Biaya Listrik Mahal? Ini Cara Sederhana Yang Dapat Mengurangi Tagihan Listrik Anda

Pada zaman yang serba modern ini, listrik diibaratkan nyawa di dalam rumah. Tanpanya semua akan membengkak baik itu lampu, air, penggunaan alat elektronik dll. Tak heran jika mahalnya tagihan listrik kerap kali menjadi masalah, apa lagi bagi mereka yang mempunyai pendapatan pas – pasan.

Disadari atau tidak mahalya biaya listrik akan membuat anggaran bulanan menjadi bertambah. Oleh sebab itu, kita dituntut untuk lebih cerdas dalam pemakaian daya untuk segala perangkat listrik. Dan  penghematan penggunaan listrik tidak hanya menjadi tugas ibu saja, melainkan semua anggota rumah menjadi peran yang penting. Disini kami akan membagikan cara untuk menurunkan tagihan listrik yang mungkin dapat anda coba.

Biaya Listrik Mahal? Ini Cara Sederhana Yang dapat Mengurangi tagihan Listrik Anda


1. Jangan gunakan setrika yang tidak memiliki alat pengatur panas otomatis


Jika anda ingin membeli setrika, perhatikan dulu setrika tersebut memiliki alat pengatur panas secara otomatis atau tidak. Setrika yang tidak memiliki alat pengatur panas otomatis, listrik akan selalu mengalir sepanjang setrika kita gunakan. Bayangkan saja jika kita menggunakannya setiap hari, tentu tagihan listrik akan selalu membengkak.

2. Hindari penyimpanan makanan panas dalam kulkas


Menyimpan makanan panas dalam kulkas yang tujuannya agar cepat dingin atau dengan alasan lainnya akan membuat tagihanan listrik anda naik dengan drastis. Bagaimana tidak, kulkas akan menyedot daya listrik dengan lebih besar untuk mendinginkan makanan panas tersebut. Jadi, jangan terburu – buru memasukkan makanan ke dalam kulkas, cek dulu makanan tersebut sudah dingin atau masih panas.

Baca Juga : 5 Ide Usaha Yang Menjanjikan Yang Bisa Anda Lakukan Di Desa

3. Cabut colokan listrik dari soketnya jika sudah tidak diperlukan


Jangan lupa ketika suda selesai pemakain, segera cabut charnger handphone, laptop, dan untuk colokan kipas, mesin cuci, dan alat elektronik lainnya agar tidak menambah tagihan listrik bulanan anda.

Dan untuk pemakain alat elektronik yang tidak mungkin anda melepaskan colokannya seperti kulkas dan AC  jangan gunakan kontak ganda pada colokannya.

4. Gunakan lampu seperlunya saja


Kadang karena kebiasaan, kita sering menyalakan lampu walau di siang hari. Jika anda ingit menghemat listrik gunakan lampu pada waktu yang diperlukan saja. Dan matikan lampu pada saat tidur, karena selain dapat mengirit, pencahayaan waktu tidur juga tidak baik untuk kesehatan.

5. Menggunakan mesin cuci sesuai kapasitasnya


Tugas rumah yang begitu menumpuk sering kali menjadi alasan untuk menyelesaikannya dengan menggunakan jalan pintas. Tak terkecuali untuk masalah pakaian kotor. Sekilas kita akan terpikirkan jika memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci dalam jumlah banyak maka tugas akan lebih ringan dan cepat selesai. Namun kenyataannya pennggunaan mesin cuci seperti itu, tanpa harus mengukur kapasitas dari mesin cuci tersebut, akan membuat penggunaan listrik semakin meroket. Selain itu, mesin akan cepat rusak dan pakaian tidak bersih.

Baca Juga : Daftar Tanaman Yang Dapat Anda Tanam Di Dalam Rumah Walau Tanpa Sinar Matahari Dan Memiliki Segudang Manfaat

6. Hati – hati dalam penggunaan pipa air


Sering kita mengalami tangki air cepat habis tanpa mengeceknya terlebih dahulu. Kebanyakan jika air tangki lebih cepat habis, biasanya bermasalah dengan pipa air. Penyedotan air dengan waktu cepat akan meningkatkan penggunaan listrik. Tidak hanya itu saja, kerusakan pada pipa air akan membuat otomatis pada mesin air akan cepat rusak.

Nah, demikian beberapa tips untuk mengurangi tahihan listrik bulanan anda. Tidak sulit kok, asal kita mencoba untuk membiasakannya. Dan Semoga atikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

0 Response to "Biaya Listrik Mahal? Ini Cara Sederhana Yang Dapat Mengurangi Tagihan Listrik Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel