Sunday, 12 November 2017

Tingkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah, Mahasiswa STAIHA Gelar Pelatihan KTI

Beritabawean.com - Bertepatan dengan peringatan hari pahlawan, Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Hasan Jufri ( STAIHA) Bawean menggelar acara pelatihan Karya Tulis Ilmiyah (KTI). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa STAIHA, agar mampu mampu menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas.



Bertempat di gedung Muslimat NU Bawean, pelatihan ini mengusung tema " Membangun Bangsa Dengan Karya, Pikatlah Dunia Dengan Karya Ilmiah Yang Kreatif Dan Inovatif " . Pelatihan yang digelar selama dua hari ini Sabtu- Minggu ( 11-12/11/17 ) Mengundang pemateri dari Lentera Indonesia dan dosen dari STAIHA sendiri.

Dalam paparan materinya Indra Latif Syaepu, M.Hum Ketua Lentera Indonesia mengatakan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan mahasiswa agar mampu membuat karya ilmiah.
Pertama, prinsip mahasiswa, dalam hal ini mahasiswa adalah seorang ilmuan dan akademisi, seorang ilmuan dan akademisi akan dinilai dari karya ilmiahnya. Kedua, mahasiswa harus memahami SWOT ANALYST (Strenght, Weakness, Opportunities,dan Threat). Ketiga, mahasiswa harus bersungguh-sungguh dalam membuat makalah sebagai tugas yang diberikan oleh dosen.



Sedangkan menurut Mahfud, S.Ud., M.Pd.I. (Dosen STAIHA Bawean ) yang juga sebagai pemateri pada acara ini mengatakan kepekaan dan produktivitas dalam menumbuhkan karya ilmiah merupakan suatu keharusan yang amat menentukan bagi kualitas dan eksistensi perguruan tinggi. Keberadaan perguruan tinggi tidak hanya sebagai hiasan untuk memampang daftar jumlah sarjana dihasilkan, dan bahkan dijadikan sebagai adu gelar akademik para dosen. Lebih dari itu, perguruan tinggi harus siap menjadi pionir lahirnya para ilmuan-ilmuan yang syarat dengan disiplin ilmu. Dan bahkan dapat menghasilkan para mahasiswa dan lulusan yang kompeten dalam bidang penelitian sehingga dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas.


This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==