Skip to main content

10 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Yang Bisa anda Buka Di Rumah

10 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Yang Bisa anda Buka Di Rumah

Apakah anda saat ini sedang mencari usaha modal kecil untung besar ? anda tepat membuka website ini karena kami akan memberikan 10 contoh usaha yang sudah terbukti bisa mendatang omset yang besar walaupun dengan modal yang kecil.

Menjadi pengusaha yang sukses memang harus di mulai dari usaha yang kecil terlebih dahulu, disanalah anda akan ditempa bagaimana mengatur sebuah usaha alias try and error. Jika usaha anda rugipun maka kerugian yang akan ditanggungpun tidak terlalu besar dan tidak terlalu mengecewakan anda. Yang termasuk dalam kategori usaha dengan modal kecil disini adalah semua usaha dengan modal kisaran 1 juta hingga 5 juta.

Tapi jika usaha kecil kecilan ini anda tekuni bisa jadi akan berkembang menjadi usaha yang besar dan menjadi cikal bakal bisnis bisnis yang lainnya atau menjadi pekerjaan utama anda. Mungkin anda mengira beberapa usaha kecil dilingkungan anda memiliki omset yang kecil juga, anda salah pendatapatan perbulan mereka bisa mengalahkan gaji bekerja sebagai PNS maupun pekerja kantoran.

Usaha dengan modal kecil ini bisa dilakukan siapa saja karena waktunya tidak mengikat termasuk pelajar dari mulai SD hingga kuliahan. Namun sebaiknya memilih usaha yang memang tidak menggangu konsentrasi belajar.

10 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Yang Bisa anda Buka Di Rumah


1. Jual Gorengan




Memang bisnis menjamur dimana mana, karena untuk membuat bisnis ini tidak terlalu rumit hanya membutuhkan keahlian memasak. Modal yang dibutuhkanpun tidak terlalu besar. Jika anda memiliki modal 500 ribu hingga satu juta saja sudah bisa membuka bisnis ini.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa toko karena menjual gorengan tidak memerlukan lokasi yang besar. Anda bisa menjajakannya untuk beberapa bulan. Setelah jualan gorengan anda sudah mulai dikenal anda tinggal membukanya di depan rumah. Yang terpenting dalam usaha gorengan adalah harus memiliki cita rasa yang enak. Karena jika rasa gorengan anda hambar dan tidak enak bisa dipastikan usaha gorengan anda perlahan akan tutup karena tidak ada pembeli

Potensi keuntungannya. jika anda menjual gorengan seharga Rp. 2.000 maka jika anda mampu menjual hingga 50 gorengan perhari maka potensi pendapatannya perharinya adalah 100 ribu dan satu bulan bisa mendapatkan keuntungan 3 jutaan.

2. Usaha Jualan Bakso




Usaha kuliner yang satu ini memang menjadi pemandangan yang bisa di Indonesia baik di desa maupun diperkotaan. Hampir di semua tempat ada. Anda juga bisa ikutan membuka kuliner ini jika anda memiliki resep bakso yang enak.

Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar apalagi kalau hanya dibuka didepan rumah. Bahan bahan pembuatan bakso sangat terjangkau. Jika anda memilih menggunakan gerobak anda harus mengeluarkan modal sedikit besar karena biaya membuatan gerobak bisa menghabiskan kisaran 1 jutaan.

Yang paling penting dalam usaha kuliner termasuk bakso adalah cita rasanya dan pelayanan. Jika rasa bakso dan pelayanan anda memang memuaskan pelanggan, bisa jadi mereka akan datang lagi bahkan secara gratis akan merekomendasikan kepada teman temannya.

Perkiraan keuntungan menjual bakso bisa berkisar 3-5 juta perbulan. Jika anda mampu menjual 20 mangkok dalam setiap hari dengan keuntungan bersih 5 ribu per mangkok maka keuntungan dalam perbulannya bisa 3 jutaan belum ditambah dari hasil jualan minuman, anggaplah keuntungan air minumnya pergelas 2000 maka keuntungan perbulannya adalah Rp. 1.400.000. Jika ditotal adalah Rp. 4.500.000 lumayan bukan ?

3. Usaha Mie Ayam




Usaha mie ayam juga merupakan usaha yang populer di Indonesia. Usaha ini tidak jauh beda dengan usaha bakso banyak penggemarnya. Usaha kuliner yang asing bagi lidah orang Indonesia ini sangat potensi buat anda, terutama jika rasa mie ayam anda diatas rata rata para penjual mie ayam lainnya.

Ada beberapa tips membuka dan mengembangkan usaha mie ayam ini agar laris selain rasa dan pelayanan. Pertama Pilih lokasi yang tepat utamanya di tempat tempat keramaian seperti di stasiun, pabrik, sekitar kampus dan beberapa tempat strategis lainnya.  Kedua, mulailah usaha dengan harga yang murah untuk menarik pelanggan, jika usaha mie ayam anda sudah banyak peminatnya perlahan harganya bisa anda samakan dengan yang lainnya.

Analisa keuntungannya tidak jauh beda dengan usaha bakso dengan kisaran keuntungan 3 sampai 4 juta perbulan ini jika anda bisa menjual 20 mangkok mie ayam setiap harinya dengan keuntungan 5000 permangkok. Jika anda kreatif bisa menggabungkan dua usaha yaito usaha bakso dan mie ayam. Anda bisa menambahkan bakso kedalam mie ayam anda.

Baca Juga : 5 Cara Jualan Jilbab Agar Laris dan Cepat Laku

3. Usaha Potong Rambut



Usaha potong rambut juga termasuk usaha dengan modal kecil penghasilan besar. Usaha ini sangat laris terutama didaerah perkotaan. Rambut manusia ini terus tumbuh dan harus dirapikan setiap 2 minggu hingga 1 bulan sekali dan ini peluang bagi anda. Jika anda mahir memotong rambut dengan berbagai model, anda bisa menyewa tempat dan bukalah jasa pontong rambut.

Modal yang dibutuhkanpun tidak terlalu besar. Hanya membutuhkan sewa tempat dan beberapa peralatan memotong rambut. Analisis keuntungannya jika dalam setiap hari mendapatkan pelanggan 10 orang saja dengan biaya potong rambut 15 ribu maka omset setiap hari yang anda dapatkan sekitar 150 ribu dan sebulan bisa mendapatkan omset Rp. 4.500.000. Anda juga bisa membuka usaha tambahn seperti semir, dan yang lainnya.

4. Usaha Jahit Menjahit




Usaha selanjutnya adalah menjahit. Usaha ini juga tergolong usaha dengan modal minim tapi omsetnya besar. Modal usaha membuka hanya membutuhkan keahlian dan membeli mesin jahit, utuk tempat anda bisa membuka dirumah. Usaha ini cocok buat ibu rumah tangga, sambil menjaga anak anda bisa membuka jahitan dirumah.

Point penting dari usaha ini adalah hasil jahitan yang bisa memuaskan pelanggan dan pelayanan yang memuaskan serta cepat. Jika anda baru coba coba dengan keahlian yang minim jangan mencoba langsung membuka jasa jahitan karena tidak lama usaha anda akan tutup karena tidak akan ada lagi yang mau menjahitkan bajunya ke anda.

Anda bisa memperdalam keahlian menjahit anda disemua bidang fashion seperti kemeja, kerudung, jubah dan sebagainya. Jika anda sudah benar benar mahir dan hasilnya memuaskan baru anda bisa membuka usaha ini.

Analisis keuntunga keuntungannya adalah jika anda meneriama 10 jahitan dalam satu bulan dengan harga jasa Rp. 80.000 perpotong maka keuntungannya perbulan bisa mencapai Rp. 2.400.000 perbulan lumayan bukan untuk penghasilan rumahan ?

5. Jualan Kue 



Jualan kue memang usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Usaha ini juga lagi booming tidak hanya saat ini saja, tapi sejak dulu. Apalagi saat ini sudah tersedianya sarana pemasaran yang praktis yaitu media sosial. jangan heran jika diberanda anda banyak sekali postingan jasa pembuatan kue ini.

Ada banyak yang bisa anda buka di jasa pembuatan kue ini, seperti kue kering, kue ulang tahun, kue untuk acara, kue basah dan sebagainnya. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar hanya membutuhkan bahan bahan pembuatan kue dan oven. Point penting yang harus anda perhatikan dalam membuka usaha ini adalah keahlian memasak dan cita rasa yang enak. Untuk usaha jasa pembuatan kue ulang tahun anda harus mahir dalam merias kue.

Analisis keuntungannya jika anda mampu menjual 20 kue setiap harinya dengan keuntungan 1.000 perkue maka dalam satu bulan Rp. 600.000 dari kuenya saja. Belum dari penjualan jasa pembuatan kue ulang tahunnya jika anda menerima 10 orderan saja kue ulang tahun dengan harga 150 ribu perkue maka keuntungan anda dalam 1 bulan bisa mencapai Rp. 1.500.000

6. Bengkel dan Tambal Ban



Jika anda punya keahlian dibidang memperbaiki sepeda motor anda bisa membuka bengkel kecil kecilan. Utamanya buat anda yang memiliki rumah dipinggir jalan. Anda hanya cukup bermodal alat alat bengkel seperti obeng dan sebagainya. Agar keuntungan semakin besar anda bisa juga menjual berbagai aksesoris dan kebutuhan sepeda motor lainnya.

Analisis keuntungannya jika dalam satu hari bisa memperbaiki 5 sepeda motor dengan biaya reparasi 50.000 maka dalam satu bulan akan mendapatkan Rp. 7.500.000 hasil yang sangat menjanjikan. Dengan pendapatan itu bisa anda sisihkan untuk biaya pengembangan bengkel anda.

7. Jasa Servis Komputer Dan Hanphone




Jika anda memiliki keahlian memperbaiki komputer dan handphone anda bisa membuka jasa reparasi. Modal yang diperlukan hanya alat alat yang digunakan dalam reparasi saja. seperti obeng, Blower, Solder dan sebagainya. Jika anda memiliki uang di bawah 5 juta saja anda sudah bisa membuka service dengan peralatan yang memadai sekaligus menjual beberapa sparepart.

Analisis keuntungannya, jika anda bisa memperbaiki komputer dan handphone dalam satu bulan 20 buah dengan biaya service Rp. 100.000 maka akan mendapatkan omset 2.000.000 belum dari penjualan sparepartnya dan sebagainya.

8. Jualan Pulsa Dan Kuota Internet



Jualan pulsa merupakan usaha paling laris saat ini. bagaimana tidak? hampir semua orang memiliki handphone karena handphone sudah menjadi kebutuhan yang amat penting. Handphone kini tidak hanya digunakan untuk komunikasi saja tapi juga mengakses informasi dengan internet, dan ini kesempatan besar anda, walaupun keuntungan pertransaksi tidaklah seberapa namun jika diakumulasikan dalam satu bulan untungnya juga besar.

Modal yang dibutuhkan jualan pulsa tidaklah banyak, jika anda memiliki uang 100.000 saja sudah bisa membuka penjualan pulsa. Jika ingin pendapatannya berlipat lipat anda bisa menjual kebutuhan lainnya seperti aksesoris dan token listrik.

Analisis keuntungannya jika ada 20 transaksi dalam setiap harinya dengan keuntungan 1500 pertransaksi maka keuntungan yang anda dapatkan dalam satu bulan adalah Rp. 900.000 padahal kerjanya cuma main HP saja. Jika ingin usaha pulsa anda sukses bisa anda baca di artikel 10 Rahasia Sukses Jualan Pulsa Meski Hanya Dengan Modal Minim

9. Membuka Les Private



Jika anda memiliki bakat menjadi pengajar dan memiliki keahlian di salah satu bidang keilmuan, seperti matematika, bahasa inggris dan sebgainya anda bisa membuka les private di rumah. Usaha ini tidak membutuhkan banyak modal cukup untuk membeli papan tulis dan spidol dan membuat bahan ajar. Lokasinya juga bisa tidak perlu menyewa tempat bisa menggunakan ruang tamu. Namun untuk lebih profesional anda bisa menyewa tempat yang agak luas.

Analisis keuntungannya, jika anda pemiliki 20 peserta les dengan biaya les 50.000 perbulan dalam satu bulan keuntungan yang bisa anda dapatkan sebesar 1 juta tiap  bulannya. Lumayan untuk usaha sampingan anda.

10. Jualan Es



Jualan es juga tidak memerlukan modal yang besar, jika dirumah sudah memiliki frezeer bisa anda manfaatka untuk jualan es. Es sangat digemari anak anak, anda bisa membuka usaha ini dirumah terlebih jika anda bisa menjualnya di sekolah maka anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Analisi keuntungannya, jika anda mampu menjual 100 buah es, dengan keuntungan 500 rupiah maka sehari akan mendapatkan keuntungan 50 ribu, jika diakumulasikan dalam satu bulan maka bisa mendapatkan keuntungan Rp. 1.500.000. Jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih anda bisa menjual berbagai varian es, seperti es krim, es lilin dan sebagainya.


Keuntungan Membuka Usaha Sendiri


Memiliki usaha sendiri ibaratkan lebih baik menjadi raja dikerajaan sendiri walaupun kecil daripada menjadi prajurit dikerjaan yang besar, Ada banyak keuntungan jika anda berbisnis sendiri walaupun dengan usaha yang kecil, pertama anda bekerja tidak berada dalam tekanan siapapun, anda bekerja sendiri, harus memotivasi sendiri, jika anda giat mengelola bisnis anda maka akan berpotensi menjadi besar. Kedua, gajiannya tiap hari, jika anda bekerja kepada orani lain mungkin gajiannya hanya satu bulan sekali. Ketiga, Memperoleh kepuasan, jika anda berwirausaha mandiri anda akan merasa puas terutama jika usaha anda mulai berkembang.

Penutup 


Demikianlah 10 contoh usaha dengan modal kecil untung besar yang bisa saya sajikan kepada anda semuanya. Anda bisa memilih salah satu usaha diatas yang menurut anda sesuai dengan kondisi dan hoby anda. Bisnis yang baik memang harus dijalankan dengan sepenuh hati dan sesuai hobi anda.

Jika anda suka kuliner anda bisa mencoba usaha bakso maupun mie ayam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang bingung mencari usaha dengan modal yang pas pasan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar