Minggu, 23 Desember 2018

Pasca Operasi KET (Kandungan Ektopik) Bisakah Hamil Lagi ?

Pasca Operasi KET (Kandungan Ektopik) Bisakah Hamil Lagi ?


Jika anda merupakan salah satu orang yang mengalami kehamilan di luar kandungan atau Ektopik (KET), dan sudah pernah di operasi lantaran kandungan tersebut. mungkin anda akan menyimpan seribu pertanyaan dan segudang kekhawatiran apakah selanjutnya anda bisa hamil lagi dalam keadaan sehat dan normal? dan seberapa besar peluang untuk hamil lagi setelah salah satu tuba falopi telah di potong karena sudah rusak? Bahayakah jika anda hamil lagi dalam waktu dekat ? Temukan jawabannya dibawah ini :

Apa Itu KET ( Kandungan Ektopik )


KET atau yang sering kita dengar dengan kandungan ektopik adalah Kehamilan yang terjadi saat telah terjadi pembuahan pada sel telur ia menempel di luar rahim bukan masuk ke dinding rahim. jadi kehamilan terjadi di luar rahim atau di luar kandungan. karena apa ? hal ini disebabkan karena tuba falopi kemungkinan mengalami peradangan atau kerusakan sehingga sel telur tidak dapat bergerak dan macet di luar rahim.

Jika sel telur tidak sampai ke rahim maka dapat mengakibatkan berkembangnya sel telur tidak pada tempatnya. bisa jadi terjadi pembuahan pada rongga perut, Ovarium atau leher rahim dan hal ini sangat beresiko terhadap anda.

Bisakah Hamil Lagi dengan Normal dan Sehat setelah Hamil di Luar Kandungan ?


Wahai bunda sholehah, bunda jangan khawatir soal kehamilan berikutnya. ada kabar baik untuk bunda bahwasanya anda yang pernah mengalami kehamilan ektopik memungkinkan bisa hamil lagi bahkan bisa melahirkan normal setelah operasi ektopik dan bisa melahirkan bayi sehat seperti wanita lainnya asalkan anda bisa mengatur pola hidup sehat. kemungkinan itu bisa mencapai sampai 65 %.

Baca Juga : Berikut Daftar olah Raga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Dikandungnya

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kasus lama kembali terulang lagi dan kemungkinan itu bisa mencapai 10 %. karena jika satu kali sel telur yang dibuahi gagal menempel pada rahim, maka kemungkinan saat hamil selanjutnya kasus ini kembali terulang. faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terulang adalah : 
  • Merokok. seorang wanita memang sangat tidak baik jika merokok. tidak hanya dapat menyebabkan kehamilan ektopik. merokok juga dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita.
  • Kondisi tuba falopi. Jika anda memiliki tuba falopi yang tidak normal, atau setelah operasi ternyata tuba falopi mengalami perdarahan maka akan semakin menurunkan kemungkinan untuk bisa hamil lagi. karena tuba falopi yang tidak sehat mengakibatkan sperma sulit untuk mencapai sel telur.
  • Usia. faktor usia juga berpengaruh kehamilan ektopik kembali terulang lagi. karena sebagian besar kandungan ektopik terjadi pada wanita yang berusia 30 - 40 tahun.
  • Memiliki riwayat tidak subur. 

Berapa Bulan Lagi Yang Disarankan Untuk Hamil Pasca Kehamilan Ektopik


Jeda waktu setelah mengalami kehamilan ektopik adalah tiga bulan atau dua siklus menstruasi. sebenarnya sih tidak ada jeda waktu untuk itu dan kapan saja bisa hamil lagi, hanya saja untuk mempersiapkan fisik dan mental si ibu agar lebih matang dalam kehamilan berikutnya dan mendapat bayi yang sehat dan normal.

Jahitan pasca operasi KET tidak berpengaruh terhadap kehamilan berikutnya jadi anda tidak perlu khawatir insya allah aman saja sampai persalinan. yang terpenting adalah pola hidup sehat dan selalu konsultasikan ke dokter atau bidan jika terjadi keluhan sekecil apapun. 

Makanan sehat setelah operasi hamil di luar kandungan merupakan hal yang utama dalam mendapatkan bayi yang sehat. juga memungkinkan anda untuk bisa melahirkan normal meski habis operasi KET.

Diatas saya sudah menjelaskan bahwasanya korban kehamilan ektopik bisa hamil lagi dengan harapan mencapai 65%. tetapi jika anda memberikan jeda 2 tahun dari kehamilan tersebut dan baru memulai program hamil lagi setelah 2 tahun maka peluang itu semakin besar mencapai hingga 85%.

Namun, ya itu tergantung anda sendiri. bila anda sudah tidak sabar pingin segera mendapatkan momongan ya tidak ada salahnya jika dengan jeda 3 bulan anda sudah hamil lagi. rasa trauma dan khawatir yang pasti tidak akan hilang hanya dengan waktu 3 bulan. tapi ya kita pasrahkan saja pada yang maha kuasa semoga anda diberikan kesehatan selalu dan diberi kemudahan dalam proses persalinannya nanti.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kaki Yang Bengkak Saat Hamil Tua

Bagaima Tips Agar bisa Hamil Lagi Setelah Kehamilan Ektopik ?


Wanita mana yang tidak khawatir saat dinyatakan positif hamil oleh dokter kemudian diberitahu kenyataan tentang kehamilannya yang bermasalah. dan operasi merupakan solusi terbaiknya. saya yakin siapapun wanitanya akan ketar ketir khawatir, sedih dan gelisah mendengar pernyataan tersebut. apalagi akan kehilangan anak yang didambakannya.

Seorang wanita kan berjuang sekuat tenaga demi kehadiran buah hatinya. meski baru beberapa bulan saja menjalani operasi ektopik, dia tidak akan patah semangat untuk bisa kembali hamil lagi dengan kehamilan yang sehat. ya itulah perjuangan dan kebesaran hati seorang ibu.

Coba anda tanyakan pada diri anda sendiri, jika kehamilan ektopik ini terjadi pada anda. siapkah anda mengalami kehamilan lagi setelah kejadian itu. sebab tidak semua wanita mempu memilihkan dirinya sendiri dari rasa trauma dan ketakutan. kecuali ada suami yang kuat dan hebat di sampingnya.

Saya sarankan, jika anda sudah siap untuk kehamilan berikutnya maka konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu demi mendapatkan bayi sehat dan sempurna.

Nah, untuk memaksimalkan kesempatan hamil lagi pasca kehamilan ektopik adalah dengan melakukan beberapa tips dibawah ini : 
  1. Berhubungan suami istri secara teratur di waktu yang tepat pada saat masa subur dan masa pelepasan sel telur.
  2. Tenangkan pikiran anda dan jangan mudah stress. mengendalikan diri dan selalu perpikir positif adalah hal yang penting untuk bisa kembali hamil lagi.
  3. Harus percaya diri. yakin bahwasanya anda bisa hamil lagi sehat seperti wanita lainnya pada kehamilan berikutnya. mintalah suami untuk selalu mensuportnya agar sama sama kuat dna tegar dalam menjalanin kehamilan berikutnya.


EmoticonEmoticon