Airplane Mode ? Benarkah Menyalakan Handphone Bisa Membahayakan Pesawat ?

Mungkin anda semua menyadari bahwa di handphone anda memiliki menu Airplane Mode dengan icon pesawat. Jika anda mengaktifkan mode ini beberapa perangkat penting di handphone anda akan dinonaktifkan seperti signal, Bluetooth, Wifi itu sama saja handphone anda tidak bisa difungsikan. Saat ini hampir semua perangkat teknologi memiliki fitur ini seperti Laptop, Tablet dan beberapa perangkat lainnya. Lalu mengapa menu ini begitu penting?

Airplane Mode ? Benarkah Menyalakan Handphone Bisa Membahayakan Pesawat ?

Benarkah menghidupkan handphone bisa membahayakan penerbangan?


Mungkin banyak yang penasaran dengan pertanyaan ini, tapi jika anda ingin mendapatkan jawaban yang memuaskan anda bisa mendapatkan dari mereka yang benar benar ahli dibidangnya, tapi itu mungkin sulit menemukannya kecuali anda memiliki keluarga atau rekanan yang bekerja sebagai mekanis pesawat. Tapi beberapa penjelasan para ahli yang memahami tentang ini telah kami rangkum dari beberapa sumber di internet dan mungkin bisa sedikit mengobati rasa penasaran kita. Yuk simak ulasannya !

Sumber pertama didapatkan dari  sebuah jawaban seorang pilot anonim di situs Qoura, sebuah situs yang mirip dengan Yahoo Answer. Menurutnya handphone yang dinyalakan mungkin bisa menggangu beberapa pilot dan pengendali lalu lintas udara, tapi kemungkinan besar mereka tidak akan mengambil tindakan apapun terhadap anda. Dirinya mengaku mendengar suara suara aneh di radio saat terbang yang berasal signal handphone yang aktif, tetapi itu tidak berbahaya hanya saja membuat dirinya sebal ".  Bagaimana sudah paham kan ? tapi saya kira ini belum cukup perlu ada refrensi lain yang lebih akurat.

Kali ini kita mengambil sumber refrensi dari Kompas.com, Penelitian yang dilakukan oleh produsen pesawat Boeng 2000 dan Otoritas Penerbangan Federal AS tahun 2012 tidak bisa menemukan keterkaitan antara kecelakaan penerbangan dengan ponsel. Hal senada juga disampaikan oleh Direktur eksekutif AMTA Chris Althaus, dia mengatakan tidak ada bukti yang pasti yang menyatakan bahwa ponsel bisa mempengaruhi sistem yang ada di dalam pesawat ?. Nah jadi sudah jelas ya, jika melihat jawaban dari dua sumber tersebut jadi kurang benar kalau ada isu pesawat meledak lantaran karena ponsel.


Lalu Kenapa Setiap Handphone Ada Mode Airplane ?


Dikutip dari Skylibrarys.wordpress.com pelarangan menyalakan handphone di dalam pesawat bukan lantaran karena bisa mengganggu kepada system didalam pesawat, tapi karena signal yang dipancarkan oleh handpone dapat menggangu komunikasi dan navigasi. Kita tau bahwa selama penerbangan pilot selalu berhubungan dan memperhatikan air controller yang ada didarat dan juga radar. Pesawat juga sama dengan lalu lintas yang ada didarat yang bisa berpapasan, terbang diatas maupun dibawah pesawat lain dan semua pemantauan ini menggunakan gelombang radio.

Jadi gimana sudah jelas ya, bahwa pelarangan penggunaan handphone di pesawat lantaran karena  bisa menggangu komunikasi dan navigasi yang digunakan para pilot. Dan pelarangan sudiah tertuang  dalam instruksi Direktur Keselamatan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan melalui surat No. AU/4357/DKP.0975/2003 tentang larangan penggunaan ponsel di dalam pesawat udara.

Demi keselamatan bersama maka anda harus patuh, aktifkan mode Airplane pada handphone anda atau kalau perlu dimatikan saja. Ikuti dan taati apa yang diintruksikan oleh para pramugari karena ini demi keselamatan bersama. Buang jauh jauh ego anda karena jika terjadi kecelakaan nyawa taruhannya.

0 Response to "Airplane Mode ? Benarkah Menyalakan Handphone Bisa Membahayakan Pesawat ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel