Bolehkan Balita Diberi Minum Teh ? Ini Jawaban Ahli Gizi

Beritabawean.com - Minum teh sudah menjadi kebiasaan masayarakat Indonesia. Sejak dulu teh menjadi minuman favorit selain rasanya yang enak, teh dipercaya bisa membuat rileks tubuh cocok jika disajikan waktu bersantai dalam kebersamaan.

Tumbuhan yang di tanaman di pegunungan ini memiliki antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, biasanya teh banyak di konsumsi dikalangan orang dewasa, lalu bagaimana jika teh kita berikan kepada bayi yang masih di bawah umur lima tahun?



Dikutip dari Vemale yang mengutip dari thehealthsite.com, Dhvani Shah, seorang ahli naturopati dan gizi menyatakan bahwa teh bukanlah yang menyehatkan bagi balita justru sebaliknya. Pada tubuh balita atau anak, teh yang dikonsumsi bisa mengganggu proses penyerapan kalsium, sehingga bisa mengakibatkan malcalcification dan defisiensi kalsium. Konsumsi teh yang terus menerus pada balita bisa mempengaruhi otak, otot, sistem saraf, dan pertumbuhan strukturnya.

Balita yang meminum teh dalam jumlah banyak bisa menyebabkan beberapa efek samping sebagai berikut :

  1. Kepadatan tulang yang makin rapuh.
  2. Kekuatan otot yang melemah.
  3. Susah konsentrasi yang membuatnya rewel dan mengalami gangguan perilaku.
  4. Badan sakit semua, khususnya anggota badan bagian bawah.
Dalam penelitian yang dilakukan Institut pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2007 kadar kafein pada teh hampir sama dengan kopi yaitu 0,6 persen. Sedangkan kafein memiliki dampak buruk jika dikonsumsi oleh balita, dimana zat ini bisa mempengaruhi syaraf otak anak. Kafein juga bisa membuat anak anda gelisah dan susah tidur, padahal tidur merupakan aktifitas penting untuk pertumbuhannya. Selain itu kafein memiliki dampak buruk yang sangat berbahaya yaitu bisa merangsang pernafasan yang menyebabkan bisa menggangu kinerja jantung si kecil.

Nah sudah tau kan bagaimana bahaya jika si kecil di beri Teh, walaupun teh memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, tapi sebaiknya kita lebih melakukan langkah prefentif ( Pencegahan ) dan kalaupun terpaksa harus memberinya  berilah dengan takaran yang tepat.

0 Response to "Bolehkan Balita Diberi Minum Teh ? Ini Jawaban Ahli Gizi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel