Gak Perlu Mahal Mahal, Ini Cara Sehat dan Alami Meningkatkan Dan Memperlancar Produksi ASI Yang Berkualitas

Kualitas dan kelancaran ASI merupakan hal terpenting bagi ibu yang sedang menyusui, karena ASI merupakan kebutuhan pokok bagi sang bayi. Bagi bayi tidak ada asupan yang lebih baik selain ASI, sekalipun sekarang banyak produksi susu untuk bayi yang dapat menggantikan ASI. ASI mempunyai kelebihan jika disbandingkan dengan susu formula, diantaranya susu ASI lebih gampang dicerna oleh sang bayi, system kekebalan tubuh lebih kuat, tulang bayi lebih kuat, dan yang paling penting adalah dapat memperkuat hubungan antara ibu dan bayi.


Tapi tidak sedikit dari para ibu yang baru melahirkan yang bermasalah dengan produksi ASI, dengan kata lain ASI tidak banyak mengeluarkan air, sehingga bayi tidak tercukupi kebutuhannya. Sebenarnya cara untuk mendapatkan ASI yang melimpah dan berkualitas harus lakukan sejak bayi dalam kandungan. Berikut cara alami untuk mendapatkan ASI yang melimpah.

Cara Sehat dan Alami Meningkatkan Dan Memperlancar Produksi ASI Yang Berkualitas


1. Konsumsi air putih

Untuk ibu yang sedang menyusui harus benar – benar mencukupi ion dalam tubuh, karena jika sang bunda kekurangan cairan makan tidak akan memproduksi ASI secara maksimal. Pastikan sang bunda konsumsi air putih 8 gelas atau setara 2 liter dalam setiap harinya.

Baca Juga : Tahukah Anda Betapa Pentingnya Sari Kurma Terhadap Pertumbuhan Anak ?

2. Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Untuk konsumsi sayuran hijau dapat anda lakukan sebelum melahirkan, atau pada saat kandungan sudah mulai tua. Sayur hijau mengandung kalsium,  zat besi, folat, betakarotin, dan juga sangat efektif untuk memperkaya laktasi dalam tubuh ibu menyusi. Sayuran hijau meliputi bayam, saledri, brokoli, daun parsley dll.

Baca Juga :

3. Konsumsi makanan berlemak

Selain harus memperbanyak konsumsi sayuran hijau ibu menyusui juga harus mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan tinggi lemak. Dengan sang ibu rutin konsumsi makanan belemak maka kandungan ASI akan semakin banyak dan kental. Maknan yang banyak mengandung banyak lemak diantaranya kacang – kacangan, alpukat, daging dan minyak sayur.

4. Tingkatkan konsumsi bawang putih

Untuk mendapatkan ASI yang berkwalitas, tips selanjutnya adalah perbanyak konsumsi bawang putih. Jika anda tidak dapat mengkonsumsi bawang putih secara langsung karena baunya yang begitu menyengat, maka perbanyak bawang putih dalam bumbu masakan.

Baca Juga : Bolehkan Balita Diberi Minum Teh ? Ini Jawaban Ahli Gizi

5. Jangan telat makan

Selain mencukupi cairan dalam tubuh, ibu menyusui juga harus menyeimbangkan makan. Karena jika sang ibu dalam kadaan lapar maka produksi ASI juga akan berkurang, selain itu, sang ibu juga akan merasa lemas dan pucat.

6. Biji wijen hitam

Untuk mendapatkan ASI yang bekwalitas, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan kandungan kalium pada biji wijen hitam. Namun cara memanfaatkan biji wijen hitam lain dengan cara yang diatas, jika cara diatas kita memanfaatkan dengan cara mengkonsumsinya, namun biji wijen hitam cukup kita jadikan masker untuk payudara anda.

Caranya, siapkan buji wijwn hitan secukupnya lalu campurkan dengan parutan kencur, setelah itu oleskan pada sekitar puting susu.

7. Cukupi istirahat

Tahukah anda jika kurangnya waktu istirahat dan stres akan menurunkan produksi ASI? selain konsumsi beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral, ibu menyusui juga harus cukupi waktu istirahat dan jauhi stres. Jadi, jika ingin kebutuhan ASI bagi sang bayi tercukupi, maka sang ibu harus selalu rileks.

Dan jadilah orang tua yang cerdas dalam menyikapi permasalahan agar anak tidak merasa dirugikan. Jadi, jangan hanya dibaca yam mom tapi harus dipraktekkan juga. Cara diatas tidak akan mengakibatkan efek samping yang berlebih, karena menggunakan bahan alami. Jika setelah memperaktekkan cara ini dan produksi ASI anda meningkat dan lancar silahkan share artikel ini kepada ibu yang sedang menyusi agar ASI-nya juga lancar dan berkualitas. Selamat mencoba!

0 Response to "Gak Perlu Mahal Mahal, Ini Cara Sehat dan Alami Meningkatkan Dan Memperlancar Produksi ASI Yang Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel