Jumat, 14 Desember 2018

Cara Melembutkan Hati Anak Yang Sering Marah Dan Keras Kepala

Cara Melembutkan Hati Anak Yang Sering Marah Dan Keras Kepala


Banyak diantara orang tua yang memiliki masalah ini, memiliki anak yang sering marah dan keras kepala. Tentunya anda mencari cara bagaimana cara melembutkan hatinya sebelum beranjak dewasa, karena jika sudah dewasa agak sedikit sulit untuk mengubahnya.

Kita semua paham setiap orang tua menginginkan anak anaknya tumbuh menjadi anak yang sholeh, hatinya lembut, menurut dengan kata katanya dan tidak pernah durhaka kepadanya. Namun apalah daya kita tidak bisa memilih, Allahlah yang telah mengatur semuanya.

Namun jika memiliki anak yang tidak sesuai dengan keinginan kita, memiliki watak yang keras dan suka marah kita harus berdoa dan beriktiar bagaimana cara untuk meluluhkan hatinya.

Mengapa Anak Sering Marah ?


Anak yang sering marah ini menandakan kalau anak anda memiliki hati yang keras, apalagi kerap kali melawan terhadap anda.

Tapi apa yang terjadi kepada anak tidak seharusnya anda menyalahkan mereka 100%, apalagi anak kecil yang belum mengerti apapun, lebih baik lakukan intropeksi diri mengapa mereka bisa jadi seperti itu.

Pertama, Koreksi Perhatian Anda Terhadap Mereka




Apakah selama ini anda sudah perhatian dengan anak anda ?, terkadang anak itu membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tuanya. Mereka nakal dan suka marah terkadang karena mereka ingin mendapatkan perhatian dari orang tuanya.

Berilah waktu yang luang untuk bercengkrama dengannya. Ajaklah anak anda bermain bercanda dan ajarilah hal hal baik kepadanya.

Mungkin kita ambil contoh nabi Ibrahim betapa sibuknya beliau, yang harus mengajak umatnya sebagai utusan Allah. Namun disamping kesibukannya Nabi Ibrahim sebagain nabi dan rasul, Nabi Ibrahim masih memberikan waktu luang, bermain mengamati dan mendidik anaknya Ismail. Sehingga Ismail tumbuh menjadi pribadi yang shaleh yang taat kepada Allah dan orang tuanya.

Baca Juga : 5 Cara Agar Anak Rajin Shalat Walau Tanpa Disuruh Sekalipun

Kedua Jangan Sering Marah Pada Anak.


Membentak anak


Anak yang masih kecil selalu merekam apa yang mereka lihat dan didengar dengan sangat baik, jika sering melihat sesuatu yang baik maka dia akan mencontoh perbuatan yang baik tersebut, sebaliknya jika dia sering melihat orang tuanya selalu marah maka dia terdorong akan melakukan hal sama.

Disamping itu sering marah dan membentak anak juga sangat buruk kepada psikologisnya. Mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang cepat tinggi emosinya.

Dalam sebuah penelitian, jika anda marah dan membentak anak bisa membunuh miliaran sel otak anak pada saat itu juga. Sebaliknya pelukan, kasih sayang dan dekapan anda sangat membantu perkembangan jiwanya, bibit kecerdasan yang ada diotaknya akan berekembang lebih cepat.

Perhatikan Lingkungannya




Lingkungan dimana tempat anak berada sebaiknya juga anda perhatikan. Terutama lingkungan dalam rumah tangga dan lingkungan sekitarnya. Jika dirumah anda hanya terdiri dari anak dan istri anda, mengaturnya agak sedikit mudah tergantung kepada anda sebagai kepala rumah tangga. 

Tapi jika ada orang lain seperti mertua anda atau saudara istri anda sebaiknya anda membicarakan hal ini. Ajak mereka menciptakan lingkungan yang baik. Lingkungan yang baik akan menciptakan orang orang yang baik pula. 

Lingkungan yang buruk seperti lingkungan yang sering mengumpat, berbicara yang tidak sopan , kurang ajar kepada yang tua. Lambat laun jika anak anda sering bergaul dalam lingkungan yang seperti itu maka anak anda akan ikut terjerumus kedalamnya. 

Lingkungan sekitar juga harus menjadi perhatian anda. Jika anda melihat ada yang tidak beres dengan lingkungan disekitar anda, sebaiknya segeralah mengajak masyarakat sekitar untuk memperbaiki kondisi lingkungan yang ada. Masyarakat sekitar harus anda libatkan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang sehat.

Baca Juga : 8 Tips Yang Harus Dilakukan orang Tua Agar Anak Rajin Beribadah

Doa Mujarab Pelembut Hati Anak


Jika anda sudah melakukan langkah langkah diatas berarti ikhtiar anda secara dhahir sudah anda lakukan, namun tidak cukup jika anda hanya menggunakan usaha lahiriyah saja tapi juga harus berusaha secara batiniyah yakni berdoa kepada Allah yang Maha mengatur semuanya.

Walaupun saya taruh pembahasan ini pada sub bab yang kedua, sub bab ini harus anda lakukan secara bersamaan dengan sub bab pertama. Disamping usaha dhahir usaha batin juga harus anda lakukan secara beriringan.


Ada banyak doa doa yang mujarab untuk melembutkan anak, ada beberapa ulama yang memberikan doa tentang masalah ini. Salah satunya Ust. Abdul Somad LC. Ulama karismatik dan terkenal itu dalam ceramahnya  pernah memberikan amalan untuk melembutkan anak.

Yaitu seringlah membacakan fatihah buat anak anda dengan niatan melembutkan hati mereka terutama setelah selesai shalat tahajjud. Setelah itu ambillah air minum dan bacakanah ayat ayat dalam Al-Qur'an berikut pada air minum tersebut lalu minumkanlah kepada anak anda.

1. Surat Alfatihah
2. Awal surah Albaqarah ayat 1-5
3. 3 ayat terahir surah Albaqarah 284-286
4. Surah Al-Iklash 3 x
5. Surah Alfalaq 1 x
6. Surah Annas 1 x

Ini tidak harus kepada anak yang keras hatinya saja,  tapi berikanlah kepada anak dalam karakter apapun. Semoga cara ini bisa menjadi pelantara anak anak kita dilembutkan hatinya oleh Allah SWT. Lakukan secara rutin dengan memohon kepada Allah agar anak anda dilembutkan hatinya.


EmoticonEmoticon