7 jenis makanan yang Harus Dihindari Saat Menjalani Program Kehamilan

Diberikan kesempatan untuk mengandung dan melahirkan, tentu itu merupakan subuah anugerah yang sangat luar biasa bagi semua wanita di dunia ini, meski tidak semua wanita mempunyai kesempatan untuk merasakan hal tersebut. Ada beberapa factor yang menjadi penyebab mengapa seseorang sulit untuk mempunyai keturunan, diantaranya adanya gangguan reproduksi, gangguan hormonal dan asupan makanan yang tidak sehat.

7 jenis makanan yang Harus Dihindari Saat Menjalani Program Kehamilan


Tidak semua makanan yang kelihatannya enak, itu baik untuk kesehatan apa lagi untuk anda yag sedang menjalani program kehamilan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kedua pasangan mengetahui jenis makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi, agar program kehamilan berhasil dan ibu serta bayi dalam keadaan sehat. Demi untuk mewujudkan harapan untuk mempunyai momongan berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari.

1. Makanan yang mengandung tinggi gula


Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kadar gula seperti fast food, kentang dan minuman bersoda akan menyebabkan produksi hormon yang tidak stabil, sehingga dapat menghambat terjadinya ovulasi atau pembuahan.

Baca Juga : 5 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Agar Persalinannya Selamat Dan Lancar

2. Makanan yang masih mentah


Hati – hati jika anda memasak ikan, daging dan sejenisnya, pastikan masakan tersebut sudah benar – benar matang. Bagi ibu yang sedang menjalankan program kehamilan, jauhi makanan yang masih mentah, karena akan mengakibatkan terpaparnya bakteri salmonella, yang mana bakteri tersebut dapat membahayakan bagi janin.

3. Kedelai


Seperti yang telah kita ketahui bersama, jika kedelai mengandung karbohidrat dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Namun, disamping itu kedelai juga mengandung hormon estrogen yang dapat mengakibatkan perubahan siklus haidh dan menyebabkan kemandulan. Jadi, tidak baik dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalani program kehamilan.

4. Kafein


Salah satu minuman yang banyak mengandung kafein adalah kopi. Kopi merupakan minuman yang mempunyai banyak penggemar, dan tidak heran jika kopi menjadi minuman terfavorit, khusunya di indonesia. Namun, bagi anda yang sedang menjalani program hamil harus rela tidak meminum kopi, dikarenakan kafein yang terkandung di dalamnya. Kafein dapat menimbulkan penyempitan pada pembuluh darah, sehingga dapat menghambat aliran darah yang akan menuju rahim dan sel telur akan mengalami kesulitan untuk bertahan.

Baca Juga : Berikut Daftar olah Raga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Dikandungnya


5. Merokok


Merokok memang tidak tergolong pada makanan dan minuman, namun asap rokok akan masuk ke dalam tubuh layaknya makanan dan minuman. Merokok akan mengakibatkan telur pada wanita lebih rentan terhadap kelainan genetic. Tidak hanya itu saja, merokok juga berpotensi terjadinya keguguran, kelahiran prematur dan kehamilan ektopik. Merokok seharusnya tidak dilakukan khususnya bagi wanita, karena akan mengakibatkan susah untuk hamil.

6. Terong


Jika anda sedang menjalani program kehamilan sebaiknya jangan konsumsi dulu terong. Terong mengandung zat solanin yang dapat menekan proses ovulasi, yang tentu saja hal ini akan menghambat terhadap kesuburan.

7. Alcohol


Pada saat menjalani program kehamilan, alcohol tidak hanya harus dihindari bagi wanita saja, namun pria juga harus berhenti mengkosumsinya. Senyawa yang terkandung pada alcohol akan menyebabkan menurunnnya jumlah produksi hormone esterogen dan testostron pada tubuh seseorang. Alcohol juga sangat berbahaya pada proses ovulasi. Pada pria, alcohol dapat menyebabkan perusakan terhadap sperma yang nantinya dapat menghambat proses pembuahan pada auterus. Jadi, jika anda benar – benar serius dengan program kehamilan yang sedang anda jalani, harus rela berhenti mengkonsumsi alcohol, agar perjuangan anda tidak sia – sia dan membuahkan hasil seperti apa yang anda inginkan.

0 Response to "7 jenis makanan yang Harus Dihindari Saat Menjalani Program Kehamilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel