5 Doa Dalam Perjalanan Agar Diberi Keselamatan Hingga Sampai Ketujuan

Dalam sehari kari kita tidak akan lepas dari yang namanya berpergian baik jauh maupun dekat. Ada banyak keperluan yang harus kita lakukan diluar sana. Di zaman saat ini berpergian tidak bisa dilepaskan dengan transportasi entah itu sepeda motor, mobil, kapal, maupun pesawat. Tentunya kita berharap selamat hingga tujuan. Resiko kecelakaan itu pastilah menghentui siap saja yang melakukan perjalanan baik dengan transportasi maupun tidak, namun kita haruslah meminta tolong dan memasrahkan kepada yang mengatur semuanya yakni Allah SWT.

Islam telah mengatur semuanya bahkan hingga melakukan perjalanan. Ada banyak doa dalam perjalanan yang diajarkan dalam agama Islam baik yang bersumber dai Al-Quran maupun Al-hasit. Doa doa ini sudah diajarkan sejak kita masiih kecil saat kita mengaji dulu. Tapi sayangnya banyak diantara kita yang melupakannya. Padahal jika kita memanjatkan doa kepada Allah insya Allah kita akan berada dalam lindungannya dan akan dijauhkan dari mara bahaya.

5 Doa Dalam Perjalanan Agar Diberi Keselamatan Hingga Sampai Ketujuan


Tradisi membaca doa sebelum melakukan perjalanan sebaiknya diterapkan diberbagai transportasi umum. Tidak usaha risau dengan perbedaan agama yang ada biarkan mereka berdoa dengan keyakinan masing masing. Islam berdoa dengan ajaran yang diajarkan dalam agama Islam, kristen juga begitu dan demikian juga dengan agama lainnya. Kalau budaya berdoa ini kita terapkan di berbagai angkutan umum isnya Allah semuanya akan memanjatkan doa secara bersama sama. Dan kalaupun terjadi kecelakaan berarti sudah takdir yang ditentukan oleh Allah. Tapi insya Allah kita akan mati dalam keadaan yang baik karena sebelum meninggal kita ingat akan Allah.

Nah Inilah 5 Doa yang biasa diajarkan dalam Islam :


Doa doa ini adalah doa yang lumrah atau umum dipanjatkan oleh umat Islam yang bersumber dari alqur'an dan Al-Hadist. Kami sudiah menyediakan dalam versi arab dan latinnya serta maknanya. Silahkan anda biasakan membacanya ketika akan berpergian.

1. Doa ini dipanjatkan saat keluar rumah



بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Yang artinya “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.


2. Selanjutkan panjatkan doa ini


اَللَّـهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّـفَرِ وَ الْـخَلِيْفَةُ فِـى اْلاَهْلِ, اَللَّـهُمَّ إِنِّى اَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الضَّبْنَةِ فىِ السَّفَرِ وَ الْكَابَةِ فىِ الْـمُنْقَلَبِ , اَللَّـهُمَّ اطْوِلَنَا اْلاَرْضَ وَهَوِّنْ عَلَيْنَا السَّفَرَ

“Allahumma antash shaahibu fis safar, wal khaliifatu fil ahli.  Allahumma inniy ‘audzu bika minadl dlabnah fis safar, wal kaabati fil munqalabi; Allahummathwilanaal ardla, wa hawwin ‘alainaas safar”. 

Artinya : Ya Allah, Engkaulah sebagai teman dalam perjalanan, sebagai pengganti bagi keluarga.  Ya Allah, aku berlindung dari berteman dengan orang yang tidak berguna dalam perjalanan, dan beroleh kekecewaan di waktu pulang nanti”.  Ya Allah, dekatkanlah bagi kami jarak bumi, dan mudahkanlah perjalanan kami”).  Dan jika hendak kembali, beliau saw mengucapkan, “Ayyibuuna taaibuna, ‘aabiduuna li rabbinaa haamiduun”.(Kami kembali pulang, beribadah dan bersyukur kepada Rabb kami”. [HR. Imam Ahmad, Thabaraniy, dan Bazzar]

3. Doa ini dibaca ketika akan menaiki kendaraan



سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هذَاوَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

“Subhaanal ladzii sakhkhara lanaa haadzaa, wamaa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun”

Yang artinya: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

4. Doa ini dibaca ketika hendak berangkat 



بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

"Bismillahilladzii Layadhurru maaismihi syaiun fil ardhi wala fissama' wahuassamiul 'aliim"

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)” (HR. Abu Daud & Tirmidzi).

5. Kemudian baca takbir 3 x lalu bacalah doa berikut :



سُـبْحَانك لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ , قَدْ ظَـلَمْتُ نَفْـسِى, فَاغُـفِرْ لِـى, إِنَّهُ لاَ يَغْـفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

“Subhaanaka laa ilaha illa anta, qad dzalamtu nafsii, faghfir liy, innahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”. 

Artinya : Maha Suci Engkau, tiada Tuhan melainkan Engkau, aku telah menganiaya diriku sendiri, maka ampunilah aku, karena, sesungguhnya tiadalah yang dapat mengampuni dosa itu melainkan Engkau [HR. Ibnu Hibban]

Nah itulah 5 doa dalam perjalanan yang diajarkan dalam Islam, semoga perjalananmu selamat. Dan jangan lupa sebelum melakukan perjalan terutama perjalanan jauh untuk mengecek kendaraan terlebih dahulu jika ada yang kurang beres sebaiknya anda gunakan kendaraan umum atau bawa kebengkel terlebih dahulu.

0 Response to "5 Doa Dalam Perjalanan Agar Diberi Keselamatan Hingga Sampai Ketujuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel