Berikut Daftar olah Raga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Dikandungnya

Olah raga memang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya dapat memepertahankan kebugaran tubuh, menormalkan tekanan darah, membakar kalori dalam tubuh, membuat metabolisme dalam tubuh meningkat dll. Namun, lain halnya dengan ibu hamil, tidak semua olah raga diperbolehkannya. Ada olah raga yang dilarang untuk ibu hamil tapi ada juga olah raga yang memang baik untuk ibu hamil bahkan dianjurkan.

Berikut Daftar olah Raga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Dikandungnya


Ada bayak manfaat yang akan didapatkan, jika wanita yang sedang hamil rutin berolah raga diantaranya, proses melahirkan lebih singkat dari waktu biasanya, punggung akan lebih kuat, memperkokoh tulang, memeprkuat otot – otot yang berfungsi saat melahirkan dll. Berikut beberapa jenis olah raga yang aman untuk ibu hamil.

Berikut Daftar olah Raga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Dikandungnya


1. Yoga


Yoga merupakan jenis olah raga yang berfungsi untuk mengurangi tekanan darah, membangun keseimbangan dan kekuatan, dan juga melatih pernapasan saat melahirkan. Jadi, olah raha jenis ini sangat aman buat ibu hamil.

2. Berjalan kaki


olah raga jalan kaki sangat baik dilakukan saat kandungan sudah mulai tua. Karena dengan sering berjalan kaki akan sangat membantu bayi berada pada posisi yang ideal. Jalan kaki juga bermanfaat untuk mendorong adanya kontraksi secara alami

Baca Juga : 5 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Agar Persalinannya Selamat Dan Lancar

3. Duduk dengan posisi kupu – kupu


Untuk memeprlancar saat persalinan, sebaiknya lakukan olah raga duduk dengan posisi kupu – kupu. Jenis olah raga ini sangat mudah dilakukan, cukup anda memilih tempat duduk yang kiranya anda dapat menyandar seperi dinding atau sofa yang berukuran luas, selanjutnya tekuk lutut ke samping hingga kedua telapak kaki saling bertemu, lalu tekuk lutut ke bawah guna untuk meregangkan paha, lakukan 5 – 10 menit dalam setiap harinya, jika anda mengalami kesulitan untuk melakukan olah raga ini, anda dapat meminta bantuan suami.

4. Mengangkat serta memiringkan punggul


Olah raga jenis ini dapat membantu mengencangkan otot dan juga dapat menjaga sendi panggul untuk tetap longgar sehingga sangat aman pada masa melahirkan. Olah raga ini dapat anda lakukan dirumah, dengan cara menekuk lutut sampai telapak kaki  menjejak lantai, dan jangan lupa gunakan alas yang nyaman agar anda tidak merasa kesakitan.

5. Mengulang antara jongkok dan berdiri


Jika anda menginginkan proses kelahiran yang normal serta aman, lakukanlah olah raga jenis ini. olah raga dengan cara mengulang jongkok dan berdiri dapat medorong bayi agar turun lebih rendah. Olah raga jenis ini apat dilakukan dengan cara berdiri dengan kaki dibuka kemudian turun perlahan hingga kemudian menghasilkan posisi menjongkok dan tahan kira – kira 30 detik kemudian berdiri lagi.

6. Senam jongkok


Umumnya senam ini dilakukan pada saat kandungan sudah memasuki usia tua. Untuk ibu hamil senam jongkok sangat bermanfaat untuk memperkuat otot paha dan otot panggul, sehingga dapat memperlancar saat persalinan nanti. Senam ini dilakukan dengan cara punggung berada pada posisi lurus, dan perlahan turunkan badan hingga berada pada posisi jongkok, lalu tahan  sampai 10 detik dan kembali ke posisi semula, lakukan sampai beberapa kali.

Baca Juga : Baca Empat Ayat Ini Agar Mudah Dalam Proses Melahirkan

7. Menari


Olah raga ini terbilang jenis olah raga yang cukup unik. Manfaat dari olah raga menari adalah untuk menghilangkan stres dan juga membantu tubuh untuk melepaskan hormone endorphine. Namun, dalam gaya olah raga menari anda tidak boleh mengambil gerakan yang ekstrim supaya tidak membahayakan janin yang ada dalam kandungan, cukup dengan mengabil gerakan yang sederhana.

0 Response to "Berikut Daftar olah Raga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Dikandungnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel