Tata Cara Puasa Senin Kamis Lengkap

Tata Cara Puasa Senin Kamis Lengkap

Puasa senin dan kamis merupakan amalan yang menjadi keistiqomaan baginda nabi Muhammad SAW. dan amalan tersebut juga dianjurkan kepada ummatnya. Puasa senin kamis hukumnya sunnah dan menyimpan beberapa manfaat dan keutamaan yang sangat besar. salah satu mengapa puasa senin kamis sangat dianjurkan oleh beliau, karena pada kedua hari tersebut merupakan hari dimana amal – amal manusia  akan dilaporkan kepada Allah. Selain itu, puasa senin kamis masih mempunyai beberapa keutamaan yang cukup besar dari hal yang bernilai ibadah sampai pada kesehatan tubuh.

Manfaat puasa senin kamis yang tidak boleh diabaikan.

1. Pintu surga dibuka pada kedua hari tersebut

Senin dan kamis merupakan hari yang sangat istimewa, karena pada kedua hari tersebut merupakan hari dimana pintu surga akan dibuka. oleh sebab itu, nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk mengerjalan puasa pada kedua hari tersebut.


تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan.” (HR. Muslim)

2. Hari senin merupakan hari kelahiran rosulullah 

Selain di bukanya puntu surga, hari senin juga merupakan hari kelahiran nabi muhammad SAW dan pada hari senin juga wahyu diturunkan kepada beliau.

                                                                  وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Nabi ditanya tentang puasa pada hari Senin, maka beliau bersabda, “Itu adalah hari kelahiranku dan pada hari itu wahyu diturunkan kepadaku.” (HR. Muslim)

3. Dapat melatih kesabaran

Dengan selalu istiqomah mengerjakan puasa senin kamis, maka kesabaran akan lebih terlatih sehingga membentuk ketaqwaan yang kokoh.

4. Dapat melunakkan hati

berpuasa merupakan terapi untuk mengekang nafsu. sebagaimana yang telah kita ketahui bersama jika kita selalu mengikuti keinginan nafsu, maka hati akan mengeras dan sulit untuk fokus di dalam beribadah. oleh sebab itu, kita diajurkan untuk berpuasa agar kita dapat melunakkan kerasnya hati dan lebih istiqomah dalam melakukan ibadah

5. Mengurangi lemak dan menghindari dari kegemukan

selain bernilai ibadah, puasa juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. dengan berpuasa otomatis anda lebih mengurangi porsi makan dan makanan yang anda konsumsi pun akan lebih teratur. dengan demikian anda akan terhindar dari kelebihan lemak dan kegemukan. selain itu, puasa juga dapat memperbaiki jalannya pencernaan. jadi, puasa merupakan diet yang sangat sehat dan juga alami.

6. Ikut merasakan bagaiman orang yang sedang kelaparan

selain dapat mengekang hawa nafsu, kita juga ikut dapat merasakan bagaimana kondisi orang miskin yang sedang kelaparan, sehingga kita dapat termotivasi untuk menolong mereka.

Baca Juga : 10 Doa Dalam Islam Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Dini

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Tata cara dalam puasa senin kamis sebenarnya sama dengan  tata cara puasa lainnya, hanya cukup mengubah niatnya saja.

1. Niat

Jika niat puasa pada bulan romadhan harus dilakukan pada malam hari, namun jika puasa tersebut merupakan puasa senin kamis dapat dilakukan pada malam hari dan juga bisa dilakukan pada pagi hari sebelum makan dan minum apa pun dan melakukan pekerjaan yang dapat membatalkan puasa.

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

” Nawaitu sauma yaumul isnain sunnatan lillahi ta\’ala \”
Artinya “ Saya niat puasa hari Senin, Sunnah karena Allah ta’ala.”
nah jika anda ingin niat berpuasa pada hari kamis cukup mengubah \” الاثنين \” menjadi \”الخميس\”

2. Makan sahur

Makan sahur hukumnya sunnah. meskipun hukumnya tidak wajib, makan sahur tetap dianjurkan karena dapat menambah pahala dan merupakan bekal saat menjalani puasa seharian.

3. Menahan diri dari hal – hal yang dapat membatalkan puasa

Setelah kita berniat dan makan sahur berarti kita sudah konsisten untuk melakukan puasa dengan sebaik mungkin. Puasa akan sah jika kita tidak melakukan hal – hal yang dapat membatalkannya seperti makan, minum, megguncing, berbohong, berhubungan intim dengan suami / istri dll dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Baca Juga : Doa Agar Bisa Mengerjakan Ujian Dengan Benar

4. Berbuka puasa

Setelh kita seharian menahan rasa lapar dan haus, tiba saatnya kita melepaskan semua itu dengan cara berbuka puasa. berbuka puasa dilakuan pada saat terbenamnya matahari atau masukknya waktu sholat maghrib.

Doa Sahur dan Berbuka Puasa Senin Kamis

Dalam  sahur tidak ada do\’a khusus seperti buka puasa dan lainnya. di dalam kita – kitab fiqih yang telah terpercaya keshahihannya juga tidak dicantumkan do\’a khusus untuk makan sahur. Oleh sebab itu, do\’a  sahur sama dengan do\’a makan seperi biasanya, yakni membaca  بِسْمِ اللَّهِ atau dengan do\’a yang lebih panjang

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Do\’a berbuka puasa

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْناَ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Ya Allah, untuk-Mu kami berpuasa dan dengan rizki-Mu kami berbuka. Ya Allah, terimalah (amal-amal) kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”

Demikianlah tata cara puasa senin kamis yang dapat kami bagikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan memotivasi anda untuk lebih giat untuk melakukan puasa senin kamis.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *