Penyebab Serta Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Kehamilan dan melahirkan memanglah menjadi momen yang sangat berarti khususnya bagi perempuan. Perasaan bahagia tentu akan dirasakan, karena hadirnya seorang malaikat kecil yang akan memberi warna baru terhadap keluarga kecil mereka. namun, dibalik kebahagiaan itu, perempuan yang baru melahirkan akan merasakan perubahan terhadap tubuhnya, seperti kekencangan kulit berkurang, tubuh semakin gemuk dan rontoknya rambut.

Penyebab Serta Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan


Mengingat peran rambut sebagai mahkota khsunya bagi perempuan, tentu rontoknya rambut menjadi momok yang sangat ingin dihindari. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui penyebab serta solusinya agar rambut tetap terjaga kesehatannya sekalipun pasca melahirkan.


Penyebab Rambut Rontok Pasca Melahirkan


Sebenarnya rontoknya rambut pasca melahirkan merupakan sesuatu yang wajar. Hal itu disebabkan karena memasuki fase normal setelah mengandung. Ketika seseorang hamil produksi hormon estrogen akan meningkat, karena itulah mengapa pada saat wanita hamil rambutnya akan tumbuh dengan lebat. Dan ketika ibu melahirkan selanjutnya menyusui, produksi hormon estrogen akan kembali normal. dan untuk mengembalikan pada fase sebelum mengandung, maka rambut akan rontok dengan jumlah yang tak biasa. Rambut akan kembali normal biasanya setelah 6 – 12 bulan. Namun rontoknya rambut dapat anda hindari jika anda melakukan tips – tips dibawah ini.

Baca Juga : 10 Daftar Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Dan Menjaga Kesehatan Rahim Wanita

1. Hindari mengikat rambut dengan terlalu kuat


Untuk menghindari kerontokan pasca melahirkan, hindari mengikat rambut dengan terlalu kuat. Ikatan rambut yang seperti ini kan mengakibatkan akar rambut mudah tertarik, dan akhirnya rambut akan mudah rontok. Jika anda ingin megikatnya, ikat lah dengan tidak terlalu kencang.

2. Lidah buaya


Agar rambut tumbuh normal pasca melahirkan, gunakan daging lidah buaya untuk dioleskan pada kulit kepala. Kandungan yang ada dalam jenis tumbuhan ini sangat efektif untuk merawat kesuburan rambut dan juga alis.

3. Jahe


Selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Jahe yang biasa kita kenal dengan bahan untuk memasak dan juga minuman, juga ampuh untuk mengatasi kerontokan rambut setelah melahirkan.  Caranya, siapkan jahe secukupnya lalu kupas serta cuci dengan bersih, selanjutnya parut jahe tersebut lalu campurkan dengan minyak wijen, lalu oleskan campuran jahe dan minyak wijen tersebut pada kulit kepala, pijat dengan lembut dan diamkan selama 15 – 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Konsumsi sayuran hijau


Makanan yang kita konsumsi dalam setiap hari juga sangat berpengaruh terhadap kerontokan rambut, terutama setelah melahirkan. Sayuran yang mengandung zat hijau seperti sawi, bayam, daun katuk dan jenis sayuran hijau lainnya tidak hanya dapat mengurangi rontoknya rambut, namun juga dapat membantu melancarkan ASI.

5.       Minyak lavender


Minyak lavender merupakan salah satu solusi untuk mengurangi kerontokan rambut pasca melahirkan. Minyak lavender sudah banyak tersedia di berbagai toko obat serta apotek, sehingga mempermudah anda untuk menemukan jenis minyak ini.

Caranya, cukup anda teteskan minyak lavender pada kulit kepala, kemudian oleskan pada kulit sampai benar – benar merata, pijat dengan lembut, diamkan sampai 15 – 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih efektif gunakan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga : 7 jenis makanan yang Harus Dihindari Saat Menjalani Program Kehamilan

Berapa Lama Rambut Rontok Setelah Melahirkan ?


Setelah melahirkan kondisi rambut memang akan perlahan membaik, tetapi hal itu membutuhkan waktu yang relative lama yaitu antara 6 sampai 12 bulan. Dalam kurun waktu tersebut tentu kita tidak ingin berpenampilan kurang menarik karena rontoknya rambut, apa lagi didepan suami. Dan semoga beberapa tips yang telah kami bagikan menjadi solusi bagi anda khususnya yang baru melahirkan.

Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan

Walaupun rambut yang rontok setelah melahirkan akan berangsur angsur tumbuh kembali, tapi tidak ada salahnya anda membantu mempercepat pertumbuhannya. Anda bisa menggunakan shampoo atau berbagai produk menyubur lainnya. Anda juga bisa menggunakan bahan bahan alami yang lebih aman dan memperindah rambut dalam jangka panjang. Berikut beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menyburkan rambut setelah melahirkan.

1. Jeruk Lemon Dan Minyak Kelapa


Kombinasi dari kedua bahan alami ini dipercaya mampu menyuburkan rambut, dan keduanya salah satu bahan yang terbaik. Tidak hanya menuburkan saja tapi juga bisa memberikan kecantikan pada pada rambut anda. Cara membuatnya tidak rumit tinggal anda sediakan 1 sendok makan jeruk lemon kemudian campurkan 1 sendok minyak kelapa, campur dengan merata lalu oleskan ke kepada, pijat secara perlahan lahan agar nutri kedua bahan tersebut terserap oleh kulit kepala. Setelah dirasakan cukup bilaslah dengan air secukupnya.


2. Madu

Siapa yang tidak kenal dengan khasiat bahan yang satu ini, Khasiat tidak hanya terkenal untuk kesehatan saja tapi juga sangat bagus untuk kecantikan. Madu banyak memiki kandungan vitamin yang banyak dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, E dan vitamin C. Tidak hanya vitamin, Madu juga memiliki kandungan mineral dan kalsium. Dengan segudang kandungan ini Madu cocok untuk membantu penyuburan rambut setelah melahirkan. Caranya tinggal anda olehkan madu ke rambut anda secara merata dan diamkan sekitar 20-30 menit, kemudian anda bilas dengan air sampai bersih.


3. Lidah Buaya

Banyak yang percaya kalau bahan yang satu ini paling top dalam membantu kesuburan rambut. kandungan yang ada didalanya memang punya khasiat untuk kesuburan rambut seperti vitamin A, C, Kalsium, Niasin, dan banyak kandungan lapinnya. Tidak ada salahnya jika anda mencoba bahan andalah orang zaman dulu ini. Caranya ambil beberapa lembar Lidah Buaya lalu ambil jelnya dan usapkan ke rambut anda , pijit pijit hingga merata. diamkan beberapa saat lalu kemudian bilas hingga bersih.

4. Kemiri

Bahan lapin yang tidak kalah terkenalnya untuk menuburkan rambut setelah melahirkan adalah kemiri. Dipasaran banyak sekali minyak kemiri ini, anda bisa membelinya dan silahkan oles kerambut anda secara rutin. Namun jika anda kawatir dengan produk produk dipasaran anda bisa membuatnya sendiri dirumah, sangrai beberapa biji kemiri di wajan tanpa minyak setelah disangrai kemudian tumbuk halus lalu ambil minyaknya.

Kandungan kemiri sangat baik tidak hanya menyuburkan rambut anda tapi juga memperindah dan mempertebal rambut anda. Ini beberapa kandungan yang ada dilamnya vitamin, folat, kalsium, kalium dan magnesium.

Itulah artikel tentang Penyebab Serta Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan, anda tidak perlu kawatir karna hampir semua ibu yang melahirkan mengalami masalah ini namun yang terpenting andalah anda berusaha memberikan perawatan yang terbaik kepada buah hati anda.

0 Response to "Penyebab Serta Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel