10 Manfaat Berenang Bagi Pertumbuhan Bayi Yang Perlu Anda Ketahui

Berenang merupakan salah satu olah raga yang paling digemari, tidak hanya orang dewasa bahkan anak anak. Banyak sekali tersedia wahana wisata kolam renang tidak hanya menyediakan fasilitas bagi orang dewasa tapi juga buat anak anak. Lalu bagaimana dengan bayi? Apakah renang memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhannya? Ini perlu untuk diketahui agar tidak salah nantinya.

Mungkin sebagian orang merasa ketakutan untuk mencobanya karena kalau tidak hati hati bisa berbahaya. Atau bahkan khawatir anaknya kedinginan karena kondisi suhu kolam yang dingin. Ketakutan ini adalah hal yang wajar mengingat bayi belum bisa melakukan apapun dan rentan terhadap penyakit. Tapi anda jangan kawatir tidak perlu merasa takut yang berlebih karena pada dasarnya bayi sudah memiliki kemampuan berenang sejak dalam kandungan.

10 Manfaat Berenang Bagi Pertumbuhan Bayi Yang Perlu Anda Ketahui


Lalu umur berapa bayi boleh berenang? Anda bisa mencobanya ketika bayi anda sudah berumur 2 bulan. Tapi sebelum mencobanya anda harus pastikan siapa saja yang berenang disana mengingat kondisi bayi yang rentan terhadap penyakit. Atau bisa anda coba dirumah dengan membeli kolam plastik yang biasa dipakai anak anak. Anda bisa menggunakan alat alat pembantu seperti Neckring atau pelampung leher, tapi anda harus memastikan cara penggunaannya sudah benar.

Ternyata berenang memiliki manfaat yang besar bayi terutama untuk tumbuh kembangnya. Ini beberapa manfaatnya :

1. Percaya Diri


Sama halnya dengan anak anak dan orang dewasa, berenang bisa menambah kepercayaan diri mereka. Demikian juga dengan bayi dengan mengajarinya berenang orang tua sudah membangun kepercayaan dirinya sejak dini.

2. Melatih Keseimbangan


Berenang dapat membantu bayi menumbuhkan koordinasi dan keseimbangan saat berada dalam air, walaupun mungkin tidak terlihat oleh anda tapi dia mencoba mempertahankan keseimbangan. Secara keseluruhan bayi yang banyak berenang memiliki keseimbangan lebih baik dibanding dengan yang tidak melakukannya sama sekali.

3. Membangun Otot Bayi


Saat berada di air, bayi akan bergerak lebih banyak di banding dalam keadaan biasanya, inilah yang akan membentuk otot otot bayi lebih sehat dan kuat.

4. Jalinan Kasih Orang Tua Dan Bayi


Bayi belum bisa melakukan apapun apalagi diatas air, tentunya mereka banyak memerlukan bantuan anda, dan inilah momen dimana anda memberikan perhatian yang lebih membantunya untuk berenang dan bayi anda akan merasakan jalinan kasih anda.

5. Mempekuat Bayi Anda Dari Dalam


Berenang dapat memperkuat bayi anda dari dalam, otot dan sendi sendi mereka akan bergerak aktif dengan begitu organ organ dalampun akan tersokong menjadi lebih sehat.

6. Meningkatkan Nafsu Makan


Bagi bayi berenang di air juga merupakan salah satu olah raga yang tentunya juga mengurangi energi dan menyebabkan mereka lapar. Sebaiknya anda menyediakan susu atau makanan saat membawanya berenang, dan memberikannya setelah selesai melakukannya.

7. Menyehatkan Jantung Dan Paru Paru Bayi


Mungkin anda bisa melihat keaktifan bayi saat ada di air, mereka akan berteriak teriak kegirangan sehingga mereka lebih banyak bergerak dan ini membantu jantung dan paru parunya lebih sehat

8. Membuat Bayi Anda Nyaman Dalam Istrihatnya


Setelah berenang mengurangi energi mereka tentunya bayi anda akan lebih nyenyak tidur dibanding sebelumnya. Apalagi bayi bayi berenang di air sama dengan spa yang membuat tubuh mereka merasakan rileksasi.

9. Meningkatkan Kecerdasan Pada Bayi Anda


Ketika tubuh mereka sehat secara jasmaninya luar dan dalamnya tentunya akan membuat tumbuh kembang otaknya akan semakin baik.

0 Response to "10 Manfaat Berenang Bagi Pertumbuhan Bayi Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel