Bagaimana Mengenali Bentuk Reaksi Alergi Obat Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Tubuh anakku kenapa berubah menjadi kemerahahan setelah habis meminum obat, Apakah Alergi Obat? Begitu keluh seorang Ibu
Kejadian seperti ini terkadang dianggap remeh oleh sebagian masyarakat awam dan dianggap hal yang biasa toh sebentar lagi akan membaik. padahal hal semacam ini juga sangat di perhatikan oleh orang tua khususnya Ibu. setidaknya Ibu harus tau bagaimana Cara Mengatasi Alergi Obat Pada Anak agar hal tersebut tidak terjadi terhadap anak. Berikut salah satu Gambar Alergi Obat Pada Anak
Alergi merupakan Penyakit yang dapat dipicu oleh beberapa hal, salah satu diantaranya adalah obat obatan. meskipun obat obatan ini tidak selalu menimbulkan reaksi yang berat terhadap anak namun tetaplah hal semacam ini tetap harus diwaspadai agar tidak terjadi Alergi. Alergi  tidak hanya terjadi pada tubuh tapi bisa juga mengakibatkan Muka Bengkak Akibat Alergi Obat.
Reaksi alergi obat pada anak sama dengan reaksi alergi obat pada orang dewasa. Alergi ini bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh memiliki reaksi lebih terhadap kandungan tertentu di dalam sebuah obat. Anak Biasanya Alergi Obat Paracetamol atau Alergi Obat Antibiotik Amoxicilin karena kedua Obat tersebut yang sering di konsumsi oleh anak dan bahkan juga orang dewasa.
Menurut dr. Anita Amalia Sari, Berdasarkan tingkat keparahannya, berikut adalah reaksi yang mungkin terjadi pada anak saat alergi obat mengalami reaksi kekambuhan : 
Reaksi Ringan :
  • Mengalami kemerahan pada kulit
  • Gatal-Gatal di bagian kulit tertentu
  • Terjadi Bengkak ringan pada kulit
  • Hidung mampet hingga susah bernafas
  • sring bersin bersin
  • serta Ruam kemerahan, keunguan atau juga timbul bentol merah di bagian tubuh manapun
Reaksi Berat :
  • Terganggunya saluran pernapasan
  • Mulut dan Lidah bengkak
  • Sulit Untuk menelan atau berbicara terutama saat bangun tidur
  • Nyeri di bagian perut, Mual, Muntah Atau Diare
  • Pusing yang Dahsyat Hingga tidak sadarkan diri
Meski telah mengalami hal tersebut diatas, susah untuk mendeteksi alergi obat pada anak. karena sebagian besar alergi menimbulkan gejala yang hampir mirip hingga orang tua susah membedakannya. bisa saja bukan karena Obat tapi karena makanan.

Jadi, alangkah sebaiknya jika terjadi hal yang tidak sewajarnya kepada anak baik setelah minum obat atau setelah makan makanan segeralah konsultasikan ke dokter. saat di dokter anak akan diperiksa detail mengenai apa yang terjadi dan akan di terapi untuk mendeteksi adanya alergi obat.
Berikut Cara Mengatasi Alergi Obat pada Anak
Saat anak dinyatakan mengalami alergi obat maka yang perlu dilakukan orang tua adalah bagaimana Pertolongan Pertama Alergi Obat pada anak supaya tidak berlarut lama. 
Cara mengatasi alergi obat pada anak tergantung pada reaksi alergi tersebut. jika yang terjadi adalah reaksi ringan maka solusi yang paling baik cukup di oleskan losion yang mengandung calamine serta mandi menggunakan air dingin dan memakai sabun  yang tidak mengandung detergen atau pewangi.
Jika sudah dilakukan cara diatas namun anak masih saja belum sembuh dan bahkan justru muncul reaksi baru lagi seperti : 
  1. Bengkak dibagian bibir, lidah dan mulut
  2. Bunyi Mengi
  3. Sesak napak
  4. adanya bentol merah mendadak disekujur tubuh
  5. kulit terkelupas
  6. dan Pingsan
Maka segeralah membawanya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang intensif.

Jadi, Orang tua apapun yang terjadi pada anak dan bagaimanapun reaksinya jangan menganggap hal itu sepeleh karena saat anak mengalami reaksi pertolongan pertama sangat diperlukan dan jika tidak maka nyawa akan menjadi taruhannya. 

0 Response to "Bagaimana Mengenali Bentuk Reaksi Alergi Obat Pada Anak dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel