Strategi Cara Mengenal Karakter Anak Didik, Agar proses Belajar Mengajar Lebih Efektif

Syarat utama agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan adalah adanya komunikasi yang baik antara guru dan murid. Untuk mewujudkan komunikasi yang baik, seorang guru harus mengenal terlebih dahulu karakter para siswa, tentu setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda.

Demi kelancaran proses belajar mengajar, sorang guru dituntut untuk lebih kreatif, menyenangkan  dan juga profesional. Murid akan lebih gampang menyerap pelajaran, jika pelajaran tersebut disampaikan dengan cara yang kreatif dan juga menyenangkan. Lalu, apa saja strategi guru untuk lebih mengenal karakter anak didik? Berikut di bawah ini merupakan tips untuk mengenal karakter siswa.


Strategi Cara Mengenal Karakter Anak Didik, Agar proses Belajar Mengajar Lebih Efektif

1. Mengenal kepribadian siswa


Untuk lebih mengenal kepribadian siswa, guru harus lebih memperhatikan tingah lakunya, melakukan pendekatan psikologis, dan memberikan pertanyaan yang agak pribadi. Dalam melakukan pendekatan ini, guru harus melakukannya dengan cara yang arif dan bijaksana.

2. Menjadi sahabat mereka


Menjadi guru yang hangat dan menyenangkan, harus berhasil menjadi sahabat mereka. Untuk mewujudkannya, guru harus masuk pada dunia mereka, dengan cara ikut bermain dengan mereka dan mengajak bercanda. Setelah cara itu berhasil, mulailah memeberikan nasehat dan memeberikan solusi jika ada permasalahan.

Baca Juga : Tips Cara Mendidik Anak Pada Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Islami Agar Menjadi Anak Yang Shaleh

3. Jangan mempermalukan didepan umum


Jika memang anak tersebut melakukan sebuah kesalahan, jangan sampai guru memberikan hukuman yang dapat memalukan anak di depan umum. Cara ini dapat memberikan efek yang tidak baik kepada mental anak. Jika ingin menasehati anak, nasehatilah dengan cara yang hangat dan lembut, namun tidak mengurangi ketegasan.

4. Memperlakukan siswa dengan adil


Tidak semua siswa dikaruniai otak yang cerdas dan karakter yang penurut. Namun, guru harus menjadi penengah diantara keberagaman karakter tersebut, dengan cara selalu berlaku adil. Guru harus memperlakukan mereka dengan hangat dan bijaksana tanpa harus memandang ekonomi, prestasi, jenis kelamin dll.

5. Memberikan perhatian


Terkadang anak berbuat yang tidak sopan hanya untuk menarik perhatian dari guru. Oleh sebab itu, seorang guru harus mengerti apa sebenarnya yang diinginkan anak. Berikan perhatian terhadap mereka, agar anak tidak merasa dicuekin dan selalu merasa disayangi.

6. Melakukan pendekatan terhadap siswa


Jika anda melihat ada siswa atau beberapa siswa yang tidak terlalu senang dalam menerima mata pelajaran yang kita ajarkan, anda perlu melakukan pendekatan terhadap siswa tersebut. Ambillah simpati mereka, setelah itu ajaklah mereka berbicara darihati ke hati. Dengan demikian anda dapat mengenali mereka lebih dekat lagi dan tanyakan mengapa mereka tidak terlalu senang dengan mata pelajaran yang anda pegang. Jika memang caranya yang kurang menarik, berusahalah menjadi guru yang lebih kreatif lagi.

Baca Juga : Tips Mencari Sekolah Yang Terbaik Biar Gak Menyesal Dikemudian Hari

7. Jadilah sosok yang disukai siswa


Menjadi sosok yang di sukai siswa tidaklah mudah, anda harus lebih bekerja lebih keras lagi untuk mengambil simpati siswa. Ketika di sekolah guru harus berhasil mengambil peran dari seorang ibu bagi semua siswa, agar siswa tidak segan untuk menceritakan setiap permasalahan yang membuatnya tidak semangat dalam menerima pelajaran. Guru harus mengenal problematika anak, baik itu dalam aspek sikap, pembelajaran dan aspek lainnya. Dengan demikian guru akan gampang masuk terhadap dunia mereka. Dan jika guru mengetahui kekurangan siswa, janganlah  membongkar dan menceritakannya dihadapan siswa yang lain, agar mereka tida merasa malu dan kepercayaan siswa terhadap guru tersebut akan hilang.

0 Response to "Strategi Cara Mengenal Karakter Anak Didik, Agar proses Belajar Mengajar Lebih Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel