Skip to main content

Subhanallah, Besarnya Keutamaan Sayyidul Istighfar Bagi Yang Membacanya

Subhanallah, Besarnya Keutamaan Sayyidul Istighfar Bagi Yang Membacanya

Sayyidul Istighfar merupakan lafadz istighfar terbaik yang langsung bersumber dari Rasulullah SAW. Arti sayyidul istighfar sendiri adalah pemimpinnya atau rajanya istighfar, yang jelas sebutan pemimpin atau raja menunjukkan bahwa bacaan sayyidul istighfar ini lebih unggul di banding dengan bacaan istghfar istighfar lainnya.

Imam Bukhari mengungkapkan ini merupakan lafadz istighfar terbaik. Dari segi maknanyapun memang banyak menunjukkan kerendahan diri di depan Allah SWT,  tampak sekali kalau kita itu hamba yang tidak punya kekuatan apa apa di hadapan Allah SWT. Menurut Ust Nuzul Dzikri LC. Semua keutamaan, fadhilah dan keistimewaan istifghfar semua berada di Sayyidul Istighfar.

Sama dengan lafadz istighfar lainnya Sayyidul Istighfar di ucapkan atau di dzikirkan untuk memohon ampun kepada Allah atas dosa dosa yang telah kita perbuat. Membaca sayyidul istighfar memiliki banyak keutamaan dan keajaiban, ini sama ketika membaca istighfar lainnya namun ada salah satu hadist yang memang jelas jelas mengungkapkan keistimewaan membaca Sayyidul Istghfar ini yaitu jaminan surganya Allah SWT.

Dari Saddat bin Aaus RA,  Nabi Muhammad SAW bersabda " Sayyidul Istighfar adalah barang siapa yang membaca ketika sore hari dengan meyakini kandungannya, kemudian meninggal pada malam itu, maka ia akan masuk surga, dan barangsiapa yang membacanya pada pagi hari dan meyakini kandungannya kemudian meninggal pada hari itu maka ia akan masuk surga ". (HR Bukhari).

Baca Juga : Memiliki Pahala Yang Sangat Besar, Yakin Tidak Mau Jadi Muadzin ?

Namun membaca istighfar yang bagaimana yang bisa mendatangkan keistimewaan ? Menurut Ust Yusuf Mansur  bacaan Sayyidul Istighfar yang mendatangkan keutamaan adalah  yaitu membaca istighfar dengan memohon ampun kepada Allah dan berusaha tidak melakukan perbuatan dosa yang baru. Karena banyak diantara yang membaca istighfar tapi hanya dimulut saja, sedangkan hati dan fikirannya tidak benar benar menyesali perbuatan dan dosa yang telah dilakukan sehingga walaupun membaca istighfar maksiat dan dosanya jalan terus.

Berikut adalah lafadz Sayyidul Istighfar :



Besarnya Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar



Selain jaminan surga susai hadist di atas ada banyak keistimewaan lain ketika kita membacanya secara rutin. Menurut Ust Adi Hidayat L.C MA sebenarnya keutamaan Sayyidul Istighfar maupun istighfar yang lainnya sudah Allah jelaskan dalam Al-Qur'an dalam surat Nuh dari mulai ayat 10 hingga 12. Di dalam Surah tersebut Nabi Nuh mengajak kaumnya untuk meminta ampun (beristighfar) kepada Allah.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

1. Dosanya akan diampuni oleh Allah ( Surat Nuh Ayat 10)
3. Keberkahan Lewat Hujan Yang Lebat (Surah Nuh Ayat 11)
4. Melimpah luaskan harta benda (Surah Nuh Ayat 12)
5. Banyaknya Keturunan (Surah Nuh Ayat 12
6. Kenyamanan Dan Kemapanan Hidup (Surah Nuh Ayat 12)
7 Kenikmatan Hidup (Surah Nuh Ayat 12)

7 keutamaan tersebut merupakan keinginan semua manusia yang hidup di dunia, Jika semuanya ada dalam kehidupan anda maka seakan keakan hidup anda telah sempurna. Bagaimana tidak sempurna? dosa anda diampuni, kehidupannya berkah, hartanya melimpah, keturunan banyak, hidupnya nyaman dan mapan serta nikmat, lalu kurang apa lagi ?

Baca Juga : 3 Macam Ujian Dari Allah dan Solusi Menghadapinya

Oleh karena itu marilah perbanyak membaca Sayyidul Istighfar maupun istighfar yang lainnya, bacalah secara rutin, gunakan waktu waktu anda untuk memperbanyak istighfar kepada Allah SWT minta ampunlah kepada Allah dengan sugguh sugguh maka semua anugrah yang telah disampaikan diatas akan dicurahkan dalam kehidupan anda.

Ini untuk jaminan kehidupan dunia sedangkan kehidupan akhiratnya Allah berikan kepada pelaku pembaca istighfar yaitu surga seluas langit dan bumi sebagaimna yang dijelaskan dalam Surat Al-Qur'an Surah Al-Imran ayat 133 :

وَسَارِعُوٓا۟ إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ  مِّن  رَّبِّكُمْ  وَجَنَّةٍ  عَرْضُهَا  السَّمٰوٰتُ  وَالْأَرْضُ  أُعِدَّتْ  لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,” ( QS Al-Imran, Ayat 33 ).

Demikianlah ulasan saya tentang keutamaan Sayyidul Istighfar, semoga kita bisa mengamalkannya, jika anda belum hafal dengan doa sayyidul Istighfar ini bisa anda baca istighfar biasa saja, yang terpenting adalah anda membacanya dengan khsusu' dan meminta ampun kepada Allah dengan tidak mengulangi lagi perbuatan dosa dan maksiat anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar