Sunday, 24 September 2017

Langkah Penangan Pertama Selamatkan Orang Yang Terkena Serangan Stroke

Beritabawean.com - Saat ini stroke menjadi momok yang sangat menakutkan, serangan stroke bisa datang kapan saja, Stroke terjadi karena adanya suatu bagian dalam otak Gansis mengalami gangguan penyaluran darah ke otak. Sehingga suplai darah yang membawa oksigen tidak terganggu dan tidak bisa mencapai otak, Akibatnya jika dalam waktu tertentu sel-sel otak yang tidak mendapatkan suplaioksigen. Perlahan lahan, hal ini dapat menyebabkan otak sekaligus tubuh akan mengalami kematian. 


Langkah Penangan Pertama Selamatkan Orang Yang Terkena Serangan Stroke


Saat ini stroke  menjadi suatu penyakit yang sangat berbahaya sekaligus menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia, penting bagi kita untuk mengetahui serba-serbi tentang stroke agar kita bisa terhindar dari penyakit yang mematikan ini. Termasuk bentuk pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga :
6 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Yang Membandel
6 Cara Alami Tumbuhkan Rambut Si Kecil Dengan Aman


Berikut adalah langkah penanganan penanganan pertama pada penderita:

1 | Ketahui Ciri-ciri serangan stroke


Untuk melakukan pertolongan, langkah pertama kita harus memastikan terlebih dahulu Gansis apakah orang yang ditolong sedang mengalami benar benar mengalami serangan stroke atau tidak. Berikut ini merupakan ciri-ciri orang yang mengalami serangan stroke :

  • Mengalami kelumpuhan atau mati rasa pada area bagian wajah, dan organ lainnya seperti lengan dan kaki secara mendadak. Salah satu contoh memastikannya cobalah untuk mengangkat kedua tangan ke atas kepala penderita dalam waktu bersamaan, jika salah satu lengan jatuh maka kemungkinan adalah gejala stroke.
  • Biasanya pandangan penderita tiba tiba menjadi kabur
  • Merasakan sakit pada bagian kepala disertai dengan muntah, pusing
  • Sulit berjalan dan kehilangan keseimbangan, dan merasakan pusing secara tiba-tiba.

Pertolongan pertama penderita Serangan stroke

Ketika kita secara tidak sengaja berada disebuah situasi terdapat salah satu anggota keluarga atau teman yang mengalami serangan stroke, maka kita perlu melakukan langkah langkah berikut :


2 | Jangan panik




Serangan stroke biasanya datang secara mendadak, dan inilah yang kadang membuat orang yang berada disekelilingnya panik. Jika ada kejadian serangan stroke di sekitar anda berusahalah untuk tenang jangan panik. Panik hanya akan membuat kita bingung, tidak tahu apa yang harus dilakukan dan hanya membuat penderita menunggu pertolongan terlalu lama. Dalam situasi dadakan seperti ini diperlukan ketenangan agar dapat mengambil tindakan yang benar dan tepat. Selain itu, jika bisa panggilah orang lain di sekitar untuk membantu kita.


2 | Telepon Ambulans Atau Rumah Sakit Terdekat



Langkah Penangan Pertama Selamatkan Orang Yang Terkena Serangan Stroke

Seanjutnya yang harus dilakukan adalah, telepon ambulans atau rumah sakit terdekat. Agar segera dilakukan tindakan medis, katakana secara jelas dan detail mengenai apa yang terjadi. Minta pula agar ambulans dapat datang dengan cepat mengingat gawatnya situasi yang terjadi.


3 | Kesadaran

Langkah Penangan Pertama Selamatkan Orang Yang Terkena Serangan Stroke

Kita harus memastikan apakah penderita serangan stroke tersebut dalam keadaan sadar atau tidak. Caranya dengan meminta mereka untuk menyebutkan nama atau hal lain yang sekiranya mudah menjawabnya, mengedipkan mata, atau menyahut meski hanya dengan gumaman.


4 | Pernapasan

Langkah Penangan Pertama Selamatkan Orang Yang Terkena Serangan Stroke

Langkah penanganan stroke selanjutnya pernapasan. Coba pastikan pernafasan penderita apakah dapat bernafas dengan baik atau sebaliknya. Apabila mereka terlihat mengalami sesak nafas, maka kita bisa membuka kancing bajunya, dasi mereka sehingga mereka bisa bernafas lebih baik. Namun jika orang tersebut tidak bernafas, maka kita harus segera melakukan CPR. Yaitu dengan cara memberikan tekanan di bagian bawah tulang dada dengan menggunakan kedua tangan kita dengan posisi jari mengunci. Kemudian miringkan kepala dan angkat dagu lalu berikan napas melalui mulut sambil menutup hidung. Lakukan gerakan ini sampai ada tanda-tanda mereka kembali bernafas atau sampai bantuan medis tiba.


5 | Posisi kepala


Usahakan agar posisi kepala penderita lebih tinggi dari badannya. Dalam hal ini, kita bisa menaruhnya sesuatu untuk mengganjal kepalanya menaruh baju, tas, atau jaket di sehingga posisi kepala menjadi lebih tinggi dari badan.


6 |  Menjaga suhu tubuh




Jagalah suhu tubuh penderita dengan member selimut pada tubuh mereka dengan jaket, kain, atau apapun yang ada di sekitar kita, Tujuannya adalah menjaga agar suhu badan dalam keadaan normal.

Nah, setelah mengetahui langkah penanganan stroke, jangan lupa untuk selalu waspada jika bepergian dengan seseorang yang memiliki riwayat penyakit stroke. Semoga bermanfaat!

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
close
[Click Here(Close)]