Sabtu, 12 Januari 2019

10 Kebiasaan Setiap Hari Rasulullah Yang Harus Di Contoh Umatnya

10 Kebiasaan Setiap Hari Rasulullah Yang Harus Di Contoh Umatnya

Dalam Al Qur'an telah diterangkan bahwa RasulullahSAW merupakan suri tauladan bagi umatnya. Hari hari kehidupan Rasulullah penuh dengan keteladan yang harus di contoh bagi siapa saja yang menginginkan hidup penuh dengan kemuliaan dan keberkahan. Baik itu dari kalangan muslim maupun non muslim.

“Sesungguhnya pada diri Rasulullah terdapat teladan yang baik.” (QS Al-Ahzab: 21)

Dalam agama Islam mencontoh apa yang dilakukan oleh Rasulullah dikenal Sunnah Rasul, dimana penegertiannya adalah jika kita mengerjakan mendapatkan pahala jika tidak mengerjakan tidak masalah alias tidak berdosa. Tapi tentunya apa yang dilakukan Rasulullah bisa mendatangkan kebaikan kepada umatnya.

Sejak kecil Rasulullah terkenal memiliki akhlak yang agung. Tak heran masyarakat Mekkah pada waktu itu menggelarinya dengan Al Amin "yang dapat dipercaya". Saat terjadi permasalahan yang rumit Rasulullah selalu hadir menjadi solusi, bagaimana ketika masyarakat mekkah berselisih tentang siapa yang berhak mengangkat batu Hajar Aswad yang hampir membuat pertumpahan darah dengan kebijaksanaanya Rasulullah mampu menjadi solusi.

Rasulullah memiliki kesempurnaan akhlak. Pujian terhadap akhlak beliau takkan pernah lekang oleh waktu. Bahkan hingga saat ini setelah ribuan tahun beliau meninggalkan umatnya. Perbincangan tentang tatakramanya selalu asik dan takkan pernah habis dibicarakan. Bahkan H. Hart menobatkan  Rasulullah sebagai manusia paling berpengaruh di urutan pertama dari 100 tokoh berpengaruh yang ada di dunia.

Banyak umat islam saat ini yang sudah mengnadrungi keteladanan sikap beliau, mencoba bersikap sebagaimana Rasulullah bersikap, sungguh indah rasanya melihatnya., apalagi ketika kita hidup dijaman Rasulullah dan para sahabat sungguh anugrah yang tidak bisa diuapkan dengan kata kata.

Dalam postingan ngaji kali ini kami akan memberikan amalan harian Nabi Muhammad SAW. Tak lain tujuan kami agar kita bisa meneladani bagaimana kehidupan harian Rasulullah agar kehidupan kita lebih berkah.

Apa yang akan kami paparkan sebenarnya hanya sebagian saja dari sunnah sunnah Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari hari. Sebenarnya masih banyak sekali yang belum kami sebutkan ada ratusan bahkan ribuan amalan yang dikerjakan Rasulullah dalam kesehariannya.

10 Kebiasaan Setiap Hari Rasulullah Yang Harus Di Contoh Umatnya


1. Sentiasa berwuduk dan menjaga wuduk.


Berwudu' merupakan salah satu aktifitas pembersihan diri di dalam Islam selain mandi, Air wudhu akan mereflesikan otot otot yang menegang utamanya wajah, mereka yang rajin menjaga wudhu wajahnya akan selalu tanpa segar dan bersinar. Tidak hanya itu tapi wudhu merupakan syarat sahnya shalat. Ada banyak pahala yang Allah janjikan bagi mereka yang selalu menjaga wudhu salah satunya nanti akan menjadi identitas umat Islam saat berada di hari kiamat kelak.

Dalam haditsnya, Dari Abu Hurairah ra. berkata: “Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan dipanggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu. Dan barangsiapa yang mampu untuk memperlebar putihnya maka kerjakanlah hal itu”". (Riwayat Bukhari dan Muslim)


2. Sholat subuh berjamaah. 


Rasulullah tidak pernah absen sahalat berjamaah selama hidupnya bahkan saat beliau sakit parahpun beliau tetap berusaha berjamaah bersama para sahabatnya. Shalat subuh berjamaah memiliki pahala yang sangat luar biasa salah satunya adalah menjadi penghalang masuk neraka.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

Baca Juga : Bolehkah Suami Istri Bermesraan Di Depan Umum ?

3. Bersiwak


Rasulullah sangat menyukai siwak, bahkan dalam sebuah hadist jika siwak ini tidak memberatkan bagi umatnya maka niscaya siwak ini akan di wajibkan. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW, “Kalau bukan karena akan memberatkan umatku, tentulah kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudhu. (Riwayat Bukhari dan Muslim).

 Dalam redaksi hadist lainnya disebutkan, “Kalau bukan karena akan memberatkan umatku tentulah kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan shalat.” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim). Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa siwak itu lebh baik dari berbagai jenis merk sikat dan pasta gigi yang modern saat ini.

4. Memberi salam kepada semua muslim hingga kepada anak-anak kecil.


Mutiara keagaungan akhlak Rasulullah ditunjukkan kepada siapaun termasuk kepada anak kecil sekalipun.  Walaupun Rasulullah seorang Rasul, pemimpin umat Islam, seorang penguasa tapi Rasulullah tidak pernah gengsi termasuk memberikan salah terlebih dahulu kepada anak kecil. Karena salah bagi umat Islam adalah doa, kita semasa muslim dianjurkan untuk saling mendoakan karena pada dasarkan doa kita kepada orang lain sejatinya sama saja mendoakan diri kita sendiri.

5. Sentiasa menunaikan solat dhuha.


Sholat Dhuha merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan didalam Islam oleh karenanya Rasulullah rutin melaksanankannya. Shalat dhuha dikenal sebagai shalat untuk memperlancar rezeki. Shalat ini bisa menjadi sedekah atas persedian yang ada diseluruh badan kita.

“Dari Buraidah, beliau mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.”


6. Berpuasa dan berbuka puasa dengan sederhana.


Kebiasaan kita saat berbuka puasa dengan menyantap semua makanan yang disajikan hingga terkadang sampai kekenyangan dan malas untuk melaksanakan shalat. Kita perlu meniru bagaimana Rasulullah dalam berbuka puasa. Dalam sebuah hadist Rasulullah berbuka puasa dengan makanan seadanya dan tidak berlebihan

Anas bin Malik r.a. berkata, "Rasulullah SAW berbuka dengan mengonsumsi beberapa butir kurma basah sebelum salat maghrib. Jika tidak ada kurma basah, maka dengan kurma kering. Dan jika tidak ada cukup dengan beberapa teguk air." (HR Abu Dawud).

Baca Juga : Ternyata Begini Cara Mandi Wajib Yang Benar Dan Lengkap Sesuai Sunnah

7. Bersegera menunaikan solat apabila masuk waktunya.


Rasulullah selalu berjamaah dengan para sahabatnya itu artinya Rasululah selalu mengerjakan shalat tepat waktu. Shalat tepat waktu memiliki beberapa faedah yaitu untuk mendisiplinkan diri dan lebih mengutamakan Allah dibanding dengan yang lainnya. Shalat tepat waktu merupakan amalan yang paling dicintai disisi Allah SWT. Dalam sebuah hadist disebutkan.

Dari ‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang amal apakah yang paling dicintai oleh Allah. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Shalat pada waktunya”. Ibnu Mas’uud berkata : lalu apa ? Beliau menjawab : Berbuat baik kepada kedua orang tua. Ibnu Mas’uud berkata : lalu apa ? Beliau menjawab : Jihad di jalan Allah. (HR.Bukhari No.527).

8. Sebelum tidur, mengambil wuduk terlebih dahulu dan berbaring mengiring ke kanan.


Kita perlu meneladani kebiasaan Nabi Muhammad dari mulai tidur sampai tidur lagi karena didalamnya terdapat banyak hal yang postif dan bermanfaat salah satunya didalamnya terdapat tuntunan kesehatan dimana saat kita tidur Rasulullah menyuruh kita untuk miring kesebelah kanan.

Mengapa harus miring kesebelah kanan ? Rasulullah tidak sembarangan dalam melakukan apapun karena semuanya bersumber dari Allah SWT. Seperti posisi tidur Rasulullah menganjurkan miring kesebelah kanan. Dalam dunia kesehatan tidur miring kesebelah kanan memiliki segudang manfaat diantaranya, mengitirahatkan otak sebelah kiri, mengurangi beban jantung, mengistirahatkan lambung, meningkatkan penyerapan gizi dan menjaga kesehatan paru paru.

9. Mendahulukan yang kanan. 


Rasululullah selalu menganjurkan melakukan apapun perkara yang baik dengan menggunakan anggota yang sebelah kanan. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadist

“Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam amat menyukai memulai dengan kanan dalam mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci dan dalam urusannya yang penting semuanya” (Muttafaqun ‘alaih).


10. Sentiasa bangun malam untuk menunaikan sholat tahajjud.


Shalat tahajjud meruapakan sholat yang juga sangat dianjurkan untuk di amalkan dalam keseharian. Banyak sekali hadist yang menjelaskan tentang fadhilah dan keutamannya. Sebagai seorang muslim harus berusaha mengerjakannya, karena tahajjud ini merupakan shalat sunnah yang tidak hanya rutin dilaksanakan oleh Rasululah, tapi para sahabat, ulama' terdahulu. Bahkan bagi mereka menganggap shalat tahajjud adalah wajib bagi mereka.

Rasulullah SAW bersabda, "Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR Tirmidzi).

Nah itulah kebiasaan kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah, semoga kita semua diberi hidayah dan kekuatan mencontoh prilaku dan amalan harian Rasulullah ini dan mendapatkan syafaatnya kelak dihari kiamat.


EmoticonEmoticon