Selasa, 11 Desember 2018

Penyebab Dan Cara Mengobati Perut Sakit Sebelah Kiri Bawah Pada Pria dan Wanita

Penyebab Dan Cara Mengobati Perut Sakit Sebelah Kiri Bawah Pada Pria dan Wanita


Sakit perut pada sebelah kiri sering dikaitkan karena ada masalah dalam pencernaan. Karen pada pria perut sebelah kiri bagian bawah merupakan bagian terahir dari usus besar. Sedangkan pada wanita perut bagian bawah adalah tempat ovarium sebeleh kiri.

Sakit perut pada bagian kiri umumnya sembuh dengan 1-2 hari dengan mengkonsumsi obat. Namun kondisi tersebut sangat mengganggu aktivitas kita sehari - hari. Bayangkan saja ketika kita mempunyai sebuah rencana dan rencana tersebut sudah dipersiapkan sejak jauh - jauh hari dan setelah tiba pada waktu yang ditentukan tiba - tiba perut sakit, tentu hal tersebut menjadi pengalaman yang sangat menyedihkan.

Namun jika rasa sakitnya terasa hebat sebaiknya anda segeralah memeriksakannya ke dokter. Mengingat pada perut sebelah kiri bukan hanya terdapat usus saja, namun juga terdiri dari ginjal, rahim dan kandung kemih. Bisa saja rasa sakit yang anda derita pada bagian sebelah kiri bawah tidak melulu disebabkan oleh pencernaan saja melainkan kondisi tersebut juga ada hubungannya dengan beberapa organ yang ada dibelah kiri perut yang bermasalah.

Biasanya sakit perut yang keronis akan diikuti beberapa gejala lain dari sakit perut bagian bawah yang anda derita seperti terjadi pembengkakan perut, tinja berdarah, mual dan muntah terus menerus, mengalami penurunan berat badan secara drastis. Sebaiknya segeralah memeriksakan ke dokter agar segera mendapatkan pengobatan. Karena alasan tersebut sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi sakit perut sebelah kiri.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami Yang Ampuh Dengan Cepat

Penyebab Perut Sakit Sebelah Kiri Secara Umum


1. Batu ginjal

Sakit perut sebelah kiri dapat disebabkan oleh ginjal yang bermasalah. orang yang menderita batu ginjal biasanya susah untuk buang air kecil dan selalu ingin muntah.

2. Sembelit

sembelit juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri. sakit perut akan dirasakan setelah membuang air besar. jika kondisi tersebut mmg disebabkan sembelit, disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi air mineral.

3. Fibroid

Fibroid juga dikenal dengan sebutan batu rahim. Fibroid muncul ketika otot - otot pada rahim sedang tidak normal.  Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan sakit perut bagian kiri

4. Masalah pada usus

jika terjadi masalah pada usus maka akan menyebabkan terjadinya sakit perut sebelah kiri dan diare bahkan buang air besar berdarah.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita


Pada wanita bisa saja rasa sakit pada perut bagian bawah permasalahannya bukan disebabkan karena beberapa sebab yang dijabarka di atas karena ada beberapa perbedaan struktur organ tubuh antara pria dan wanita. Sakit bawah perut kiri pada wanita bisa saja disebabkab beberapa hal, seperti kram saat menstruasi.

Kram perut karena menstruasi bisa terjadi pada saat terjadinya menstruasi ataupun sebelumnya, jika rasa sakit yang derita relatif lama, sebaiknya anda memeriksakannya ke dokter. Pada beberapa kasus terkadang rasa sakit ini menjalar hingga ke sebelah kanan perut. Tapi kebanyakan kram karena menstruasi bukanlah hal yang serius karena akan hilang dengan sendirinya.

Penyebab lain yang mungin terjadi pada wanita adalah kista ovarium. Kista adalah kantung yang berisi cairan yang berada pada dalam atau permukaan ovarium. Jika ini yang terjadi anda tidak perlu begitu kawatir karena nyeri perut sebelah kiri biasanya akan hilang beberapa bulan walau tanpa perawatan sekalipun.

Tapi jika kista tersebut besar bisa saja menggangu kenyamanan anda, karena bisa saja menekan kandung kemih dan membuat anda akan lebih sering pergi ke kamar mandi. Kista ovarium ini akan menjadi masalah serius jika terjadi pendarahan dan sakit yang hebat karena pecah atau karena masalah lainnya.

Cara Mengobati Perut Sakit Sebelah Kiri Bawah


Untuk mengatasi penyakit terntu harus disesuaikan dengan penyebab dari penyakit tersebut, tak terkecuali sakit perut sebelah kiri. jika sakit perut tersebut hanya sakit perut biasa tentu dapat disembuhkan dengan hanya perawatan dirumah,

Namun jika sakit tersebut tidak kunjung sembuh setelah melalu beberapa cara untuk mengatsinya sebaiknya periksakan diri anda ke dokter, karena dihawatirkan ada penyakit serius yang ada dalam tubuh anda yang perlu ditangi oleh dokter.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Cepat Menggunakan 5 Bahan Alami Yang Mudah Didapat

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan sakit perut sebelah kiri.

1. Berbaring

Hal yang pertama yang harus anda lakukan ketika sakit perut sebelah kiri melanda adalah dengan cara istirahat dan berbaring. dengan demikian perut perlahan perut akan terasa nyaman.

2. Mengompres bagian perut yang terasa sakit

Sakit perut juga dapat dihilangkan dengan mengompres perut dengan handuk yang direndam dengan air hangat.

3. Hindari mengkonsumsi obat - obatan

Mengkonsumsi obat - obatan memang sah - sah saja selama itu tidak perlebihan. karena jika mengkonsumsinya dengan perlebihan, bahan kimia yang terkandung dalam obat tersebut justru dapat berdampak negatif pada kesehatan.

4. Perbanyak konsumsi air putih

Untuk mengatasi sakit perut sebelah kiri juga dapat dilakukan dengan cara memperbanyak minum air mineral. hal tersebut dapat menghilangkan sakit perut yang disebabkan diare.

5. Kurangi minuman yang mengandung kafein

Jika anda sering mengalami sakit perut sebelah kiri sebaiknya kurangi mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi, teh dll.

6. Kurangi makanan pedas dan berlemak

Makanan pedas dan berlemak merupakam pemicu terjadinya sakit perut sebelah kiri. untuk menghindari rasa sakit tersebut sebaiknya hindari kedua makanan tersebut.

Demikianlah penjelasan kami seputar sakit perut sebelah kiri, semoga artike ini dapat menambah pengetahuan bagi anda yang membacanya.


EmoticonEmoticon