Berikut Beberapa Tips Mengatasi Anak Tidak Mau di Tinggal di Sekolah

Ketika sudah sampai pada umur dimana anak sudah selayaknya belajar di sekolah, tentunya hal ini membuat si anak asing di dunia barunya. di dunia sekolah tentunya banyak sekali hal hal baru yang perlu dia ketahui dan ada beberapa masalah juga yang bakal di hadapi anak. diantaranya adalah rasa takut kepada dunia barunya dan rasa gelisah karena berpisah dengan orang tuanya sehingga anak minta di tunggu di sekolah.


Berikut Beberapa Tips Mengatasi Anak Tidak Mau di Tinggal di Sekolah

Hal tersebut bisa saja terjadi pada si anak karena anak terlalu sering di manja dirumah, dan mungkin anak sering dibohongi sehingga membuat psikologi anak tidak baik yang mengakibatkan anak tidak berani untuk mencoba segala hal baru di dunia sekolahnya. bisa jadi orang tua jarang memberikan kesempatan kepadanya untuk mandiri dan melakukan segala bentuk aktivitas yang dia ingin lakukan.anak yang demikian akan merasa asing di sekolah dan biasanya anak menangis di tinggal di sekolah

Baca Juga : Strategi Cara Mengenal Karakter Anak Didik, Agar proses Belajar Mengajar Lebih Efektif
apapun alasannya, membohongi anak tetaplah bukan cara yang tepat untuk membuat anak betah di sekolah. pada awal sekolah si anak, orang tua tetap perlu ada di sekolah, sehingga jika anak mencari, dia bisa melihat orang tuanya disana. beda halnya jika dia di bohongi misal dengan cara pergi diam-diam maka anak akan sulit lagi untuk percaya sama orang tua. 
Mengatasi anak di hari pertama sekolah sebenarnya bukan hal yang sulit, orang tua perlu memberikan pengertian kepada anak betapa pentingnya belajar dan bermain di sekolah. dimana disana anak akan menemukan guru-guru yang baik dan teman bermain yang baik. dengan demikian orangtua bisa melepaskan anak sedikit demi sedikit di sekolah tanpa minta ditunggu.
Untuk mengatasi anak takut masuk sekolah, berikut cara yang bisa bunda lakukan :
1. Rasa Empati, orang tua hendaknya mendengarkan keluh kesah dan kekhawatiran anak takut untuk masuk sekolah atau tidak berani ditinggal di sekolah. jangan sampai bunda memarahinya tau bahkan membentaknya. karena dengan orang tua ber Empati padanya anak akan mengungkapkan segala yang dia rasakan kepada orang tua sehingga orang tua bisa lebih muda mengatasinya. penting sekali bagi anak untuk merasa bahwa dirinya amat disayangi orang tua bahkan dengan cara di sekolahkan itu merupakan bentuk rasa sayang orang tua pada anak.

Baca Juga : 8 Tips Yang Harus Dilakukan orang Tua Agar Anak Rajin Beribadah
2. Berikan anak Pujian, Pujian bukan hanya berlaku pada sepasang kekasih saja tetapi juga penting bagi orang tua terhadap anak. pujian merupakan hal positif yang dapat menanamkan energi positif pada diri anak. dalam kasus ini, bikin anak mengerti bahwa bunda sangat bangga memiliki anak seperti dia yang pemberani dan pintar apalagi jika dia mau ditinggal di sekolah untuk belajar demi masa depannya kelak. maka anak akan senang belajar di sekolah. 
3. Berikan pengertian kepada anak tentang pentingnya sekolah, Memberikan pemahaman tentang bagaimana sekolah, apa manfaatnya dan apa akibatnya jika tidak bersekolah hal ini merupakan hal penting dalam membuat anak mau ditinggal di sekolah. bikin anak mengerti kalau sekolah sebagai tempat yang sangat menyenangkan sekaligus banyak teman bermain disana.
Untuk lebih mendapatkan hasil yang lebih baik lagi selain menerapkan 3 cara diatas, penting juga kepada orang tua berdoa agar anak mau ditinggal di sekolah supaya dapat melembutkan hatinya serta menjadi anak yang shaleh shalehah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat 
Berikut Do'a Melembutkan hati anak : 

طهمَآ أَنزَلۡنَا عَلَيۡكَ ٱلۡقُرۡءَانَ لِتَشۡقَىٰٓإِلَّا تَذۡكِرَةٗ لِّمَن يَخۡشَىٰتَنزِيلٗا مِّمَّنۡ خَلَقَ ٱلۡأَرۡضَ وَٱلسَّمَٰوَٰتِ ٱلۡعُلَىٱلرَّحۡمَٰنُ عَلَى ٱلۡعَرۡشِ ٱسۡتَوَىٰ

0 Response to "Berikut Beberapa Tips Mengatasi Anak Tidak Mau di Tinggal di Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel