10 Pondok Pesantren Terbaik Dan Terbesar Di Indonesia Yang Bisa Jadi Pilihan Memondokkan Anak

Pesantren merupakan lembaga pendidikan khusus untuk memperdalam ilmu agama. Lembaga pendidikan ini telah mengakar di Indonesia bahkan sebelum kemerdekaan, yang dimulainya penyebaran agama Islam di Indonesia. Pondok pesantren kini telah tersebar hampir merata di seluruh daerah di Indonesia dari pelosok hingga perkotaan, dari mulai yang kecil hingga ada yang terbesar bahkan diantara anda yang masuk dalam kriteria terbaik.

Saat ini pesantren sudah banyak yang tidak hanya fokus megajarkan pendidikan agama Islam saja tapi juga ilmu keduniaan atau yang lebih dikenal dengan Pondok Pesantren Modern. Lembaga pendidikan ini bisa jadi pilihan anda untuk putra dan putri anda. Terlebih dengan kondisi zaman yang tidak karuan seperti saat ini, dengan pergaulan yang begitu bebas. Sudah banyak contoh lulusan Pondok Pesantren yang menjadi tokoh penting di di Indonesia ini seperti K.H Abdurrahman Wahid, K.H Hasyim Muzadi dan  banyak tokoh tokoh lainnya.

10 Pondok Pesantren Terbaik Dan Terbesar Di Indonesia


Beriku ini nama pondok pesantren terbaik dan terbesar yang ada di Indonesia, sudah tentu keilmuan juga yang terbaik. Hal ini bisa diliihat dari lulusannya yang benar benar mumpuni keilmuannya :

1. Pondok Pesantren Sidogiri



Siapa yang tidak kenal dengan pesantren Sidogiri, Alumninya sudah tersebar diseluruh Indonesia bahkan banyak yang ada diluar negeri. Lokasi pesantren ini ada di Pasuruan Jawa Timur. Pondok Pesantren ini termasuk pondok pesantren tertua, bahkan didirikan jauh sebelum kemerdekaan Indonesia yaitu pada tahun 1745. Pendirinya bernama Sayyid Sulaiman bersama Kiyai Aminullah.

Kurikulum di pesantren ini masih menganut pendidikan salaf murni yang fokus mengkaji ilmu agama. Walaupun begitu pesantren ini terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pondok pesantren yang terbesar yang ada di Indonesia. Selain itu pondok pesantren ini terkenal dengan kemandirian finansialnya yang memiliki berbagai bisnis dari mulai ritel hingga lembaga keungan dan mayorita pengelolanya adalah alumniniya sendiri.

2. Pondok Pesantren Modern Gontor



Pondok pesantren Gontor adalah model mondok pesantren modern yang ada di Indonesia. Alumninya juga banyak yang menjadi orang penting. Pondok pesantren  ini terletak di Ponorogo Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh 3 kiyai yang masih saudara yang semuanya putra dari Kiyai Santoso Anom Besari, yaitu K.H Ahmad Sahal, K.H Zainudin Fananie, dan K.H Imam Zarkasy.

Pondok Pesantren Gontor menjadi pelopor modernisasi sistem pendidikan yang dipakai pondok pesantren selama ini, dan kesuksesannya menjadi daya terik bagi pesantren lainnya, terutama pondok pesantren yang didirikan oleh alumninya. Kedisiplinan yang diterapkan di pondok ini sangat tinggi dengan menerapkan pembiasaan bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam keseharian. dan ini menjadi ciri khas pondok pesantren ini.

Baca Juga : Latar Belakang Mengapa Hari Santri Nasional Dilaksanakan Tanggal 22 Oktober Yang Harus Kamu Tahu.

3. Pondok Pesantren Lirboyo



Pondok Pesantren Lirboyo termasuk salah satu pesantren terbaik yang ada di Indonesia, didirakan oleh Kiyai Sholeh jauh sebelum kemerdekaan Indonesia yakni pada 1910 . Bahkan pesantren ini pernah ikut andil dalam perang kemerdekaan dengan mengirim santrinya dalam peperangan 10 November 1945 di Surabaya yang sudah ditetapkan menjadi Hari Pahlawan Nasional. Pesantren ini terletak Desa Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kediri. Model pendidikan di pondok pesantren ini memadukan pendidikan salaf dan modern.

4. Pondok Pesantren Langitan Tuban



Pondok pesantren Langitan termasuk salah satu pesantren tertua selain pesantren Sidogiri. Pesantren ini didirikan pada tahun 1982 M. Pimpinan pertama pondok pesantren ini adalah Kyai Abdullah Faqih salah satu Ulama' kharismatik yang disegani. Pondok Pesantren langitan terletak di  Dusun Mandunigan Desa Widang Kecamatan Widang Tuban Jawa Timur ini menempati luas areal sekitar 7 Hektar. . Walaupun berada dipedesaan pondok pesantren mudah dijangkau kendaraan umum.  Pesantren ini terkenal dengan Nasyidnya bahkan pernah popoler di Indonesia.

Awalnya pondok pesantren langitan ini hanya menempati mushalla kecil yang diasuh oleh K.H Muhammad Nur, beliau mengajak masyarakat dan keluarganya bahu membahu membangun pesantren dan akhirnya tumbuh pesat hingga saat ini. kata langitan di ambil dari kata "Plang" dan "Wetan", Plang artinya papan nama sedangkan Wetan adalah Timur artinya Timur Pulau Jawa.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menjadikan Keluarga Sebagai Sentral Pendidikan Islami bagi Anak?

5. Pondok Pesantren Nurul jadid Probolinggo



Pesantren ini dirikan 5 tahun setelah kemerdekaan Indonesia yaitu pada tahun 1950 M. Lokasi pondok pesantren ini berada di Desa Karanganyar, Kecamatan paiton, Kabupaten Probolinggo, Provinsi jawa Timur dengan pendirinya bernama KH. Zaini Munim.

Pada awalnya kedatangan KH. Zaini Munim datang ke Karanganyar bukan untuk mendirikan pesantren tapi untuk mengasingkan diri dari kekejaman kolonial Belanda. Namun dirinya mendirikan pesantren setelah mendapatkan isyarah dari KH. Hasan Sepuh Genggong. Awalnya ada dua nama yang disodorkan kepada KH Zaini yaitu nama Nurul Jadid Dan Nurul Hadist, Tapi atas saran 2 Ulama akhirnya terpilihlah Nurul Jadid ( Cahaya baru ) menjadi nama pesantrennya.

6. Pondok Pesantren Tebuireng



Pondok Pesantren Tebuireng merupakan pondok pesantren terbesar yang ada di wilayah Jombang. Pesantren ini didirikan oleh KH. Hasyim Asy'ari salah satu pendiri Nahdhatul Ulama (NU) pada tahun 1988 M. Kakek dari KH Aburrahman Wahid ini dikenal sebagai ulama' yang kharismatik dan disegani. Keberadaan pesantren ini sudah banyak memberikan kontribusi kepada masayarakat luas dibidang pendidikan. Alumninya tersebar diseluruh pelosok negeri.

7. Pondok Pesantren Daar El-Qolam



Jika anda bertanya pondok terbesar yang ada di Banten jawabannya adalah Pondok Pesantren Daar El-Qolam, bayangkan saja pada tahun 2009 saja pesantren ini memiliki santri 4 ribuan lebih. Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1968. Pendirinya bernama H. Qasad Mansyur dan Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief. Pesantren ini terletak di Kampung Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Pondok pesantren ini menganut pendidikan modern yang tidak hanya mengajarkan kitab kitab klasik saja tapi juga pelajaran umum. Pada awal berdirinya hanya ada 22 santri saja.

8. Pondok Pesantren Darunnajah



Pondok Pesantren Darunnajah merupakan salah satu pesantren terbesar yang ada di Jakarta, terletak di Jalan Ulujami Raya, nomor 86, Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta. Pesantren ini didirikan oleh (Alm) KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan dua rekannya (Alm) KH. Qomaruzzaman dan KH. Mahrus Amin. Jumlah santrinya sekitar 10 ribu yang dengan cabang yang tersebar di 17 lokasi di Indonesia.

9. Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin 



Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH Badawi Hanafi pada tahun 24 Nopember 1925 termasuk salah satu pondok pesantren tertua yang ada di Indonesia. Pesantren ini terletak di Desa Kesugihan Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap.Pesantren ini juga dikenal dengan nama Pesantren kesugihan. Pada awal pertamakali berdiri pesantren ini hanya bertempat di  sebuah Mushalla atau Langgar yang dikenal dengan "Langgar Duwur" Mushalla peninggalan ayahnya KH. Fadil yang kemudian pesantren berkembang dan maju seperti saat ini.

10. Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan Lombok



Pondok pesantren ini termasuk salah satu pesantren modern dan maju yang ada di Indonesia tepatnya Anjani, Suralaga, Anjani, Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pesantren ini didirikan oleh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid pada tahun 22 Agustus 1934, pendirian ini atas perintah dari gurunya, Syaikh Hasan Muhammad al-Masysyath (Mekkah). Pada awalnya pesantren ini hanya khusus pria saja tapi dengan berjalannya waktu pesantren ini juga membuka pesantren untuk kaum wanita.

Itulah 10 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar, sebenarnya masih banyak pondok pesantren yang terbaik yang tidak disebutkan disini. Namun yang terpenting bukan masalah besar dan tidaknya pondok pesantren di mana anak anda mondok tapi bagaiman motivasi belajar. Jika pondoknya besar dan terbaik tapi anak anda malas belajar lebih baik mondok di pesantren yang kecil namun rajin belajar.

0 Response to "10 Pondok Pesantren Terbaik Dan Terbesar Di Indonesia Yang Bisa Jadi Pilihan Memondokkan Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel