Misteri Makam Sunan Bonang, Bawean Atau Tuban ?

Beritabawean.com - Sunan Bonang merupakan salah satu anggota dari Wali Songo yang memiliki jasa menyebarkan Islam di tanah Jawa. Beliau memiliki nama asli Makdum Ibrahim anak dari Sunan Ampel. Mendapat panggilan Sunan Bonang lantaran karena metode dakwahnya yang selalu membawa "Bonang" yang merupakan salah satu alat yang mirip dengan gong namun bentuknya lebih kecil. Sunan Bonang sering berdakwah keliling hingga usia lanjut. Beliau meninggal dunia pada saat berdakwah di Pulau Bawean.



Berita kewafatannya segera tersebar ke seluruh tanah jawa. Para murid berdatangan dari segala penjuru untuk berduka cita dan memberikan penghormatan yang terakhir.

Murid-murid yang berada di Pulau Bawean menginginkan agar Sunan Bonang di makamkan di Pulau Bawean. Tetapi murid yang berasal dari Madura dan Surabaya menginginkan jenasah beliau dimakamkan di dekat ayahnya yaitu Sunan Ampel di Surabaya.

Dalam hal memberikan kain kafan pembungkus jenasah mereka pun tak mau kalah. Jenasah yang sudah dibungkus dengan kain kafan milik orang bawean masih ditambah lagi dengan kain kafan dari Surabaya.

Pada malam harinya, murid muridnya yang berasal dari Madura dan Surabaya menggunakan ilmu sirep untuk membuat ngantuk orang-orang Bawean dan Tuban. Lalu mengangkut jenasah Sunan Bonang kedalam kapal dan hendak dibawa ke Surabaya. Karena tindakannya yang tergesa-gesa kain kafan jenasah tertinggal satu.

Kapalyang membawa jenazah Sunan Bonang tersebut segera berlayar menuju ke arah Surabaya, tetapi ketika berada diperairan Tuban tiba-tiba kapal yang dipergunakan tidak bisa bergerak akhirnya jenasah Sunan Bonang dimakamkan di Tuban yaitu sebelah barat Mesjid Jami’ Tuban.

Sementara itu kain kafannya yang ditinggal di Bawean ternyata juga ada jenasahnya. Orang-orang Bawean pun menguburkannya dengan penuh khidmat.

Dengan demikian ada dua jenasah Sunan Bonang, inilah karomah atau kelebihan yang diberikan Allah kepada beliau. Dengan demikian tak ada permusuhan diantara murid-muridnya.

Sunan Bonang wafat pada tahun 1525 M. Makam yang dianggap asli adalah yang berada dikota Tuban sehingga sampai sekarang makam itu banyak yang diziarahi orang dari segala penjuru tanah air

0 Response to "Misteri Makam Sunan Bonang, Bawean Atau Tuban ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel