Cara Penularan Kurap Yang Perlu Anda Waspadai

Kurap merupakan infeksi jamur yang berkembang di bawah lapisan kulit. Dalam bahasa latinnya kurap dikenal dengan nama Tinia. Adanya asumsi yang mengatakan kalau kurap itu disebabkan karena cacing tidaklah benar sama sekali. Jamur yang menginfeksi akan memakan sel kulit yang mati. Penyakit kurap ini biasanya ditandai dengan ruam warna merah yang berbentuk seperti cincin, bersisik dan berkerak dengan warna kulit yang agak jelas di tengahnya dan sedikit mengandung air dan rasanya sangat gatal.

Cara Penularan Kurap Yang Perlu Anda Waspadai


Kurap bisa hinggap dibeberapa lokasi yang agak lembab pada tubuh anda, seperti di kuku, paha, kepala, pantat. dan beberapa daerah lain yang kurang kebersihannya. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kulit yang sangat menular. Jika anda sering bersentuhan atau menggunakan pakaian dari orang yang terkena kurap anda berpeluang terkena juga. Kurap bisa terjadi kepada siapa saja dari segala usia tidak memandang apakah itu anak anak atau orang dewasa.Kurap paling sering terjadi pada musim musim yang lembab seperti musim hujan.

Baca Juga : Mengenal Kurap Penyakit Kulit Yang Bisa Bikin Minder Penderitanya


Cara Penularan Kurap Yang Perlu Anda Waspadai 


Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa kurap ini merupan jenis penyakit kulit yang sangat menular. Oleh karena itu anda harus sedikit waspada dengan penderita. Walaupun penyakit kurap bukan penyakit yang berbahaya tapi penyakit ini bisa saja membuat anda minder karena akan terlihat kurang begitu peduli pada kebersihan.

Ada beberapa jenis penularan pada kurap :


1. Manusia Dengan Manusia

jika anda memiliki keluarga yang terkena penyakit ini jika tidak waspada akan menulari anda juga. Hindari kontak langsung dengan kulit yang terkena kurap atau mandi dalam kolam yang tidak mengalir dengan penderita.

2. Hewan Dengan Manusia

Kurap tidak hanya menginfeksi manusia saja tapi juga hewan. Dan kurap yang ada pada hewan itu juga bisa menular kepada manusia. Bersihkan tangan anda dengan sabun antiseptic setelah anda bersentuhan dengan hewan peliharaannya anda,

3. Obyek Dengan Manusia

Obyek dengan manusia maksudnya adalah barang barang yang pernah digunakan oleh orang yang terkena kurap jangan anda gunakan sebelum anda bersihkan. Pakaian, sisir atau apapun yang pernah kontak dengan kurap akan menulari siapupun yang menggunakannya.

Siapa Yang Berisiko Lebih Besar Terkena Kurap?

Siapapun berpotensi terkena penyakit ini, tapi ada yang berisiko tinggi yang bisa terkena penyakit yang sangat gatal ini :

1. Orang yang hidup di daerah dengan iklim yang hangat dan lembab
2. Orang yang saling ganti dalam penggunaan tempat tidur, pakaian maupun lainnya dengan penderita.
3. Memiliki sistem kekebalan yang rendah
4. Kontak fisik langsung dengan penderita
5. Mengenakan pakaian yang ketat

Cara Menjegah Agar Tidak Tertular Kurap

Walaupun penyakit kulit sangat mudah sekali menular, tapi anda bisa mengantisipasinya agar tidak tertular. Anda harus mengambil langkah langkah yang diperlukan sebagaimana yang akan diterangkan dalam artikel kali ini yaitu :

1. Jaga Keberishan


Ini yang paling utama, walaupun banyak sekali jenis jamur yang ada didunia ini hanya sebagian saja yang menginfeksi. Anda tidak perlu banyak kawatir karena jika anda benar benar menjaga kebersihan maka potensi terkena kurap makin kecil. Tidak hanya membersihkan tubuh anda saja tapi barang barang yang sering anda pakai harus juga selalu dijaga kebersihan, seperti baju, tempat tidur, dan lain sebagainya. Tempat tempat yang sering menjadi sarang kuman juga harus sering anda bersihkan seperti toilet dan kamar mandi.

2. Jelaskan kepada siapa saja tentang kurap


Anda harus sering memberikan informasi kepada orang lain tentang bagaimana kurap dan penularannya, dengan begitu orang akan waspada dan ikut sama sama menjaga diri agar tidak tertular penyakit ini. Penderitapun akan waspada dan tidak sembarangan menggunakan pakaian anda.


3. Hindarilah keringat berlebih dan usahakan tetap kering


Saat anda berolah raga dan berkeringat yang banyak berusahalah agar pakaian yang anda pakai cepat kering, jangan menggunakannya dalam waktu yang lama bahkan berhari hari, karena biasanya jamur penyebab penyakit kurap suka sekali berada di daerah daerah yang lemab dan kotor.

4. Hindari hewan yang terinfeksi

Jika anda memiliki hewan yang terinfeksi kurap sebaiknya segera anda obati sebelum kurap hewan tersebut menjangkiti anda. Jika terpaksa harus bersentuhan dengan hewan tersebut sebaiknya dalam keadaan tubuh yang kering karena penularannya lebih rendah dibanding dalam keadaan basah.

5. Jangan saling tukar barang pribadi

Berusahalah untuk tidak saling tukar barang pribadi atau saling pinjam, tidak hanya untuk penyakit kurap saja tapi untuk semua penyakit kulit yang mudah menular seperti bisul, cacar air, kudis dan sebagainya.

Kapan Anda Harus Ke Dokter?


Walaupun penyakit kurap termasuk katogori penyakit yang tidak berbahaya tapi anda harus segera mengobatinya karena kalau anda biarkan bisa saja semua tubuh anda terinfeksi kurap. Jika sudah seperti itu penyembuhannyapun akan semakin sulit. Mungkin dokter bisa memberi anda resep untuk mempercepat penyembuhannya. Tidak perlu menunggu kapan harus kedokter, secepatnya lebih baik agar kurap anda cepat sembuh. Jika enggan kesana anda bisa mencoba bahan bahan alami yang bisa anda baca : Cara Ampuh Tuntaskan Kurap Sampai Ke akar – akarnya Dengan Menggunakan Bahan Alami

0 Response to "Cara Penularan Kurap Yang Perlu Anda Waspadai "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel