7 Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Sering Menggunakan Headset Saat Sedang Tidur

7 Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Sering Menggunakan Headset Saat Sedang Tidur  - Mendengarkan music dengan menggunakan headset memang sangat digemari, apa lagi dikalangan para remaja. Cara mendengarkan music dengan headset selain keren juga cara yang sangat simple, dengan demikian kita tidak repot – repot memegang hp, cukup hp disimpan di dalam saku celana atau baju lalu pasangkan headset maka music akan terdengar dengan sempurna. Kegemaran penggunaan headset tidak berhenti pada saat berktifitas namun saat ini tidurpun menggunakan headset.

7 Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Sering Menggunakan Headset Saat Tidur


Namun tahukah anda jika penggunaan headset tidak selalu aman.  Penggunaan headset yang terlalu lama apa lagi pada saat tidur akan menyebabkan beberapa bahaya, setidaknya ada 7 bahaya yang akan ditimbulkan akibat menggunakan headset saat tidur bahkan bisa sampai merenggut nyawa. Dan sebelum kebiasaan itu menjadikan bahaya terhadap diri kita, sebisa mungkin kita harus membuang jauh kebiasaabn tersebut.

Pemakaian headset dengan jangka waktu yang wajar sebenarnya tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah jika pemakaian tersebut memakan waktu yang terlalu lama dan memakan waktu berjam – jam. nah, jika ingin tau bahaya apa saja yang akan ditimbulkan, yuk kita simak penjelasan dibawah ini!

Dampak Buruk Menggunakan Headset Saat Tidur


1. Dapat menurunkan kemampuan pendengaran

Kebiasaan menggunakan dalam jangka waktu yang panjang, apa lagi saat tidur akan menyebabkan kerusakan pada koklea. Bahaya seperti ini tidak terjadi secara spontan namun akan terjadi secara perlahan dan tanpa kita sadari.

2. Melukai kulit telinga

Akibat penggunaan headset yang terlalu lama akan terjadi luka pada kulit telinga, karena terjadinya gesekan terus menerus. Kulit telinga yang luka akan menyebabkan iritasi dan infeksi.

3. Merusak otak

Seluruh anggota tubuh memerlukan istirahat tak terkecuali otak. Jika saat tidur kita mendengarkan musik dengan menggunakan headset, berarti kita tidak memberikan waktu terhadap otak untuk beristirahat. Mengapa demikian? Music yang kita dengarkan saat tidur akan diteruskan ke otak, dan gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh headset juga dapa mengganggu kinerja otak. Bayangkan apa yang akan terjadi terhadap otak kita jika memilii kebiasaan mendengarkan music ketika tidur.

Baca Juga : 15 Manfaat Air Lemon Hangat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Perlu Anda Ketahui

4. Masuknya kuman pada telinga

Terlalu seringnya menggunakan headset yang terlalu lama, secara tidak langsung memberikan kesempatan terhadap kuman untuk keluar masuk bahkan ada yang bersarang pada lubang telinga. Sungguh anda tidak mungkin hal itu terjadi terhadap telinga kita.

5. Menimbulkan kerusakan pada telinga

Memakai headset juga dengan waktu yang wajar. Pemakaian headset yang terlalu lama akan menimbulkan kerusakan pada telinga. Hal itu bukan tanpa alasan, adakalanya telinga sudah tidak kuat lagi menahan beban suara, dan anda terus saja memaksanya dengan mendengarkan music lewat headset. Dan jika keadaan seperti itu sering terjadi, maka siap – siap telinga anda akan mendapatka masalah.

6. Menurunkan kewaspadaan

Jika anda tidur dengan menggunakan headset maka kewaspadaan anda akan menurun, Karena dalam waktu tidur pun pendengaran anda akan terus bekerja. Dan seandainya terjadi suatu bahaya saat anda tidur anda tidak akan mendengarnya. Misalkan saja, terjadinya kebakaran, kemalingan, kebanjiran dll. Yang anda rasakan pada saat kadaan sudah mulai kacau, dan bahaya suda berada didepan mata.

Baca Juga : Apa Anda Tergolong Orang Yang Pelupa ? Ini Beberapa Cara Jitu Untuk Mempertajam Daya Ingat Sampai Usia Tua

7. Munculnya kotoran pada telinga

Akibat pemakaian headset dapat menimbulkan kotoran telinga menyumbat di dalam yang nantinya dapat menghalangi gendang telinga.

Nah, bagaimana guys masih hobby kah mendengarkan music lewat headset sebagai alternative penghantar tidur? Jika sudah mengetahui efek samping yang akan akan terjadi jangan sekali – kali dijadikan kebiasaan. Dan jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman – teman anda agar kita sama – sama dapat menghindari bahaya didepan kita.

0 Response to "7 Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Sering Menggunakan Headset Saat Sedang Tidur "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel