8 Cara Agar Tetap Produktif Walau Usia Tak Lagi Muda

Usia memang tidak akan kembali muda lagi, namun kesehatan harus selalu terjaga agar tubuh tetap produktif layaknya umur 20 an. pada usia tua memang kekebalan tubuh akan menurun sehingga penyakit akan muda masuk dan penuaan pun akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun anda tidak perlu khawatir ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari hal tersebut.

8 Cara Agar Tetap Produktif Walau Usia Tak Lagi Muda


Seiring dengan bertambahnya usia penuaan memang tidak dapat dihentikan tapi anda bisa memperlambat, dengan cara menjaga pola makan yang sehat, olah raga dan minum air yang cukup. dan berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan agar tetap produktif walau diusia tua.

8 Cara Agar Tetap Produktif Walau Usia Tak Lagi Muda


1. Olah Raga


Meski usia sudah memasuki 60 an, bukan berarti harus mengahabiskan waktu dengan duduk santai tanpa harus melakukan aktivitas yang membuat tubuh lebih bergerak aktif. Olah raga harus tetap menjadi rutinitas tak terkecuali bagi lansia. namun, Olag raga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. olah raga tidak hanya berfungsi menjaga kebugaran tubuh saja,  namun juga dapat mempertajam otak sehingga terhindar dari penyakit Alzheimer.

2.  Menjaga pola makan


Pola makanan juga merupakan faktor yang dapat menunjang kesehatan tubuh. selain melakukan olah raga makanan sehat juga merupakan rahasia untuk tetap produktif. Mengingat usia yang tidak lagi muda, ada baiknya jika mengurangi makanan yang banyak mengandung gula, lemak dan garam berlebih. gantilah dengan makanan yang lebih sehat dan alami misalkan dengan cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur – sayuran.

3. Mengisi teka – teki silang


Untuk menghindari stres dan menjaga ingatan agar tetap tajam, isilah waktu luang untuk mengisi teka – teki silang. dengan demikian otak akan tetap terlatih dengan cara berfikir dan otak dapat difungsikan dengan benar.

4.  Membaca


Membaca tidak hanya dilakukan bagi usia dalam masa pendidikan saja, namun bagi lansia membaca juga sangat baik untuk tetap menjaga kebugaran otak. Agar tidak membosankan bahan untuk dibaca dapat dipilih sesuai dengan selera. Membaca dapat dilakukan dimana saja, asalkan ada waktu luang.

5. Mengurangi stres


Stress dapat memicu seseorang rentan mengalami kepikunan. dan bagi lansia sebaiknya tidak boleh berfikir yang lebih keras dan harus melakukan sesuatu yang menyenangkan, misalkan bermain bersama cucu, bernyanyi dll.

6. Mempunyai tujuan hidup


Dengan tujuan hidup, seseorang akan lebih termotivasi dalam menjaga kesehatan. misalkan saja seseorang yang mempunyai tujuan hidup berdasarkan pandangan agama, orang tersebut akan selalu menjaga kabugaran tubuhnya guna untuk melakukan ibadah agar tujuannya tersebut  dapat tercapai.

7. Istirahat cukup


Istirahat yang cukup sagat dibutuhkan bagi lansia karena tubuh memerlukan fase untuk diistirahatkan.  Umumnya lansia disarankan untuk tidur cukup selam 7 – 9 jam, agar dapat menjalani aktivitasnya dengan baik dan bertenaga.

8. Rutin mengecek kesehatan ke dokter


Mengingat system imun bagi lansia kian hari kian melemah, maka sangat diperlukan untuk melakukan pengecekan secara rutin ke dokter. Dengan demikian lansia lebih terpatau kesehatannya dan dapat menghindari gejala – gejala penyakit yang mungkin akan terjadi. 

Banyak orang berfikir ketika usia sudah memasuki 60 an, mungkin hanya akan menjadi beban keluarga saja. namun pola fikir yang demikian sangat keliru, dengan melakukan berbagai cara diatas, kelumpuhan dan kepikunan pada usia dapat dihindari dan akan lebih menikmati hidup.

0 Response to "8 Cara Agar Tetap Produktif Walau Usia Tak Lagi Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel