Rabu, 26 Desember 2018

10 Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

10 Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas


Rumah merupakan kebutuhan seseorang yang pertama yang harus terpenuhi. tanpa rumah mereka tidak akan bisa apa apa. sekalipun itu ngontrak atau sewa, rumah adalah hal terpenting dalam hidupnya yang harus dibikin seenak dan senyaman mungkin.

Pada umumnya mereka yang tinggal di perkotaan yang memiliki penduduk padat sedangkan lahan untuk perumahan sedikit maka rumah minimalis menjadi solusinya. apalagi jika budget pas pasan dan anggaran untuk rumah terbatas.

Rumah besar atau kecil sebenarnya buaknlah masalah. apalagi untuk pasangan yang baru membina keluarga, yang terpenting baginya memiliki tempat tinggal bersama orang tersayang.

Yang menentukan bahagia dan tidaknya sebuah keluarga bukanlah terletak pada rumah besar maupun kecil tetapi kenyamanan penghuninya didalam rumah tersebut.

Jika anda memiliki rumha kecil dengan kapasitas ruangan sangat terbatas, anda jangan khawatir disini kami akan memberikan tips dan cara menata rumah kecil agar terlihat luas dan besar. simak yuk tipsnya :

10 Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas


1. Gunakan Warna Cerah


Supaya rumah yang kecil dan sempit terlihat luas maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah warna cat rumah menjadi warna cerah. 

Rumah yang memiliki warna cat gelap memang membuat situasi rumah nyaman untuk beristirahat khusunya tetapi warna gelap bikin rumah terasa sempit karena dapat menyerap cahaya dan bukan memantulkannya. pilihlah warna cerah seperti hijau, putih dan kuning muda.

2. Jangan Menaruh Furniture di Pinggir Dinding


Seringkali ditemukan furniture menempel di dinding rumah. tahukah anda bahwasanya furniture yang disimpan menempel sama dinding justru akan membuat dekorasi rumah terlihat sempit. sebiknya berikan ruangan antara perabot rumah dan dinding atau bisa diletakkan di tengah tengah ruangan. karena jika rumah anda sempit maka akan terlihat lebih luas dan indah.

3. Gunakan Cermin Dinding


Coba perhatikan saat anda berkunjung ke rumah-rumah makan atau pusat perbelanjaan dengan kapasitas ruangan kecil. perhatiakn juga di sekeliling ruangan. disana akan terpasang cermin di beberapa sudut ruangan sehingga akan memberikan kesan ruangan besar.

Trik tersebut bisa juga anda kreasikan pada ruangan kecil dan sempit di rumah atau kamar anda agar rumah terlihat luas.

Baca Juga : Cara Efektif Mengusir Lalat Dalam Rumah Secara Alami Yang Terbukti Ampuh

4. Gunakan Furniture Multifungsi


Membeli furniture multifungsi adalah solusi cerdas untuk rumah kecil. kenapa demikian? coba jika anda meletakkan lemari dna meja di ruang sempit maka rumah akan menjadi semakin sempit dans esak. Furniture multifungsi yang bisa anda miliki seperti meja multifungsi, sekarang ini banyak sekali meja serbaguna di jual di pasaran dengan harga bervariasi.

Nah, maka dengan memanfaatkan meja serbaguna tersebut anda telah menghemat ruangan kecil yang sedang anda huni. begitu juga dengan kamar tidur anda. kamar tidur yang sempit juga bisa dibikin luas dengan salah satu cara yaitu membeli kasur yang memiliki laci di bawah kasur sehingga bisa menyimpan alat alat berharga anda dengan aman di laci bawah kasur.

5. Gunakan Aksesoris Rumah dengan Motif Bergaris


Rumah yang memiliki aksesoris bergaris seperti garis vertikal pada dinding rumah dapat membuat rumah terlihat lebih tinggi. dan pilihlah karpet yang bermotif garis juga sehingga membuat lantai rumah terlihat lebih panjang dna anda kan sangat betah di dalamnya.

6. Furniture Dinding Untuk TV


Rumah anda sempit? sehingga tidak ada ruang lagi untuk menyimpan alat elektronik seperti televisi, pemutar DVD, Speaker dll. anda jangan khawatir. anda bisa kok menggantung televisi anda di dinding rumah di ruang istirahat. hal ini akan memberikan kesan ruang terbuka pada lantai jadi rumah terlihat lebih rapi dan bersih.

7. Jendela dan Tirai Besar


Pernah kan melihat rumah yang memiliki jendela dan tirai besar atau tinggi. ya rumah yang memiliki jendela tinggi dan di sertai dengan tirai yang bermotif besar akan menjadikan rumah terlihat lebih luas.

Jendela besar juga dapat memastikan intensitas pencahayaan matahari yang masuk ke dalam rumah dengan memenuhi ruangan akan mengubah kesan rumah yang tadinya kecil menjadi semakin luas dan terang.

Baca Juga : 10 Tipe Sepeda Motor Matic Yang Cocok Untuk Wanita Gemuk

8. Hilangkan Pintu


Menghilangkan pintu disini maksudnya bukan menghilangkan pintu utama rumah menuju teras. tetapi pintu yang menjadi pemisah antara ruangan yang satu dengan ruangan lainnya.

Apakah rumah anda saat ini memiliki banyak pintu? dan diantaranya adalah pintu pemisah antara ruang keluarga dan pintu ruang makan? maka segeralah hilangkan pintu tersebut dan ganti dengan sekat ruangan saja. maka lihatlah kesan rumah anda. rumah yang tadinya sempit dan banyak pola sekarang akan menjadi lebih luas.

9. Cat Langit-Langit Ruangan


Jika pada walnya cat langit langit rumah anda berwarna putih polos itu akan membuat rumah anda terlihat terbuka. apa salahnya anda mencoba dengan warna berbeda sesuai selera anda, dan identikkan warna itu kepada warna yang agak gelap maka itu akan membuat anda melihat langit langit rumah anda menajdi lebih tinggi.

10. Hindari Menggunakan Element Interior yang Berlebihan


Rumah akan terlihat lebih luas jika menghindari pemakaian element interior yang berlebihan di dalam rumah. seperti :
  • Menghindari pemasangan tirai yang rumbai. karena tirai yang memiliki banyak rumbai akan terkesan memberikan efek penuh pada ruangan.
  • Sebaiknya gunakan pelapis meja dan desain elegan saja. pelapis meja yang memiliki motif yang terlali ramai akan membuat rumah anda sempit.
Semoga 10 Trik diatas bisa membantu anda untuk mendapatkan rumah idaman meski hanya dengan rumah sempit dan sederhana. karena cara menata rumah sempit dan sederhana tidaklah sulit cukup dengan beberapa ide saja maka anda bisa mengubah rumah yang tadinya sempit menjadi luas dan indah.


EmoticonEmoticon