulit mati berwarna putih di bagian kepala. Kulit kepala yang kering juga menjadi penyebab munculnya ketombe.  alangkah baiknya jika kita bisa menjaga kulit kepala kita agar selalu sehat dan segar tentunya bebas dari ketombe. Banyak produk – produk shampoo yang menawarkan bagaimana mengatasi ketombe, tetapi kami disini akan menyajikan cara – cara yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan. Namun yang perlu diingat sesuatu yang baik tidak bisa tidak bisa didapatkan dengan cara instan, begitu juga dengan penggunaan bahan alami untuk bisa menghilangkan ketombe di butuhkan proses dan kesabaran serta ketelatenan apalagi ketombe anda sudah masuk dalam ketagori ketombe yang membandel.

Baca Juga : 4 Kebiasaan Sederhana Yang Bikin Kulit Cantik Dalam Waktu Seminggu

1 | Air kangkung

Anda pasti penasaran kan bagaimana bisa kangkung yang biasanya kita konsumsi sebagai bahan makanan malah menjadi solusi bagi ketombe. Caranya pun cukup sederhana, bersihkan daun kangkung lalu rebus dengan dua gelas air dan gunakan air dari rebusan kangkung tersebut untuk mencuci kepala.

2 | Daun pandan 

Siapa yang tidak mengenal bahan pewarna alami ini, karena warnanya yang hijau dan mempunyai aroma yang sedap biasanya kita gunakan untuk bahan memasak. Tetapi kami disini akan membahas manfaat lain yang terkandung dalam hijaunya daun pandan, ternyata daun pandan ini dapat membantu untuk menghilangkan ketombe dikepala kita.
Caranya terlebih dahulu tumpuk daun pandan yang telah kita persiapkan,  lalu tambahkan sedikit air hangat kemudian gunakan air perasan daun pandan tersebut untuk membilas kepala.


3 | Lidah buaya

Selain bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepal. Banyak mineral yang terkandung dalam jenis tumbuhan yag satu ini, seperti kalsium, fosfor, magnesium, kalium dll.
Caranya,  langkah pertama kita harus mengelupas lidah buaya hingga hanya tersisa gelnya saja, lalu oleskan gel tersebut ke seluruh kulit bagian kepala, selanjutnya diamkan antara 15 sampai 30 menit, kemudian bilas dengan air.


4 | Bawang

Bawang merah dan bawang putih bisa kita mafaatkan untuk menghilagkan ketombe, tinggal kita mau pilih yang mana. Kebanyakan orang memilih bawang merah karena baunya yang tidak terlau tajam. Caranya, haluskan terlebih dahulu bawang merah, lalu oleskan ke bagian kulit kepala, dan selanjutnya keramas rambut dengan shampoo seperti biasa agar bau bawangnya cepat hilang.

5 | Tomat

Kandungan asam yang terkandung dalam buah tomat ini dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan ketombe di kepala kita, karena kandungan asam pada tomat dapat menghambat tumbuhnya jamur yang jadi penyebab munculnya ketombe.
Caranya, ambil dua biji tomat lalu bersihkan, selanjutnya haluskan tomat yang sudah di bersihkan dan campurkan dengan 1 sendok makan minyak kelapa, selanjutnya oleskan ke bagian kulit kepala diamkan selam 50 menit sampai 1 jam, kemudian keramas menggunakan shampoo.

6 | Jahe

Jahe biasa kita kenal sebagai rempah – rempah yang kita gunakan untuk memasak, dan juga untuk wedang. Tapi selain itu jahe mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan jamur pada kulit kepala, sehingga dapat membebaskan kulit kepala anda dari ketombe.
Caranya, ambil jahe kemudian parut, lalu rebus hasil parutan jahe tersebut hingga keluar sarinya, selanjutnya campurkan sari jahe tersebut dengan 1 sendok teh minyak wijen, kemudian bilas kepala dengan menggunakan campuran tersebut dan diamkan selama 15 menit.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda coba dirumah untuk menghilangkan ketombe yang membandel semoga artikel ini bermanfaat, anda juga bisa membaca artikel artikel kesehatan lainnya di beritabawean.com

Related

Kesehatan 3255568069991019198

Post a Comment

emo-but-icon

Berita Lainnya

item