7 Cara Agar Mata Tidak Terlihat Sembab Walau Habis Menangis

Mata sembab atau bengkak disebabkan karena akumulasi cairan yang ada di area mata dan pada jaringan kulit disekitarnya. karena jaringan kulit disekitar mata termasuk jaringan yang tipis, akibatnya pembengkakan akan mudah terlihat. Mata sembab tidak melulu disebabkan karena menangis, namun juga disebabkan karena kecapean, kurang tidur dan infeksi.

7 Cara Agar Mata Tidak Terlihat Sembab Walau Habis Menangis


Mata sembab memang terkadang membuat penampilan tidak sempurna dan membuat pusat perhatian orang. tampil dengan mata sembab akan membuat anggapan semua orang jika anda sedang menghadapi masalah besar sehingga membuat anda menangis sampai mata menjadi sembab.  tentu dengan kondisi yang demikian anda tidak mungkin tampil percaya diri.

Sebelum mengetahui solusi untuk mata sembab, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui hal apa saja yang menjadi penyebab mata sembab. Mungkin saat ini kita hanya tau mata sembab hanya disebabkan menangis padahal tidak ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan mata anda sembab. dan


Beberapa penyebab mengapa mata menjadi sembab.


1. Penggunaan lensa kontak terlalu lama


lensa kontak dapat membatasi mata dari asupan makanan oksigen, kondisi tersebut menyebabkan kornea mata menjadi bengkak.  untuk mencegah pembengkakan mata, jangan terlalu lama dalam menggunakan lensa kontak, dan hindari pemakaian saat tidur.

3. Kurang waktu tidur


kurangnya waktu tidur juga menjadi penyebab mata menjadi sembab. boleh – boleh saja memiliki segudang aktivitas, namun jangan sampai mengurangi waktu tidur anda, apa lagi saat malam hari. jadi, untuk menghindari mata sembab usahakan mencukupi jam tidur anda.


4. Alergi


mata sembab juga dapat disebabkan karena alergi, misalkan alergi pada debu, serbuk bunga atau bisa jadi alergi pada bulu binatang. jika anda mengalami alergi mata yang membuat mata sembab, maka cepatlah perikasakan pada dokter, agar mendapatkan obat pada kondisi anda.

5. Terlalu banyak konsmsi makanan asin


makanan asin mengandung sodium yang cukup tinggi. sodium tersebut dapat mengunci cairan dalam tuubuh dan kondisi tersebut juga dapat membuat mata menjadi sembab. jadi, kurangi makanan yang banyak mengandung garam.

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab mata bengkak, wajib kiranya anda juga mengetahui cara mengatasi mata bengkak.  dan berikut beberapa cara yang sangat umpuh untuk menghilangkan mata bengkak yang wajib anda ketahui.

Cara Agar Mata Tidak Terlihat Sembab Walau Habis Menangis


1. Kompres dengan irisan mentimun


Untuk menghilangkan mata sembab anda dapat memanfaatkan mentimun untuk diletakkan pada area mata. sensasi dingin yang diberikan mentimun menjadi obat yang sangat itu untuk hilangkan mata sembab.

2. Kompres dengan air dingin


sama halnya dengan mentimun, air dingin juga dapat dijadikan solusi untuk hilangkan mata sembab.  caranya cukup ambil tisu atau handuk lalu celupkan pada air dingin, lalu kompreskna pada kelopak mata, lakukan cara ini selama 15 menit.

3. Usahakan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi


untuk menghindari pembengkakan mata yang disebabkan karena menangis, kelelahan, infeksi atau penyebab lainnya, usahakan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari pada badan. kondisi tersebut akan membantu untuk menurunkan tekanan darah khususnya pada daerah mata, sehingga mata akan kembali normal.

4. Kompres dengan kentang


selain mentimun, kentang juga merupakan bahan alami yang mempunyai sensasi dingin yang dapat anda manfaatkan untuk hilangkan mata sembab. kentang mengandung enzim yang berfungsi untuk mengempiskan mata sembab. caranya, pertama kupas kentang terlebih dahulu, lalu iris tipis, selanjutnya letakkan irisan kentang tersebut pada area mata. dengan demikian mata akan terhindar dari pembengkakan

5. Meletakkan sendok dingin pada mata


cara ini merupakan cara yang cukup praktis, dibandingkan cara yang lain. untuk mempraktekkan metode ini, anda hanya cukup meletakkan beberapa sendok di dalam freezer selama 2 – 3 menit, selanjutnya pejamkan mata lalu letakkan sendok yang sudah dingin tersebut pada kedua mata, berikan tekanan sedikit sampai rasa dingin pada sendok tersebut perlahan menghilang.

6. Kompres dengan teh dingin


Teh celup terbukti dapat menyempitkan pembuluh mata sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada mata. caranya, siapkan teh celup, lalu celupkan pada air dingin selama 5-10 menit,  setelah itu kompreskan teh celup tersebut pada area bagian mata.

7. Jangan mengucek mata


Ketika anda mengalami mata sembab jangan ditambah dengan menguceknya. mengucek mata hanya akan membuat mata menjadi lebih sembab. lebih baik biarkan terlebih dahulu dan berikan bahan yang dapat menghilangkan pembangkakan pada mata.

Sementara anda melakukan beberapa tips diatas, anda juga harus menghindari tidur setelah menangis.  dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.mata sembab atau bengkak disebabkan karena akumulasi cairan yang ada di area mata dan pada jaringan kulit disekitarnya. Karena jaringan kulit disekitar mata termasuk jaringan yang tipis, akibatnya pembengkakan akan mudah terlihat. mata sembab tidak melulu disebabkan karena menangis, namun juga disebabkan karena kecapean, kurang tidur dan infeksi.

0 Response to "7 Cara Agar Mata Tidak Terlihat Sembab Walau Habis Menangis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel