Skip to main content

Cara Mengatasi Kaki Yang Bengkak Saat Hamil Tua

Cara Mengatasi Kaki Yang Bengkak Saat Hamil Tua

Pada umumnya ibu hamil mengalami banyak sekali perubahan. baik pada perubahan fisik maupun non fisik. hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon saat hamil sehingga mengakibatkan ibu hamil seakan berubah. diantara perubahan itu adalah tangan dan kaki bengkak saat hamil tua.

Ibu hamil tidak hanya bekerja untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk janin yang sedang di kandungnya. segala aktivitas dan kegiatannya seakan sudah tidak seperti biasanya lagi. saat mengerjakan sesuatu ibu hamil biasanya cepat sekali lelah tetapi ibu hamil harus tetap semangat demi janin yang dikandungnya.

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami bengkak pada kaki terutama saat kehamilan masuk trimester tiga atau kehamilan tua 8 bulan dan 9 bulan. Terlalu banyaknya aktivitas seperti berjalan kaki dapat mengakibatkan kaki bengkak. atau yang sering kita dengar dengan istilah edema.

Apa Penyebab Kaki Bengkak ( Edema ) Pada Ibu Hamil ?


Kelebihan cairan yang menumpuk pada sel tubuh dapat mengakibatkan kaki bengkak pada ibu hamil. hal ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang sudah memasuki trimester 3. pembengkakan ini bukanlah hal yang perlu ditakuti karena tubuh saat hamil menahan banyak cairan.

Beberapa faktor penyebab kaki bengkak pada ibu hamil diantaranya :

  • Terlalu lama berjalan kaki dan berdiri sehingga dapat memberikan tekanan pada aliran darah di kaki.
  • Kurangnya kalium. Kalium dapat menjaga cairan dalam tubuh sehingga dapat menyeimbangkan cairan elektrolit yang terjadi.
  • Terlalu banyaknya asupan garam yang di konsumsi. 
  • Terlalu banyak konsumsi kafein. Kafein tidak dianjurkan di konsumsi oleh ibu yang sedang hamil karena dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah.


Apakah Edema Berbahaya


Terjadinya pembengkakan pada kaki dan tangan saat hamil tua bukanlah hal yang serius. Tetapi jika hal ini terus dibiarkan begitu saja tanpa di atasi maka kemungkinan pembengkakan akan terjadi pada bagian tubuh lain. jadi pembengkakan ini tetap harus diatasi sekalipun tidak berbahaya.

Biasanya edema ini akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan. pada minggu pertama setelah ibu melahirkan akan lebih sering buang air kecil dan mengeluarkan banyak keringat karena hal ini untuk mengeluarkan cairan pada tubuh selama hamil.

Bengkak yang terjadi pada ibu hamil biasanya tidak terasa sakit ataupun nyeri. namun anda perlu waspada jika pembengkakan pada kaki di setai rasa nyeri karena bisa jadi itu tanda dari penyakit lain bukan karena kehamilan biasanya. 

Pembengkakan pada kaki yang di sertai pusing serta penglihatan buram bisa jadi itu pertanda kondisi tekanan darah tinggi pada ibu hamil. dan itu sangat berbahaya. ibu hamil harus sellau memiliki darah stabil, tidak boleh kurang dan tidak boleh tinggi karena akan beresiko pada proses persalinannya nanti.


Baca Juga : Apakah Orang hamil Boleh Minum Kopi? Berikut Penjelasannya

Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak ?


Banyak cara yang bisa anda lakukan setiap hari untuk mengatasi kaki bengkak. Posisi tidur yang tepat juga dapat menjadi solusi mengatasi kaki bengkak. Posisi tidur yang disarankan pada ibu hamil adalah posisi miring ke kiri. selain itu masih ada banyak cara yang bisa anda lakukan, diantaranya :
  1. Usahakan jangan melipat kaki saat anda duduk.
  2. Taruh kaki lebih tinggi. anda bisa mengambil bangku kecil untuk menempatkan kaki saat anda duduk
  3. Jangan terlalu banyak berdiri dan banyak duduk. usahakan jalan jalan sebentar di sela sela duduk.
  4. Jangan memakai sepatu atau kaos kaki terlalu ketat.
  5. Perbanyak minum air putih supaya dapat mengurangi kelebihan air dalam tubuh.
  6. Batasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak garam. 
  7. Olahraga ringan secara teratur terutama berjalan kaki dan berenang. 
  8. Kompres kaki bengkak pada saat hamil menggunakan air hangat.
Untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil 7 bulan juga bisa anda lakukan pada cara diatas. supaya pembengkakan di kaki tidak berlarut larut dan bisa segera diatasi. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar