Awas, 7 Tempat Bagian Tubuh ini Ternyata Menjadi Sarang Kuman Dan Bakteri, Harus Sering Di bersihkan

Tahukah anda jika pada tubuh kita ada banyak tempat yang menjadi sarang kuman dan bakteri. kuman dan bakteri yang ada pada bagian tubuh kita adalah salah satu penyebab mengapa seseorang sering mengalami sakit, seperi flu, diare dll. tempat yang menjadi sarang kuman tidak hanya cukup dengan mandi 2 kali sehari saja, namun tempat tersebut perlu penanganan yang lebih khusus.

Awas, 7 Tempat Bagian Tubuh ini Ternyata Menjadi Sarang Kuman Dan Bakteri Harus Sering Di bersihkan


Demi menjaga kesehatan dan agar terhindar dari penyakit, khususnya yang disebabkan oleh kuman dan bakteri, sangat penting bagi kita mengetahui bagian tubuh mana saja yang menjadi sarang kuman. nah,  berikut ini merupakan beberapa bagian tubuh yang menjadi sarang kuman.

1. Kuku


memanjangkan kuku memanglah bukan sebuah kesalahan, selama kita mampu menjaga kebersihannya. namun, sebaiknya kita tidak memanjangkan kuku dan memotongnya secara teratur, karena kuku menjadi sarang kuman hingga ratusan.

2. Ketiak


mengapa ketiak sering kali memunculkan bau yang tidak sedap? kondisi tersebut disebabkan karena ketiak merupakan sarang kuman, dan mempunyai kondisi yang lembab serta berlipat. jadi, gunakan perawatan khusus misalkan dengan menggunakan deodoran atau menggunakan bahan alami, seperti menggunakan daun sirih.

3. Telapak Tangan


telapak tangan merupakan bagian tubuh yang sangat terbuka dan sering bersentuhan dengan benda – benda lain. jadi, tidak heran jika bagian tubuh ini tergolong bagian tubuh yang berpotensi menjadi sarang kuman. “mencuci tangan sebelum makan”, bukanlah sebuah kalimat untuk anak kecil saja, namun harus kita terapkan agar kuman dan bakteri tidak masuk dalam tubuh kita lewat makanan yang kita konsumsi.

4. Hidung


hidung merupakan menjadi bagian dari tubuh yang kerap kali menjadi tempat berkembangnya kuman. hal ini disebabkan karena hidung merupakan saluran pernafasan paling utama serta menjadi keluar masukya oksigen dari dalam tubuh. nah, jangan lupa bersihkan hidung juga ketika mandi, agar bakteri dan kuman tidak menumpuk.

Baca Juga : Masalah Kulit Yang Sering Terjadi Pada Remaja Dan Cara Mengatasinya Dengan menggunakan Bahan Alami

5. Mulut


mulut merupakan tempat kita mengunyah makanan dan juga tempat awal bagi makanan dan minuman sebelum masuk pada tenggorokan hingga perut. kuman yang ada pada mulut bisanya, bersembunyi di sela – sela gigi. oleh sebab itu, gosokklah gigi sebelum tidur, agar kuman tidak menemani kita ketika tidur.

6. Rambut


rambut  yang dibiarkan terurai, menjadi kesempatan kuman untuk berkembang biak. jadi, tidak heran jika rambut sering menjadi lepek dan tidak sehat. mencuci rambut dua hari sekali sepertinya menjadi solusi yang paling efektif untuk menjaga kesehatan rambut agar terbebas dari kuman.

7. Lidah


selain mulut dan gigi, lidah juga merupakan sarang kuman. pernahkah anda melihat saat lidahmu berubah menjadi keputihan? kondisi tersebut disebabkan karena banyaknya kuman yang menumpuk pada lidah. lidak dapat dibersihkan dengan kerokan yang memang khusus untuk perawatan kesehatan pada lidah.

8. Kulit kepala


seperti halnya ketiak, kulit kepala juga merupakan bagian tubuh yang lembab dan berminyak. jadi, sangat cocok bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. jika bakteri dan kuman sudah bersarng di kulit kepala maka akan muncul ketombe yang menyebabkan kulit kepala menjadi gatal dan rambut mudah rontok.

Baca Juga : 7 Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Sering Menggunakan Headset Saat Sedang Tidur

9. Pusar


pusar merupakan tempat berlubang dan ada berada bagian tengah dalam bentuk tubuh manusia. karena pusar merupakan tempat berlubang, hal ini yang menjadi alasan mengapa kuman dan bakteri betah pada tempat ini. pusar yang menjadi sarang kuman, seringkali mngeluarkan aroma yang tidak sedap. cara membersihkan pusar pun harus dengan hati – hati karena dapat menimbulkan infeksi.

10. Pantat


bagian tubuh terakhir yang menjadi sarang kuman adalah pantat. pantat berada pada posisi berada dekat dengan fases saat buang air besar. membersihkan pantat setiap selesai buang air besar sangatlah penting agar tidak ada kesempatan bagi  kuman untuk bersarang di sana.

demikianlah beberapa anggota tubuh yang sangat berpotensi menajadi sarang kuman. sekalipun bagian – bagian tubuh tersebut menjadi kelihatan bersih setelah mandi, namun harus tetap membutuhkan perawatan yang lebih khusus dari sekedar mandi. dan semoga artikel ini menanmbahkan wawasan anda tentang kesehatan dan lebih menjaga kebersihan.

0 Response to "Awas, 7 Tempat Bagian Tubuh ini Ternyata Menjadi Sarang Kuman Dan Bakteri, Harus Sering Di bersihkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel