Jumat, 04 Januari 2019

7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Paling Ampuh

7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Paling Ampuh
Radang tenggorokan adalah rasa sakit dan kering pada tenggorokan yang biasanya disertai batuk dan flu. orang yang mengalami radang tenggorokan akan kesulitan untuk menelan, hal tersebut disebabkan karena tenggorokan yang membengkak.

Banyak orang yang mengaggap sepele terhadap penyakit yang disebabkan virus ini, karena biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. sekalipun penyakit ini tidak tergolong pada penyakit yang tidak terlalu membahayakan, namun pada kenyataannya radang tenggorokan dapat menyebabkan orang yang menderitanya menjadi lemas, panas dan sangat mengganggu aktivitas sehari - hari.

Ada banyak banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya radang tenggorokan seperti virus, bakteri, panas dalam, alergi dll. radang tenggorokan menyerang pada saat cuaca tidak menentu, oleh sebab itu kita dianjurkan untk selalu menjaga kekebalan tubuh.

Ciri ciri radang tenggorokan biasanya diawali dengan rasa yang tidak nyaman pada tenggorokan, mudah sariawan dan mulu terasa kering. Jika anda anda mengambil gambar radang tenggorokan biasanya tenggoran anda akan terlihat merah.

Jika anda mengalami radang tenggorokan jangan terburu - buru untuk pergi ke dokter atau mencari obat ke apotek, karena ada banyak cara alami yang tentunya  lebih aman dan ekonomis yang terbukti dapat menyembuhkan penyakit ini. nah, dibawah ini sederet cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cara alami dan sesuai dengan umur penderitanya.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Pada Orang Dewasa


Berikut adalah obat radang tenggorokan paling ampuh alami bagi orang dewasa. Namun pastikan dalam pengobatan ini lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dan jangan lupa dalam pengobatan sebainya anda menahan diri terhadap makanan penyebab radang tenggorkan yang paling umum yaitu gorengan yang mengandung minyak, pedas, asam dan mengandung kafein.


1. Air Putih


Air putih memang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat menutrisi kulit dan menyembuhkan radang tenggorokan.

Kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih 2 liter atau setara dengan 8 gelas dalam setiap harinya. oleh sebab itu, jangan malas atau pun gengsi untuk meminum air putih.


2. Air Lemon dan Air Hangat


Lemon emang sangat terkenal dengan rasanya yang masam dan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, jadi tidak heran jika buah ini sering dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit termasuk juga radang tenggorokan.

Perasan air lemon berkhasiat untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab sakit tenggorokan dan mengempiskan tenggorokan yang bengkak. 

Perasan air lemon yang dicampur dengan air hangat akan sangat efektif untuk hilangkan sakit tenggorokan. Dengan anda rutin meminum persan air lemon yang dicampur dengan air hagat, maka radang tenggorokan akan cepat disembuhkan.

Baca Juga : Mengenal Ambien (Wasir) Penyebab Gejala Dan Pengobatannya

3. Air Garam


Air garam juga sangat efektif untuk redakan sakit tenggorokan. untuk menggunakan metode ini, anda dapat mencampurkan garam secukupnya pada segelas air, lalu diminum atau hanya denga mengkumurnya.


4. Madu


Dari dulu madu sangat terkenal dalam dunia pengobatan. dengan mengkombinasikan teh dan madu, akan sangat efektif untuk sembuhkan radang tenggorokan. selain itu, minuman ini juga sangat ampuh untuk redahkan batuk.

5. Bawang Putih


Bawang putih adalah bahan yang digunakan untuk memasak dan mempunyai aroma yang cukup menyengat. namun manfaat tidak hanya berhenti dengan melezatkan masakan saja, namun juga dapat bermanfaat dalam dunia pengobatan.

Dengan menguyah bawang putih dan menngunakan airnya untuk berkumur akan sangat membantu untuk sembuhkan radang teggorokan.

6. Istirahat Yang Cukup


Selain mengkonsumsi beberapa bahan alami diatas, radang tenggorokan juga dapat dihilangkan dengan cara istirahat yang cukup. dengan selalu mengatur jam istirahat dan tidur, maka sistem imun akan kembali normal dan radang tengorokan dapat dihindari.

7. Mandi Di Pagi Hari Secara Rutin


Jika anda sudah merasakan tenggorokan anda terasa tidak enak dan terlihat memerah mandilah setiap pagi jam 4 pagi. Pengobatan alami ini bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan anda. Mandi di pagi hari dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Air myang disiramkan kepada tubuh disaat pagi hari mampu menstimulasi pembentukan sel sel darah putuh baru untuk melawan bakteri dan virus yang bersarang ditubuh anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anyang Anyangan Dengan Cepat Dan Aman

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak


Karena tenggorokan yang terasa sakit, sering kali anak yang mengalami hal ini akan kehilangan nafsu makannya, alhasil anak tersebut menjadi lemas dan sedikir rewel.

Cara alami tidak hanya untuk mereka yang dewasa saja, namun radang tenggorokan pada anak - anak juga dapat disembuhkan dengan yang alami.

1. Kaldu Ayam Kampung


ayam mengandung zat besi, anti bakteri dan anti inflamasi, sehingga sangat efektif untuk mengobati radang tenggorokan pada anak. untuk membuat kaldu harus menggunakan ayam kampung, karena ayam kampung masih terjaga keasliannya. untuk lebih cepat menyembuhkan raang tenggorokan, dalam pembuatan kaldu campurkan bawang putih. sajikan kaldu ayam tersebut selagi hangat.


2. Teh Campur Madu


Selain kaldu ayam, anda juga dapat menyajikan teh hangat dicampur madu untuk redakan sakit tenggorokan pada anak.

Madu berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh terhadap gangguan bakteri dan virus, sedangkan teh berkhasiat untuk melegakan tenggorokan. jadi, perpaduan kedua bahan alami tersebut sangat baik untuk mengobati sakit tenggorokan.

3. Berkumur Dengan Air Yang Dicampur Garam


Garam biasa kita gunakan untuk menambah cita rasa makanan juga sangat bermanfaat untuk meredahkan radang tenggorokan bagi orang dewasa maupun anak - anak.

Jika untuk orang dewasa mungkin  tidak dibatasi garam yang akan dilarutkan, namun jika untuk anak usahan rasanya tidak perlu pekat, cukup tambahkan seperempat sendok makan garam dengan air hangat sebanyak 250 ml air.

Cara Mengobati Rasa Sakit Pada Tenggorokan Saat Menelan


Umumnya rasa sakit disebabkan karena kerongkongan yang rusak dan juga disebabkan saraf dan otot - otot dalam keadaan lemah. berikut beberapa cara alami yang mungkin dapat anda coba untuk meredahkannya.

1. Jus Jeruk


Vitamin C yang terkandung dalam jeruk sangat efektif untuk mengembalikan kerongkongan yang rusak. sehingga rasa sakit pada tenggorokan saat menelan dapat dihindari

2. Kompres


Untuk mengembalikan otot - otot serta saraf yang lemah dan mengembalikan kerongkongan yang rusak, ada baiknya anda menggunakan metode ini.

Kompres tenggorokan dengan menggunaan kain yang dicelupakan pada air hangat. gunakan metode ini setiap hari sampai rasa sakit pada tenggorokan benar - benar hilang.


3. Hindari Merokok


Merokok hanya dapat menimbulkan berbagai penyakit, termasuk juga radang tenggorokan. jika anda mengalami rasa sakit saat menelan, sebaiknya jauhi dulu merokok. karena asap rokok yang kita hirup  hanya akan memperparah penyakit tersebut.

Penutup


Demikianlah beberapa tips dari kami cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan yang alami. biasakanlah hidup sehat, agar penyakit tidak gampang hinggap pada tubuh kita.

Jika yang anda derita tidak kunjung sembuh dalam waktu yang relatif lama atau radang tenggorokan akut, sebaiknya membawanya kedokter untuk mendapatkan pengobatan.

Resep obat dari dokter terkadang lebih ampuh dan mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. Semoga artikel ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon