Skip to main content

Cara Mengatasi Anyang Anyangan Dengan Cepat Dan Aman

Cara Mengatasi Anyang Anyangan Dengan Cepat Dan Aman


Anyang - anyang adalah kondisi dimana ketika membuang air kecil merasa tidak nyaman bahkan merasakan sakit saat mencoba mengeluarkan air kecil, hal ini disebabkan karena adanya infeksi dalam saluran kemih.

Dalam kondisi ini wanita sering mengalaminya dibandingkan laki - laki. karena pada wanita jarak antara saluran kemih dengan saluran pembuangan air besar lebih dekat jika dibanding dengan laki - laki.

Anyang - anyangan memang tidak tergolong pada penyakit yang serius, namun kondisi ini sangat membuat kita tidak nyaman, bahkan malas untuk buang air kecil.

Orang yang sedang mengalami anyang - anyangan harus rela bolak balik ke kamar mandi dan merasa gelisah, kondisi tersebut karena disebabkan keinginan yang selalu membuang air kecil secara terus menerus.

oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab serta cara mengatasi anyang - anyangan agar kita terbebas dari kondisi tersebut.

Penyebab anyang - anyangan


1. Kurangnya mium air putih

2. Kebiasaan menahan kencing, kebiasaan buruk tersebut dapat menimbulkan batu saluran kemih.

3. Infeksi saluran kemih, jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, rasa sakit pada saat buang air kecil, deman bahkan sampai mengeluarkan darah saat buang air kecil. jika kondisi ini terjadi terhadap anda sebaiknya periksakan diri anda ke dokter, agar cepat mendapatkan penanganan sejak dini.

4. Bakteri chlamydia, jika bakteri ini masuk ke saluran kemih, maka menyebabkan anyang - anyangan bahkan keputihan

5. Kurangnya menjaga kebersihan, kurangnya memperhatikan kebersihan terutama pada saat sesudah melakukan hubungan intim akan rentan terjadinya anyang - anyangan.

Nah, untuk mewaspadai terhadap terjadiya anyang - anyangan, selain menghindari beberapa penyebab diatas anda juga wajib mengetahui beberapa cara yang dapat mengatasinya.

Baca Juga : Penyebab Mual Pada Ibu Hamil Serta Cara Efektif Mengatasinya

 Cara Alami Dan Juga Ampuh Untuk Mengatasi Anyang - Anyangan.


1. Memijat telapak kaki

cara pertama untuk mengatasi anyang - anyangan adalah dengan cara memijat kedua telapak kaki. cara ini bertujuan untuk mmepercepat keluarnya air seni sehingga keinginan untuk mebuang air kecil secara terus menerus dapat dihindari.

caranya : lakukan pemijatan lembut pada kedua telapak kaki, sebelumnya arahkan terlebih dahulu telapak kaki secara vertikal. lakukan cara ini ketika anda mulai mengalami anyang - anyangan.

2. Minum air jeruk nipis hangat

selanjutnya, adalah dengan cara meminum air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. dengan anda meminum air jeruk nipis hangat, maka anyang - anyangan akan cepat dihindari.

3. Minum air putih

air putih memang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat membersihkan bakteri yang dapat menyebabkan anyang - anyangan. nah sudah jelas kan jika dengan mengkosumsi air putih dengan cukup anda akan terbebas dari anyang - anyangan.

4. Minum rebusan air sirsak

tidak hanya perasan air jeruk nipis saja yang menjadi solusi ketika ayang - ayangan, namun air rebusan sirsak juga menjadi solusi yang ampuh untuk hilangkan anyang - anyangan.

caranya :

  • Rebus buah sirsak yang sudah matang dengan 2 gelas air putih
  • Campurkan sedikit gula pasir
  • Setelah melalui proses perebusan dengan menggunakan api kecil, diamkan sebentar  sampai air rebusan tersebut menjadi hangat
  • Saring rebusan sirsak tersebu lalu minum airnya.

5. Mengoles balsem ke pusar

mengoleskan balsem ke pusar akan memberikan sensasi hangat. namun rasa hangat tersebut yang justru dapat mengatasi anyang - anyangan. cara ini merupakan cara yang sangat mudah dan praktis, namun khasiatnya sangat luar biasa.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Cepat Menggunakan 5 Bahan Alami Yang Mudah Didapat

Nah bagaimana cara mengatasi anyang - anyang terhadap anak kecil?


Jika si buah hati mengalami hal yang demikian mungkin membuat anda lebih gelisah, karena sejatinya mereka belum bisa melakukan pekerjaan dengan sendiri.

Dalam kondisi seperti ini pemahaman orang tua sangat dibutuhkan. anak yang mengalami anyang - anyang akan merasakan seperti apa yang orang dewasa rasakan yaitu, keinginan untuk membuang air kecil secara terus menerus, merasakan nyeri bahkan demam. Namun biasanya anak kecil  hanya dapat mengekspresikannya dengan cara menangis.

Untuk mengatasinya dengan cara memberikannya buah cranberry. buah cranberry mengandung proantocyanidin (PAC) yang terbukti ampuh untuk mengatasi anyang - anyangan pada anak.

Namun jika anda merasa buah ini harganya mahal atau susah untuk mendapatkannya, anda dapat membelinya dengan bentuk kapsul yang sudah yang tesedia di berbagai apotek. perlu juga anda ketahui nama produk itu adalah "prive uri-cran".

Dan untuk mengatasi anyang - anyangan saat haid adalah dengan cara rajin membersihkan area intim setiap 2 - 4 dalam sejam. selain itu anda juga harus mengganti pembalut setiap 4 jam, dan hindari penggunaan celana yang terlalu ketat.


Lalu Bagaimana Dengan Ibu Hamil Yang Mengalami Anyang - Anyangan?


Sekilas kondisi tersebut memang sangat wajar karena mengingat adannya bayi pada rahimnya, namun bukan berarti keadaan tersebut tidak dapat dihindari.

Untuk mengatsi anyang - anyangan pada ibu hamil, perlu melakukan olag raga ringan yang tentunya sesuai dengan kondisinya, rajin konsumsi buah, selalu menjaga kebersihan pada area intim dan jangan menahan ketika ingin membuang air kecil. dengan melakukan beberapa tips tersebut, maka anyang - anyangan dapat dihindari.

Demikianlah penjelasan kami tentang penyebab serta cara mengatasi anyang - anyangan. prioritaskan kebersihan agar dapat terhindar dari berbagai penyakit dan semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar