Sunday, 12 November 2017

Melihat Potensi Hasil Laut Dari Pulau Bawean

Beritabawean.com - Bawean, merupakan kepulauan dengan beerbagai potensi, baik sumber daya alamnya dengan pegunungan yang indah serta laut yang sangat berpotensi dengan batu karangnya dan ikan berlimpah ruah.



Selain itu pulau Bawean, merupakan pulau yang masuk dalam wilayah kabupaten Gresik yang terletak di sebelah utara dengan jarak 80 mil. Kepulauan Bawean hanya terdiri dari dua kecamatan yakni kecamatan Sangkapura dan Tambak. Untuk perputaran prekonomian masyarakat Bawea lebih banyak bertumpu kepada hasil laut atau nelayan. Meski memiliki lahan pertanian yang luas namun sayur mayur masih terbilang mahal. Hasil lautlah yang menjadi primadona di pulau ini.

Hasil laut sangatlah beragam mulai ikan hingga lobster, namun yang menjadi andalan komuditas para nelayan yakni lobster. Selain harganya yang tinggi lobster di pulau Bawean memiliki daya tarik tersendiri selain ukurannya yang begitu besar, lobster Bawean memiliki warna warni pada tubuhnya.

Foto : Jawapos
Satu hari para nelayan bisa menangkap lobster enam hingga sepuluh lobster pada kerambah yang sengaja dibuat pada jarak 3 hingga 10 mil dari bibir pantai. Lobster ini kemudian dikumpulkan pada kerambah buatan, dan selanjutnya siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Selain lobster berbagai jenis ikan dari pulau Bawean juga telah dipasok keberbagai wilayah di Indonesia, Ikan dari Bawean sangat diminati, selain harganya yang murah, biasanya ikan dipasok masih dalam keadaan segar.

Saat musim ikan, hasil tangkapan nelayan melimpah ruah. Jadi tidak heran jika banyak nelayan dari wilayah lain yang tertangkap saat sedang mencari ikan di peraian pulau Bawean. 

Selain hasil laut, keindahan bawah laut pulau Bawean juga tidak bisa dipandang sebelah mata. keindahannya menjadi surga bagi para traveller yang menyukai snorkling dan diving. Banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan bawah laut pulau Bawean dan mereka mengakui dan merasa takjub akan keindahannya setelah membuktikannya.


This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post