Bayi Sering Muntah setelah Menyusu, Ini Tips Sederhana yang Terbukti Ampuh Mengatasinya

Sering kita jumpai bayi muntah atau meluap setelah habis disusui (ASI ) dan hal itu sangat menghawatirkan para ibu apalagi terhadap anak pertamanya. bahkan ada sebagian bayi yang hampir mengalaminya setiap kali habis disusui. penting bagi ibu untuk mengenali gejala dan tanda pada bayi yang muntah setelah minum ASI.

Pada umumnya bayi yang mengalami muntah setelah minum ASI dan ia tidak rewel dan tidak mengalami masalah apapun dengan masalah pernapasan, masih dikatakan normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bayi Sering Muntah setelah Menyusu, Ini Tips Sederhana yang Terbukti Ampuh Mengatasinya


Biasanya bayi setelah memuntahkan ASI yang diminumnya dia akan merasa tenangan dan tidak merasa kesakitan karena memang rasa enek diperutnya sudah tidak lagi. Namun, perlu ibu ketahui bahwa bayi yang rewel dan nangis setelah muntah bisa jadi dia merasa keskaitan dan tidak normal dan bisa jadi kemungkinan bayi memiliki gangguan kesehatan. jadi ibu harus lebih waspada.

Berikut Tips Sederhana Yang Terbukti Ampuh Mengatasi Anak Muntah Setelah Minum ASI :


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah hendaknya menyusui bayi dengan posisi kepala bayi agak tegak saat menyusu, lalu angkat bayi pelan pelan setelah menyusu sehingga bayi Sendawa.
biasakan bayi menyusu secukupnya, namun sering. karena bayi yang menyusu telalu lama dapt membuat bayi kekenyangan dan akhirnya muntah.

Terlalu aktifnya bayi juga dapat memicu bayi muntah setelah minum ASI. jadi setelah bayi minum ASI usahakan jangan diajak bermain dulu atau memanggil manggilnya karena itu dapat membuat bayi banyak gerak, jadi kemungkinan bayi akan mengeluarkan semua ASI yang diminumnya.
Usahakan ibu jangan memakaikan popok dan Gurita bayi dengan terlalu ketat sehingga bayi susah bergerak bebas. selain itu dapat menyebabkan bayi menjadi sesak dan menimbulkan tekanan pada perutnya.

Jangan membawa bayi berkendaraan sesat setelah bayi habis minum ASI.
biarkan bayi duduk sebentar jika bayi sudah cukup besar untuk memasukkan ASI kedalam perut bayi dengan baik.

Baca Juga : Bayi Cegukan, Begini Cara Yang Benar Dan Aman Mengatasinya

Pada saat bayi tidur, usahakan bayi menggunakan bantal yang agak tinggi. ibu bisa menggunakan selimut atau handuk yang gulung tapi jangan terlalu tinggi juga. namun pastikan kepala bayi tidak turun saat ia tertidur.

Jangan meletakkan bayi di kursi khusus bayi, karena biasanya orang tua setelah memberi ASI pada anak atau setelah memberi makan pada anak ia langsung meletakkan bayi di atas kursi bayi sendirian.
menjaga bayi agar tidak terlalu kenyang dan jangan sampai bayi kelaparan juga. hendaknya orang tua ingat waktu makan bayi, biasanya menyusui bayi setiap 2 jam sekali. ibu tentunya sudah tau reaksi bayi yang sudah kenyang dan tidak. biasanyanya bayi yang sudah merasa kenyang akan menghindari puting susu ibu.

Ibu wajib tahu, Cara membedakan Bayi Muntah Biasa dan Yang Tidak Normal :


Bayi yang muntah saat dia baru berusia  beberapa minggu masih dianggap normal apalagi sesaat setelah bayi minum ASI biasanya bayi akan muntah dan menguap sedikit dari hasil isapan susu ibunya sampai ia bersendawa. karena memang bayi masih berusaha menyesuaikan sistem pencernaannya dengan makanan yang dikonsumsinya yaitu susu.

Baca Juga : Gak Perlu Mahal Mahal, Ini Cara Sehat dan Alami Meningkatkan Dan Memperlancar Produksi ASI Yang Berkualitas

Bayi Sering Muntah setelah Menyusu, Ini Tips Sederhana yang Terbukti Ampuh Mengatasinya


Sedangkan bayi yang tidak normal, salah satu gejalanya adalah muntahannya berwarna kuning kehijauan. jadi jika bayi mengalami hal tersebut maka perlu ibu waspadai berhubungan dengan kondisi kesehatan bayi. dan bayi akan merasa kesakitan dengan akan rewel tanpa sebab. selanjutnya tanda bayi tidak sehat adalah muntah lebih dari sekali, muntah dengan keluar darah serta kulit dan matanya tampak menguning.

Nah, jika bayi mengalami gejala bayi tidak sehat maka sebaiknya segeralah konsultasikan ke dokter atau bidan terdekat untuk segera mengatasinya sebelum terlambat. 

0 Response to "Bayi Sering Muntah setelah Menyusu, Ini Tips Sederhana yang Terbukti Ampuh Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel