Tahukah Anda Betapa Pentingnya Sari Kurma Terhadap Pertumbuhan Anak ?

Manfaat Sari Kurma Bagi Anak - Buah kurma bukanlah buah asing bagi kita orang indonesia, meskipun sebenarnya kurma bukanlah buah asli indonesia tapi buah ini sangat familiar bahkan hampir di semua negara, apalagi pada saat bulan Ramadhan. buah ini sudah lama dikenal oleh Manusia. Kurma ini dikenal dari buah milik orang-orang di tanah Arab. Sejak jaman dahulu, kurma dikenal orang-orang merupakan suatu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.



 Salah satunya adalah bahwa kurma sering dijadikan makanan pembuka setelah berpuasa.karena Kurma mampu mengembalikan stamina seseorang setelah berpuasa, tanpa harus membuat orang tersebut merasa kekenyangan. tidak hanya itu, manfaat kurma masih banyak yang perlu anda ketahui, kurma juga sering diberikan pada bayi-bayi yang yang masih dalam usia pertumbuhan muda. Dikatakan bahwa kurma memiliki khasiat yang sangat banyak terhadap bayi.

Di Indonesia sendiri, tradisi tersebut juga sudah sering dilakukan oleh masyarakat, dengan sumber buah yang berasal dari berupa oleh-oleh atau impor dari tanah Arab. Bagi orang Indonesia sendiri juga meyakini bahwa kurma memiliki khasiat yang menyehatkan untuk bayi. Namun mungkin masih banyak orang yang masih belum mengetahui apa saja menfaat tersebut, berikut beberapa manfaat buah kurma terhadap bayi dan anak balita :

Baca Juga : Bolehkan Balita Diberi Minum Teh ? Ini Jawaban Ahli Gizi

 1. Meningkatkan nafsu makan anak yang tidak nafsu makan merupakan masalah besar buat orang tua khususnya si ibu, karena pertumbuhannya juga tidak akan bagus jika asupan makanannya kurang.jika anak enggan untuk mengkonsumsi buah kurma secara langsung si ibu bisa membuatkannya air jus kurma atau air sari kurma, dengan begitu mungkin anak akan lebih tertarik untuk mengkonsumsinya. begitu juga terhadap bayi,

Bila semakin bertumbuh bayi dan diperkenalkan mengkonsumsi kurma secara perlahan-lahan dalam campuran makanan bayi, maka secara perlahan-lahan, efek manfaat dari kurma mampu meningkatkan nafsu makan bayi. Sehingga kita bisa selalu memenuhi kebutuhan makan bayi. Hal ini bertujuan agar asupan gizi bayi bisa selalu terpenuhi dari segala sumber makanan yang perlu dikonsumsinya. Sehingga bayi bisa terhindar dari penyakit gizi buruk yang sering terjadi pada bayi hingga anak-anak.

 2. Mencegah demam berdarah dan anemia Memberikan atau mencampurkan kurma pada bayi sangat baik dalam mencegah demam berdarah dengue (DBD) dan mencegah anemia. Mengkonsumsi kurma secara rutin ternyata mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu, pada penderita DBD yang menagalami penurunan trombosit juga sangat baik diberikan kurma, sehingga bisa mengembalikan jumlah trombosit. Pada anak kurma bisa dijadikan buah sampingan atau cemilan saat anak bersantai.

 3. Kesehatan mata kita tahu, bahwasanya mata merupakan organ terpenting dalam tubuh kita. Pada buah kurma ternyata juga mengandung vitamin yang bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A sangat membantu menjaga kesehatan mata, sehingga tidak mudah mengalami gangguan penglihatan pada mata. Pada orang normal, vitamin A sendiri berfungsi pada proses penyembuhan mata. Terkhusus pada bayi atau anak, tentu masa awal adalah tahap pengembangan organ pengelihatan, sehingga vitamin A sendiri bermanfaat dalam proses perkembangan fungsi penglihatan.

Baca Juga : Bayi Cegukan, Begini Cara Yang Benar Dan Aman Mengatasinya

 4. Menjaga kesehatan tulang Pada anak khususnya bayi, masa pertumbuhan tubuhnya masih terbilang muda sehingga mudah rapuh. Dalam hal ini, termasuk pertumbuhan tulang pada bayi yang masi berumur muda, tentu masih dalam proses pertumbuhan dan masih belum kuat. Oleh karenanya dengan diberikan kurma, diharapkan kandungan kurma mampu memenuhi kebutuhan kalsium pada bayi yang masih membutuhkan kasium dalam proses pertumbuhan tulang-tulang tubuhnya. Diharapkan dengan mengkonsumsi rutin, kelak pada saat tumbuh menjadi anak anak, maka komposisi tulang anak sudah termasuk kuat.

5. Pertumbuhan gigi Seperti pada pertumbuhan tulang, pada gigi juga memerlukan suplai kalsium agar pertumbuhan gigi tidak mengalami masalah. Kalsium dari kurma diharapkan mempu memenuhi kebutuhan kalsium yang akan digunakan untuk proses pertumbuhan gigi. Sehingga disaat usia anak telah mencukupi, maka seluruh giginya telah tumbuh dan tidak cepat mengalami korosif sehingga tidak mengalami lubang pada giginya dan terjadi infeksi.

0 Response to "Tahukah Anda Betapa Pentingnya Sari Kurma Terhadap Pertumbuhan Anak ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel