5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Secara Alami dan Sederhana

Cara mengatasi kulit kusam secara alami menjadi bahasan utama pada artikel ini. Tentu ada tau, kulit kusam menjadi salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan seseorang. Terlebih lagi bagi mereka yang lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan, masalah kulit kusam, kering, ataupun berminyak begitu mudah menghampiri.

cara mengatasi kulit kusam secara alami
Sumber gambar : viva.co.id

Kulit kusam adalah problem kulit yang tidak bisa anda abaikan begitu saja. Perawatan yang baik membuat kulit kita menjadi sehat dan bebas dari kotoran yang mengganggu. Mengatasi kulit kusam bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik secara tradisional maupun non tradisional. Namun supaya tak terlalu memiliki efek samping perawatan secara tradisional (alami) layak untuk anda pilih.

Cara Mengatasi Kulit Kusam Secara Alami


1. Rutin Membersihkan Wajah


Salah satu faktor yang menyebabkan kulit anda menjadi kusam yaitu kurangnya melakukan perawatan kulit. Malas mencuci muka menjadi kebiasaan buruk yang harus segera anda hilangkan jika ingin memiliki kulit sehat dan terbebas dari noda kusam. Pastikan anda melakukannya 2 kali sehari, pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur kembali.

2. Memanfaatkan Buah Lemon


Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah yang satu ini bisa anda manfaatkan untuk membasmi kulit kusam pada wajah. Flek dan kotoran akan terangkat setelah melakukan perawatan dengan memanfaatkan buah lemon ini.

Cukup siapkan 1 buah lemon, potong menjadi dua bagian, kemudian oleskan pada wajah anda secara merata. Tunggu hingga beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Berhati-hatilah bagi anda penderita kulit sensitif, sangat tidak disarankan melakukan cara ini karena membuat kulit terasa perih.


3. Menggunakan Buah Nanas


Sama seperti buah lemon, buah nanas pun juga mengandung vitamin C yang baik bagi kesehatan kulit. Buah satu ini mengandung zat yang mampu menghilangkan sel kulit mati. Dengan melakukan perawatan kulit dengan buah nanas, kulit menjadi cerah, tidak kusam, dan jauh dari jerawat.

Caranya cukup mudah, anda harus membuat jus nanas terlebih dahulu. Selanjutnya, ambil kapas dan celupkan pada jus tersebut. Oleskan pada muka anda secara merata, tunggu hingga kering baru bilas dengan air bersih.

4. Menggunakan Madu


Tak perlu diragukan lagi soal khasiat minuman yang satu ini. Selain bagus bagi kesehatan, madu juga bagus untuk perawatan kecantikan wajah. Madu mengandung zat anti septik dan anti peradangan sehingga mampu mencerahkan kulit wajah anda.

Anda bisa mencampurkan madu dengan beberapa bahan alami lainnya seperti lemon, kuning telur, teh oatmeal, ataupun yang lainnya. Buat masker madu dan oleskan pada wajah anda. Setelah kering, bersihkan dengan air dan lihatlah perbedaannya. Pastikan selalu milih madu asli yang tentunya memiliki kandungan gizi yang lebih sehat daripada madu yang palsu.

5. Menggunakan Coklat


Coklat juga bisa anda jadikan masker mujarab untuk mengatasi kulit yang kusam. Tak sembarangan jenis coklat yang bisa anda pilih, jangan memiliki coklat yang memiliki kandungan gula tinggi tetapi pilihlah cokelat hitam yang rendah gula. Coklat memiliki kandungan flavonoid yang tinggi sehingga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga wajah tampak lebih cerah dan terlihat lebih muda dari yang anda kira.

Cara membuat masker coklat sendiri yaitu dengan mencampurkan beberapa bahan seperti 1/3 cangkir bubuk coklat, 3 sdm alpukat, 3 sdm bubuk oatmeal, 3 sdm krim, serta cangkir madu. Haluskan semua bahan tersebut dan oleskan pada wajah anda. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan menggunakan air bersih.

Penutup


Kulit yang kusam tidak akan muncul lagi jika anda melakukan satu diantara perawatan diatas. Selain melakukan perawatan secara pribadi, anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk menentukan apa jenis pemeliharaan indera peraba yang tepat agar tidak menjadi hal berbahaya bagi kulit anda sendiri.

Demikian beberapa cara mengatasi kulit kusam secara alami yang dapat anda lakukan, semoga bermanfaat bagi siapapun yang mengalami permasalahan tersebut.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Secara Alami dan Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel