Strategi Pembelajaran Di Luar Kelas Bagi Anak SD Agar Sistem Pembelajaran Tidak Membosankan

Proses pembelajaran tidak harus menoton di dalam kelas, ada kalanya para siswa dihibur dengan keadaan dan suasana baru, yang lebih fresh tapi tetap mendidik. Namun, pembelajaran di luar kelas juga memerlukan keterampilan sang guru. Jika pembelajaran di luar kelas tidak didesain dengan matang, ditakutkan adanya kericuan bagi para siswa karena memang tempatnya yang bebas dan luas. Oleh sebab itu, seorang guru harus mempunyai konsep yang matang sebelum mengajak anak belajar di luar kelas.

Strategi Pembelajaran Di Luar Kelas Bagi Anak SD Agar Sistem Pembelajaran Tidak Membosankan


Ketika kita mengajak siswa belajar diluar kelas ajaklah mereka untuk lebih mengenal alam, menghirup udara segar, mendengarkan kicauan burung, menikmati pemandangan yang serba hijau dan poin yang paling penting adalah ajarkan kepada mereka bagaimana peran kita sebagai manusia yang dikruniai akal pikiran untuk selalu menjaga dan menyayangi makhluk hidup lainnya.

Baca Juga : Orang Tua Wajib Tau Batasan Usia Anak Boleh BerMedia Sosial agar tidak menyesal di kemudian hari

Belajar di luar kelas juga dapat anda manfaatkan saat pelajaran seni, seperti melukis. Pelajaran melukis sangat efektif jika dilakukan dialam bebas, karena dengan demikian para siswa akan banyak menemukan inspirasi yang akan dijadikan bahan untuk dilukis.

Belajar dengan benda – benda yang nyata sangat cocok dengan pembelajaran yang masih tingkatan SD. Karena dengan demikian para siswa akan lebih mudah memahami suatu hal. Jika di dalam kelas para siswa hanya dipelajari berdasarkan teori saja, lain halnya dengan jika di lakukan di luar kelas mereka akan langsung berintrerkasi dengan objek yang dipelajarinya.

Pembelajaran pada siswa SD siswa sangat membutuhkan system pembelajaran yang menyenangkan, agar mereka tidak merasakan penekanan terhadap pelajaran yang mereka terima dalam setiap hari. Karena alasan itu kami akan menyajikan hal – hal positif apa saja yang akan didapatkan dari proses pembelajaran luar kelas.

Berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh dari kegiatan belajar di lur kelas (outdoor study) dan sangat mendukung terhadap kelancaran proses belajar mengajar.

1. Guru dapat menciptakan system pembelajaran yang santai, fresh, menyeangkan, namun tetap mendidik

2. Guru dapat memperkenalkan pada para sisiwa betapa besarnya manfaat lingkungan sekitar bagi kehidupan manusia, agar nantinya mereka juga ikut menjaga dan melindunginya.

3. Memberikan motivasi lebih kepada para siswa untuk lebih rajin belajar, karena memang suasananya sangat mendukung, apa lagi bagi siswa yang masih tingkatan SD/MI.

4. System pembelajaran luar kelas merupakan pembelajaran yang tidak hanya mentok pada teori, tapi langsung dihadapkan pada benda yang nyata.

5. Belajar di luar kelas akan mengajarkan rasa kekeluargaan pada siswa, mereka akan saling bercanda satu sama lain dan suasananya pun akan lebih hangat.

6. Peluang guru untuk menjalin keakraban dengan siswa semakin luas.

Dibalik dengan banyaknya manfaat belajar diluar kelas, sebagai pendidik kita juga harus memberikan pengawasan yang ketat. Agar anak tidak terlalu terbawa suasana, seperti bermain terlalu jauh yang justru akan membahayakan keselamatan mereka.

Baca Juga : Tips Cara Mendidik Anak Pada Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Islami Agar Menjadi Anak Yang Shaleh

Dan ketika seorang guru berhasil membawa anak didiknya untuk belajar di luar kelas maka akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi sang guru, karena berhasil membuat anak didiknya belajar dengan ceria, menyenangkan, dan juga terjalin keakraban. Jadi, belajar di luar kelas tidak hanya pada jam olah raga saja, semua pelajaran dapat kita seling dengan belajar luar kelas untuk menghindari rasa tegang, bosan dan membuat keadaan lebih nyaman.

0 Response to "Strategi Pembelajaran Di Luar Kelas Bagi Anak SD Agar Sistem Pembelajaran Tidak Membosankan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel