8 Tips Yang Harus Dilakukan orang Tua Agar Anak Rajin Beribadah

Tumbuh sebagai pribadi yang cerdas, mandiri, dan rajin beribadah tentu itu menjadi idaman setiap orang tua. Namun, cara mewujudkannya butuh pengorbanan dan kerja keras yang sangat besar, dan tidak segampang membalikkan telapak tangan.

Melakukan ibadah khususnya sholat, dalam islam hukumnya wajib. Jadi, peran orang tua sangat penting dalam hal ini. untuk membentuk karakter anak agar ia rajin beribadah perlu pendidikan sejak dini. Oleh sebab itu, orang tua harus mejadi sosok yang sejuk dan lembut untuk membimbing si buah hati. Nah, di artikel kali ini kami akan memberikan tips khusus agar anak rajin beribadah.

8 Tips Yangharus Dilakukan orang Tua Agar Anak Rajin Beribadah


8 Tips Yangharus Dilakukan orang Tua Agar Anak Rajin Beribadah


1. Ajak anak untuk beribadah


Anak kecil ibarat kertas putih, tergantung orang tua ingin menuliskan apa pada kertas suci tersebut. Mengajak anak beribadah pada usia dini, merupakan hal yang sangat tepat untuk mengisi kertas putih tersebut. Biasakan anak untuk melihat sesuatu yang positif, karena itu akan sangat berpengaruh untuk membentuk karakter anak yang baik.

2.  Menanamkan rasa tanggung jawab


Untuk menanamkan rasa tanggung jawab terhadap anak sangatlah penting. Ajarkanlah dari sesuatu hal yang paling gampang, misalkan ajarkan untuk membereskan mainan setiap selesai bermain. Jangan lupa mengajari anak harus sesuia dengan umurnya dan cara berfikirnya. Dengan demikian anak akan mulai berfikir bahwa semuanya akan ada tanggung jawabnya termasuk jika meninggalkan sholat.

Baca Juga : Strategi Pembelajaran Di Luar Kelas Bagi Anak SD Agar Sistem Pembelajaran Tidak Membosankan

3. Membacakan dongeng menjelang tidur


Banyak manfaat yang bisa kita ambil jika telaten membacakan dongeng terhadap anak setiap menjelang tidur. Diantaranya, hubugan anak dengan orang tua akan semakin erat, dapat meningkatkan imajinasi anak, dan yang paling penting adalah secara tidak langsung orang tua dapat mendidik anak dengan hal – hal yang positif. Jadi, pilihlah dongeng yang berbau agama, seperti kisah 25 nabi dan rosul.

4. Jadilah vigur yang diidolai anak


Menjadi orang tua harus menjadi pribadi yang hangat, santun, penyayang terhadap anak. Dengan demikian anak mepunyai vigur yang dapat ia contoh dan orang tua akan gampang mengajari anak termasuk dalam hal ibadah.

5. Ajarkan anak untuk berkasih sayang


Dengan mengajarkan anak berkasih sayang sejak dini, anak akan lebih gampang berinteraksi dengan dunianya. Ajarkan kepada anak cara hidup berkasih sayang, baik terhadap orang tua, guru, teman dan pada alam sekitar.

6. Memberikan nasehat


Sekali – kali berilah nasehat terhadap anak, jika ia melakukan kesalah terlebih jika ia melupakan waktu untuk beribadah. Cara memberikan nasehat harus dengan cara lembut atau dengan cara membandingkan akibat dari perbuatan baik dan buruk, yang intinya nasehat tersebut dapat diterima dengan baik bagi si anak.

Baca Juga : Orang Tua Wajib Tau Batasan Usia Anak Boleh BerMedia Sosial agar tidak menyesal di kemudian hari

7. Biasakan hidup disiplin


Untuk menunjang agar anak tumbuh sebagai pribadi yang hebat, ajarkan disiplin sejak usia dini. Ajarkan dari rutinitas mereka seperti, disiplin melakukan ibadah, mengerjakan PR, mengatur jam tidur dan disiplin hidup sehat dan bersih.

8. Bermain dengan anak


Dengan meluangkan waktu untuk bermain dengan anak, orang tua akan lebih mengenal sifat dan karakter anak. Dengan demikian orang tua akan lebih gampang cara mengajari anak pada hal – hal positive termasuk cara beribadah dengan baik. Nah, buat orang tua, khususnya para ibu tidak perlu merasa sungkan dan gengsi untuk bermain dengan anak, menyenangkan hati anak untuk menciptakan suasana yang hangat, kekeluargaan tidak ada salahnya kan.

0 Response to "8 Tips Yang Harus Dilakukan orang Tua Agar Anak Rajin Beribadah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel