Sabtu, 05 Januari 2019

5 Cara Mengatasi Penuaan Dini Menggunakan Bahan Tradisional

5 Cara Mengatasi Penuaan Dini Menggunakan Bahan Tradisional

Cara mengatasi penuaan dini menjadi pertanyaan bagi sebagian orang terutama bagi mereka para wanita. Masalah penuaan dini biasanya muncul ketika seseorang telah berusia diatas 20 dan 30 tahun. Namun masalah penuaan dini tidak hanya saja menghantui wanita saja tapi pria juga. Walaupun pria tidak terlalu memberikan perhatian pada masalah ini.

Ketika itu banyak terjadi perubahan besar pada kulit anda, terutama pada bagian wajah. Kulit kusam, berminyak, kering, hingga menua adalah sederet masalah kulit yang membutuhkan penanganan jika anda memang ingin memiliki kulit yang bersih, cantik, dan berseri

Semakin bertambahnya usia seseorang, jaringan kolagen pada kulit manusia menjadi lemah serta elastisitasnya semakin berkurang. Hal itu menjadi memicu terjadinya penuaan dini, dimana kulit wajah anda terlihat lebih tua dari yang seharusnya.

Ciri Penuaan Dini


1. Muncul Bintik Atau Flek


Bintik atau flek ini biasanya muncul karena paparan sinar matahari yang terlalu sering kepada tubuh kita. Bianya bintik hitam muncul di bagian wajah namun beberapa muncul di angota tubuh lain seperti bahu dan lengan. Bintik hitam ini akan membuat wajah anda terlihat kusam dan lebih tua dari usia anda.


2. Munculnya Kerutan


Ciri yang satu ini memang menjadi indikator peroses penuaan, biasanya orang akan cepat menyadarinya dan segera melakukan perawatan. Jika anda mengalami ini diusia anda yang relatif muda umur 20 hingga 30 taun, ini bisa menjadi pertanda gejala penuaan dini. Biasanya garis garis keriput biasanya muncul disekitar daerah rahang dan pipi serta pada bagian ujing mata.

3. Kulit Lebih Kasar dan Kering


Penyebab penuaan dini yang satu ini juga disebab karena paparan matahari dan radikal bebas yang terlalu sering kepada tubuh kita. Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan menyebabkan hilangnya kelembabab pada kulit sehingga membran sel lebih berpori dan kulit akan menjadi kering dan kasar.

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan diatas, kebiasaan hidup yang buruk juga membuat penuaan dini menyerang kulit anda. Untuk itu, coba lakukan beberapa tips alami berikut ini guna mengatasi permasalahan tersebut.


Cara Mengatasi Penuaan Dini


1. Menggunakan Minyak Zaitun


Mengapa minyak zaitun? Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E pada minyak tersebut mampu membuat kulit terasa kencang. Tak cukup sampai disitu, minyak zaitun juga mampu meregenerasi kulit serta meningkatkan produksi kolagen sehingga terhindar dari masalah penuaan dini.

Caranya oleskan minyak zaitun pada wajah anda secara merata sembari melakukan pemijatan selama kurang lebih 5 menit. Lakukan sebelum tidur dan jangan lupa bilas dengan air setelah masker tersebut benar-benar kering.

2. Madu


Madu memang rajanya bagi penanganan masalah kesehatan dan juga kecantikan. Selain mengatasi masalah kulit kusam, ternyata madu juga berkhasiat mengatasi penuaan dini pada kulit manusia. Madu berperan dalam mengangkat sel kulit mati dan mendorong sel-sel kulit baru untuk menyamarkan dan menghilangkan bintik pemicu adanya penuaan dini.

Melakukan perawatan wajah dengan madu sangatlah mudah, cuci muka anda terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian oleskan madu dengan gerakan melingkar selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal, pastikan anda menggunakan madu yang asli, bukan yang palsu.

Madu bisa menjadi masker alami untuk mencegah penuaan dini yang paling ampuh dan tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi kulit.

3. Menggunakan Buah Pisang


Buah yang satu ini selain baik untuk melancarkan pencernaan, juga terbukti menjadi makanan yang mencegah penuaan dini. Buah pisang dapat menyamarkan keriput atau garis-garis halus yang menjadi salah satu tanda penuaan pada kulit.

Caranya cukup mudah, haluskan buah pisang hingga berbentuk seperti krim. Oles pada bagian wajah beserta leher, diamkan sejenak sekitar 20 menit baru bilas menggunakan air bersih.

4. Menggunakan Perpaduan Kentang dan Bengkoang


Cara mengatasi penuaan dini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kentang dan juga bengkoang. Kedua bahan tersebut berkhasiat dalam menjaga kelembaban dan mencerahkan kulit. Selain itu kentang dan bengkoang juga dapat menjaga elastisitas kulit sehingga mengurangi resiko terjadinya penuaan dini.

Haluskan kentang dan juga bengkoang, kemudian gunakan sebagai masker lada wajah anda. Lakukan hal tersebut pada malam hari. Bilas menggunakan air hangat keesokan harinya setelah bangun tidur.

Baca Juga : Mau Tampil Cantik Luar Dalam ? Ini Tipsnya !

5. Mengkonsumsi Banyak Air Putih


Salah satu faktor pemicu terjadinya penuaan dini yaitu kulit yang mengalami dehidrasi, ditandai dengan kulit yang terlihat muncul keriput. Air putih juga berguna untuk membuang setiap racun yang tidak diperlukan oleh tubuh anda. Untuk wajah yang lebih cantik, rutin mengkonsumsi air putih bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Selain beberapa bahan tradisional diatas juga penting menjaga pola hidup yang sehat utamanya 2 hal ini.


1. Istirahat Yang Cukup


Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menjaga istirahat kita, salah satunya adalah mencegah penuaan dini. Istirahat tidak hanya sebagai kebutuhan biologis tubuh tapi tidur yang cukup juga mempengaruhi terhadap kecantikan kulit kita.

Sebaliknya istirahat yang kurang akan membuat tubuh kita lelah dan akan memicu stres. Stres sangat mempengaruhi hormon yang ada didalam tubuh kita. Salah satunya hormon kortisol yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

2. Olah Raga


Sudah tidak bisa dipungkiri, rajin olah raga tidak hanya membuat tubuh sehat juga akan menjaga kesehatan kulit kita. Keringat yang dikeluarkan saat berolah raga akan membuat kotoran yang mengendap pada pori pada kulit akan terdorong ikut keluar bersama keringat. Sehingga kulit kita akan bersih dan segar. Tidak hanya itu olah raga juga akan membuat sirkulasi udara dalam tubuh akan lancar sehingga nutrisi yang ada dalam tubuh akan tersuplay dengan baik ke kulit kita.

Baca Juga : 15 Manfaat Air Lemon Hangat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Perlu Anda Ketahui


Penutup 


Jangan sampai wajah anda terlihat lebih tua sehingga mempengaruhi penilaian seseorang tentang diri anda. Rawat kulit dengan beberapa cara diatas guna atasi masalah penuaan dini yang membuat anda tidak percaya diri. Soal efek samping, anda tidak perlu mengkhawatirkannya sebab cara mengatasi penuaan dini ini menggunakan bahan-bahan tradisional atau alami yang bebas dari bahan berbahaya.


EmoticonEmoticon