10 Jenis olah Raga Yang Aman Dan Tepat Untuk penderita Jantung Lemah

Olah raga memang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh manusia, selain dapat memperkuat tulang serta sendi – sendi, olah raga juga berfungsi membakar kalori sehingga lemak tidak tertimbun dibeberapa organ tubuh. Namun bagi anda yang menderita penyakit jantung atau jantung lemah tidak semua olah raga dapat anda lakukan, ada beberapa jenis olah raga yang memang aman dan tepat untuk penderita penyakit jantung.

10 Jenis olah Raga Yang Aman Dan Tepat Untuk penderita Jantung Lemah


Jantung lemah diakibatkan karena jantung gagal memompa darah dalam jumlah yang seharusnya cukup untuk kebutuhan metabolisme tubuh dan jantung akan bekerja dengan baik jika tekanan pengisian dinaikkan. Oleh sebab itu, tidak semua olah raga dapat dilakukan bagi penderita lemah jantung. Berikut dibawah ini beberapa jenis olah raga yang aman bagi penderita lemah jantung.

1. Bersepeda


Bersepeda merupakan olah raga yang cukup santai namun manfaatnya sangat luar biasa. Dengan mengayuh sepeda, secara otomatis semua anggota tubuh anda juga ikut bergerak. Selain untuk menyehatkan jantung yang lemah, bersepeda juga dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular yang mampu menyediakan energi yang lebih banyak dalam setiap harinya.

Baca Juga : Asam Lambung Sering Kambuh? Ini Cara Cepat Dan Alami Untuk Mengatasinya

2. Lari kecil


Melakukan aktivitas seperti lari kecil dalam setiap harinya baik di pagi hari maupun sore hari dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi penderita jantug lemah, salah satunya dapat melatih pernafasan sehingga dapat meningkatkan kerja jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh.

3. Berenang


Saat anda menggerakkan semua organ tubuh diatas air, secara tidak langsung semua anggota tubuh mengalami kelenturan sehingga dapat meningkatkan denyut jantung. Selain itu pernafasan saat anda berenang juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penderita jantung lemah.

4. Menari


Menari adalah jenis olah raga yang dapat merelekskan fikiran sehingga dapat memberikan semangat baru untuk melakukan aktivitas. Bagi penderita lemah jantung sebaiknya menari dengan gerakan yang santai dan sesuai dengan kemampuan, agar tidak membahayakan bagi kesehatan. Untuk melatih kesehatan jantung, sebaiknya menari dilakukan 120 – 135 denyut permenit.

Baca Juga : 10 Daftar Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Dan Menjaga Kesehatan Rahim Wanita


5. Yoga


Dalam olah raga yoga sangat dibutuhkan konsentrasi dalam pernafasan, sehinga dengan adanya konsentrasi yang tinggi, olah raga ini mampu membuat kerja jantung lebih rileks. Yoga juga sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan melenturkan otot. Jadi, khusus anda penderita jantung lemah masukkan yoga sebagai agenda rutinitas anda dalam setiap harinya, agar jantung anda kembali sehat.


6. Jalan santai


Selain lari kecil, jalan santai juga sangat dianjurkan bagi penderita lemah jantung, karena dapat meningkatkan kinerja jantung secara normal  dan melatih kebugaran tubuh.  Olah raga ini merupakan olah raga yang paling ringan dan tidak bermodalkan apa – apa dan dapat dilakukan di mana saja. Olah raga ini paling baik jika dilakukan dipagi hari sambil menghirup udara segar.

Selain melakukan berbagai olah raga di atas, penderita penyakit jantung juga dilarang untuk melakukan olah raga pada mala hari, karena pada saat itu merupakan waktu jantung beristirahat dan mengumpulkan stamina untuk keesokan harinya. selain itu, penderita lemah jantung juga harus menghentikan olah raga jika tubuh merasakan sakit, dan jangan membiarkan tubuh menjadi terlalu lelah. Karena hal yang demikian hanya akan membuat jantung anda semakin tidak sehat. Dan semoga apa yang kami tulis dalam artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi semua. 

0 Response to "10 Jenis olah Raga Yang Aman Dan Tepat Untuk penderita Jantung Lemah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel